Wednesday, March 25, 2015

Tips Berkendara Malam Hari

Tips Berkendara Malam Hari

Tidak jarang, kita diharuskan buat nyetir mobil pas malam hari gan. Entah itu gara-gara ada urusan mendadak, atau harus lembur di kantor sampai malem. Atau, habis hang out bareng teman terus pulangnya kemaleman.
Agan pasti pernah dong ngerasain nyetir malem-malem?

Pastikan Mobil Agan Prima

Ini penting gan. Terutama fungsi-fungsi penerangan di malam hari. Nggak lucu kan, pas lagi nyetir mobil di jalan malem-malem, eh lampunya malah mati.

Selalu Nyalakan Lampu Mobil

Lampu mobil yang berfungsi dengan baik akan membantu menerangi jalan dan membantu melihat detil jalan raya. Nyalakanlah lampu mobil agan sepanjang perjalanan, meskipun kondisi jalan sudah cukup terang dan cuaca sangat cerah. Hal ini perlu agan lakukan untuk dua hal, pertama untuk memberikan agan jarak paganng yang lebih baik. Kedua, untuk memberikan sinyal kepada mobil lain yang berada di depan atau belakang agan.

Beristirahatlah
Usahakanlah untuk berhenti dan beristirahat apabila agan melakukan perjalanan yang cukup panjang. Istirahatlah selama 15-20 menit untuk mengembalikan stamina tubuh agan. Berhentilah pada mini market terdekat untuk membeli secangkir kopi. Kopi akan membantu agan tetap terjaga saat mengendarai mobil. Selain itu, lakukan beberapa peregangan pada tubuh agan. Tujuannya adalah untuk melemaskan otot-otot yang tegang setelah berkendara sekian lama. Peregangan ini juga berfungsi untuk melancarkan aliran darah agan.