Wednesday, March 25, 2015

Pertanyaan Seputar CVT Matic Honda

Pertanyaan Seputar CVT Matic Honda Mobillio

1.apa benar perawatan matic lebih ribet + mahal? klo mahal emang semahal apa di banding manual??
Perawatan matic kalau lurus lurus aja ngikut pabrikan: KM ke 40 ribu ganti oli matic. Biasanya 3-4 liter. Tergantung mobilnya juga. Biasanya di angka 170an ribu untuk oli doang. Ini hanya ngetap.
Ada juga kuras oli matic. Caranya dengan mendorong seluruh oli matic lama dengan oli matic baru, keluarin, sampai yang keluar dari girbok adalah oli baru, baru setop. Biasanya di angka 350ribu untuk olinya doang. Ongkos, rata rata di 75 ribu, gan, tergantung tempatnya juga.

Kalau manual, selain kudu ganti oli nya, juga ada jadwal ganti kampas rem, matahari dan dekrup. Silakan dikalkulasi sendiri berapa biayanya.
Untuk gambaran, sebuah Kuda Diesel jadul kami, ganti kampas kopling sama mataharinya, habis 2,2 juta, belum ongkos. Itu pakai sparepart Mitsubishi asli.

Trus ngrawat matic selebihnya hanya pemakaiannya aja gan. Saat pindah lever / tuas matic dari P <=> R <=> N <=> D, usahakan injak rem yang kuat. Supaya momen inersia tenaga mesin ngga bikin seal seal bocor akibat kehentak beban mobil yang 1 ton-an. Biarkan transmisi engaged, baru deh lepas rem, ngegas.
Jangan pernah pindah dari D ke R atau sebaliknya secara buru buru seperti kalo kita pakai manual.Kalem, smooth. Itu doang.

2.apa benar matic klo mogok gak bisa di tarik seperti transmisi manual??

Ya benar, tapi tergantung yang derek. Kalau terpaksa terpaksa banget nggada mobil derek gendong, maka karena mobilio ini gerak roda depan, diderek di bagian depan. Bagian roda belakang yang ngga nyambung ke transmisi bisa menggelinding. Sebisa mungkin derek gendong aja.

3.Apa benar transmisi matic tidak handal alias lebih cepet rusak???
Biasanya matic cepat rusak karena tiga hal:
- Pakai jenis oli yang salah (tidak sesuai aturan pabrik)
- Pengoperasiannya grubak grubuk kayak manual, misalnya kalo pas puter balik buru buru yg pake acara mundur segala.
- Dipaksa lewat banjir tinggi. Perlu diketahui, transmisi manual pun tidak boleh juga menerjang banjir tinggi, karena manual juga punya lubang breather pembuang panas. Kalau air banjir masuk, sami mawon, oli berubah jadi kopi susu, gear gear bakal berkarat kalo ngga di overhaul. Hanya saja, transmisi matic memiliki lubang pernafasan sedikit lebih besar, karena suhu kerja oli transmisi jauh lebih tinggi dibanding manual. Karena itu, air radiator yang dipakai juga lebih banyak dibanding manual, karena air radiator di matic juga dialirkan untuk ngademin transmisi matic. Selain itu, elektrikal di gelondongan matic juga lebih banyak dibanding manual.

4.Apa benar matic klo rusak tidak bisa di perbaiki alias harus ganti 1 set unit transmisi?? Kebetulan matic mobilio ini CVT, jadi...ya kalau kerusakan, kudu ganti segelundung. Sekira 45 juta harganya. Tapi, selama masih dalam langganan bengkel resmi, dan pemakaian tidak kasar kasar, apabila ada fault, masih dalam jaminan garansi. Yang paling jelas bakal menggugurkan garansi: Tidak serpis di bengkel hando, dan ketauan habis nerjang banjir.

5.apa benar matic susah wat ngebut atau naik gunung atau ngebalap mobil lain?

Hehehehe... ni mobilnya mo buat balapan di sentul atau bawa keluarga?
Kalau hanya ngebut 100-120kpj aja ya jelas sanggup lah... avania matic 1300 aja anteng anteng aja dikebut 150, gan.
Naik gunung? Gunungnya seberapa terjal gan? Kalo hanya jalur selatan mah eces gan. Kita tinggal injak gas lebih dalam kalau perlu nurunin gear (pada geared AT), kalau di CVT, injek gas lebih dalam untuk merubah rasio pulley cvt nya. Mirip bawa motor matic aja..

Troubleshoot Shift Lock Key Grand Livina AT macet

Troubleshoot Shift Lock Key Grand Livina AT macet

1. Bongkar kosol tengah dan panel penutup bagian bawah setir



2. Setelah bongkar konsol tengah, di sisi kiri keliatan ada mekanisme penarik safety lock (kotak merah), mekanisme ini fungsinya narik sling baja yang terhubung ke cylinder kunci




4. Di mobil ane, masalahnya ujung lock ini ngga masuk walupun posisi shift knob udah di P. Ternyata karena mekanisme penariknya geser keluar, jadi sling ngga ketarik

Ini posisi mekanisme yang benar, as yang warna putih harus nonjol keluar (panah merah)



Setelah posisi dibenerin, bagian yang dilingkari merah ane tempel pake potongan plastik + power glue, supaya mekanisme penariknya ngga lari lagi dari As


Sembuh deh mobil ane, kunci udah bisa dicabut normal

================================================

Buat rekan KLiK yang ngalamin kaya ane, ngga usah panik. Untuk keadaan darurat, copot aja safety lock yg ada di cylinder kunci.

Caranya tinggal buka tutup plastik yang ada di bawah setir, nanti keliatan safety locknya di belakang cylinder kunci, tinggal tarik klip pengunci dari safety locknya, kunci bisa dicabut...cuma efeknya kunci jadi bisa dicabut di posisi gear manapun

Toyota Eco-Friendly Car

Toyota Eco-Friendly Car

Kalo sebelumnya, mobil diproduksi dengan berbahan bakar minyak atau gas, sekarang udah banyak energi alternatif yang bisa juga dipake buat bahan bakar mobil. Beberapa inovasi Eco-Friendly Car yang udah dibuat sama Toyota nih gan:

Hybrid
Sistem Hybrid yang dibuat oleh Toyota merupakan sistem penghematan bahan bakar yang bisa nurunin emisi tanpa harus ngurangin daya kendaraan agan pas lagi dibutuhin. Sistem Hybrid menggabungkan kelengkapan terkuat dua jenis sumber daya - motor listrik dan mesin pembakaran internal.

Electric
Selain punya kendaraan ramah lingkungan dari sistem Hybrid, Toyota juga punya mobil listrik kecil yang cocok buat kehidupan perkotaan gan. Semua sistem pembakaran di mobil ini pake energi listrik semua. Kalo misalnya energinya udah mau habis, bisa diisi ulang lagi, mirip kayak nge-charge handphone gan. Tinggal colok. Kapan ya mobil ginian banyak dipake di Indonesia?

Plug-In Hybrid
Mobil yang bersistem hybrid dari Toyota ternyata nggak cukup sampe sistemnya aja gan. Mobil ramah lingkungan yang pakai sistem Hybrid juga sekarang udah ada yang dikembangkan biar sistem pengisian bahan bakarnya bisa dari rumah. Jadi pake alat khusus buat ngisi energi listrik di dalam mobil. Hasilnya? Emisi yang dikeluarkan mobil jadi makin rendah.

Fuel Cell
Ini yang baru gan. Mobil hasil inovasi dari toyota ini bisa menghasilkan listrik dari hidrogen yang nggak Cuma bikin ramah lingkungan, tapi juga hemat energi.

Hidrogen emang lagi dikembangin jadi salah satu bahan bakar alternatif yang bisa diperoleh dari berbagai sumber energi, termasuk tenaga surya dan angin gan. Ketika dikompresi, energi ini memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada baterai.Bahan bakar hidrogen punya beberapa keunggulan, salah satunya hanya menghasilkan emisi berupa uap air dari proses reaksi antara hidrogen dan oksigen. 
Dalam sebuah pengujian mobil fuel cell Toyota bisa berjalan sejauh 700 km dengan kondisi tangki hidrogen terisi penuh. Mobil dengan bahan bakar hidrogen terbukti tidak mengeluarkan emisi CO2 atau zat-zat lain yang mencemari lingkungan.
 

Tips Berkendara Malam Hari

Tips Berkendara Malam Hari

Tidak jarang, kita diharuskan buat nyetir mobil pas malam hari gan. Entah itu gara-gara ada urusan mendadak, atau harus lembur di kantor sampai malem. Atau, habis hang out bareng teman terus pulangnya kemaleman.
Agan pasti pernah dong ngerasain nyetir malem-malem?

Pastikan Mobil Agan Prima

Ini penting gan. Terutama fungsi-fungsi penerangan di malam hari. Nggak lucu kan, pas lagi nyetir mobil di jalan malem-malem, eh lampunya malah mati.

Selalu Nyalakan Lampu Mobil

Lampu mobil yang berfungsi dengan baik akan membantu menerangi jalan dan membantu melihat detil jalan raya. Nyalakanlah lampu mobil agan sepanjang perjalanan, meskipun kondisi jalan sudah cukup terang dan cuaca sangat cerah. Hal ini perlu agan lakukan untuk dua hal, pertama untuk memberikan agan jarak paganng yang lebih baik. Kedua, untuk memberikan sinyal kepada mobil lain yang berada di depan atau belakang agan.

Beristirahatlah
Usahakanlah untuk berhenti dan beristirahat apabila agan melakukan perjalanan yang cukup panjang. Istirahatlah selama 15-20 menit untuk mengembalikan stamina tubuh agan. Berhentilah pada mini market terdekat untuk membeli secangkir kopi. Kopi akan membantu agan tetap terjaga saat mengendarai mobil. Selain itu, lakukan beberapa peregangan pada tubuh agan. Tujuannya adalah untuk melemaskan otot-otot yang tegang setelah berkendara sekian lama. Peregangan ini juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah agan.

Cari Teman

Ini bisa jadi alternatif agan buat yang sering nyetir malem gan. Daripada agan nyetir sendirian malem-malem, ajak teman atau saudara agan buat nemenin agan nyetir. Atau, pas mau pulang kantor, sukur-sukur ada temen agan yang jalan pulangnya searah. Selain bisa jadi temen ngobrol pas perjalanan pulang, agan juga bisa lebih nyaman ketimbang pulang sendirian.

Konvoi

Ini biasa dipake buat agan-agan yang nyetir mobil di daerah sepi, atau rawan kriminal gan. Daripada agan lewat jalur sepi sendirian, mending agan sabar, nunggu kendaraan lain yang lewat. Jadi agan bisa lewat jalan itu rame-rame buat menghindari hal-hal yang nggak diinginkan. 


Tuesday, March 24, 2015

Kenali Cara Kerja Mobil Anda


Kenali Cara Kerja Mobil Anda

Mempunyai mobil yang ingin digunakan sebagai teman mobilitas sehari-hari, penting juga untuk mengenalinya secara menyeluruh.

Bukan hanya performa mesin, eksterior, interior dan fitur-fitur canggihnya saja tapi juga sistem kerja penggerak rodanya. Mengapa? Agar Anda tahu bagaimana mobil bereaksi terhadap berbagai medan. Berikut sedikit penjelasannya.

1. All Wheel Drive (AWD)

Cara kerja AWD memang melibatkan keempat roda. Tapi jangan terbalik dengan 4WD karena keduanya memiliki desain dan cara kerja yang sama sekali berbeda. Tapi memang benar jika keduanya sama-sama tangguh di medan sulit seperti lumpur, rumput dan jalan berkerikil. Sistem AWD secara pre-emptive akan mendistribusikan tenaga ke axle depan atau belakang. Tujuannya untuk mencegah mobil slip. Keuntungannya sistem pendistribusian tenaga ini akan aktif secara otomatis.

2. Four Wheel Drive (4WD)

Sistem penggerak roda 4WD biasanya memang ditemui di mobil-mobil besar hingga SUV berukuran besar dan mampu bekerja maksimal di medan off-road sekalipun. Biasanya memiliki fitur ruang transfer dua percepatan dengan traksi maksimum. Selain itu biasanya juga secara otomatis sangat responsive mencegah roda tergelincir di medan licin.

3. Rear Wheel Drive (RWD)

Sesuai dengan namanya, untuk menggerakkan kendaraan, sistem ini akan mendistribusikan tenaga ke roda belakang. Awalnya sistem RWD hanya digunakan untuk mobil berbadan besar dan berbobot berat namun lama-kelamaan diadopsi juga untuk kendaraan urban dan mobil sport. Kelebihannya sistem RWD dapat membantu ketika melalui jalan licin dan menanjak. Namun sayangnya dengan jarak mesin ke roda belakang yang terlalu jauh, tenaga juga akan banyak terbuang.

4. Front Wheel Drive (FWD)

Sistem ini mendistribusikan tenaga ke roda depan untuk menggerakkan mobil dan merupakan sistem yang paling populer dipakai di mobil urban seperti MPV, city car, atau Urban SUV. Sistem ini tidak membuang banyak tenaga dan efisien bahan bakar. Traksi lebih baik saat melintas jalan licin karena beban power train terkonsentrasi pada driving wheel.

Sebenarnya ini tergantung selera dan kebutuhan. Tergantung apakah Anda menyukai mobil AWD dan 4WD yang lebih tangguh dan cocok di medan sulit atau RWD yang pas untuk mobil berbadan besar. Jika ingin mencari mobil yang tepat untuk kehidupan di kota mungkin mobil urban SUV seperti Chevrolet Captiva 2.0 yang tangguh, bertenaga dan bersistem FWD cocok untuk Anda.

Chevrolet Captiva merupakan urban SUV yang fungsional baik untuk mobilitas sehari-hari maupun perjalanan jauh. Tampilannya begitu sporty dan desainnya sangat compact sehingga pas dibawa melalui berbagai jalan sempit dan kemacetan.

Selain itu kabin didesain dengan nyaman menggunakan interior berstandar tinggi, kesenyapan dan kapasitas luas hingga 7 orang. Untuk performa tak perlu ditanya, Chevrolet Captiva didukung dengan mesin transmisi triptonic 6 percepatan yang bertenaga baik 163PS dan torsi 400 Nm/Rpm. Keuntungan lebihnya saat ini Chevrolet tengah menawarkan promo gratis perlindungan asuransi all-risk 48 untuk pembeli Chevrolet Captiva.

Pilihan lain adalah Chevrolet Spin mobil yang sudah diakui sebagai the best commuter car ini dikenal tangguh bermanuver di berbagai medan sulit perkotaan dan bersistem FWD pula. Ini berkat power steering hidroliknya. Tampilannya elegan dan kabinnya sangat nyaman. Performanya pun didukung oleh mesin diesel 2.0 turbocharger dengan torsi 190 Nm/Rpm yang irit bahan bakar.

Kedua mobil ini cukup unggul sebagai mobil urban. Selain menggunakan sistem FWD yang dapat meredam slip dan cocok di jalanan Indonesia yang seringkali licin akibat guyuran hujan, kedua mobil ini pun telah dilengkapi fitur keamanan berstandar tinggi bagi penumpang dan pengemudi. Nah, khusus untuk pembeli Chevrolet Spin ada juga tambahan keuntungan promo gratis asuransi all-risk 36 bulan.

Monday, March 2, 2015

Cara memilih Velg / Rim untuk Mobil

Cara memilih Velg / Rim untuk Mobil

Dalam membangun sebuah mobil tentunya tidak mudah terutama dalam memilih velg, hal ini tentu sangat dipikirkan terlebih dulu oleh setiap orang yang membangun dan memodifikasi mobil kesayangan mereka.

Seperti contohnya jika kita ingin membangun sebuah mobil dengan gaya flush atau hellaflush, tentu kita harus mempertimbangkan dan memikirkan jarak rim depan dan belakang terhadap wheel arch mobil, jadi offset dan ketebalan velg sangatlah penting dalam menentukan pilihan velg tersebut.

Berikut ini adal informasi tentang ukuran velg untuk Toyota Celica dan bagaimana mengukur celah (Spacing) velg bagian depan dan belakang berdasarkan offset dan ketebalan velgnya. Catatan yang paling penting yaitu harus membuat clear inner wheel arch spacing karena jika offset velg yang dipilih salah ukuran maka akan terbentur pada suspensi dan inner wheel arch.

Tentunya sangat penting bagi kit juga untuk tidak hanya memikirkan inner wheel arch spacingnya saja, jika offset velgnya negative maka velg akan membentur wheel arch , maka untuk keadaan seperti ini mu ngkin negative chamber dan hippari tire yang paling pas.

Berikut sedikit informasi tentang ukuran spacing rim depan dan belakang




Coba kita ambil contoh velg berukuran 10 inchi

  1. Konversikan velg dari inchi ke mm (10 inchi X 25,4mm= 254mm)
  2. Bagi ukuran velg dengan 2 (254mm/2=127mm)
  3. Kemudian tambah/kurangi rim offset, jika offset positif maka kita harus menguranginya dan jika offset nya negative maka kita harus menambahkan ( 127mm+42mm=169mm rear spacing, 127mm-42mm=85mm front spacing).
Pertanyaannya mengapa kita harus mengurangi untuk offset positif dan menambahkan untuk offset negative? Hal ini dikarenakan karena untuk mengukur spacing untuk bagian depan dan belakang tetapi bukan untuk menentukan posisi tengah dari velg tersebut. Dan jika untuk mengukur letak posisi tengahvelg maka perhitungan tadi formulanya dibalik.
Dan ini definisi dari beberapa setup velg pada mobil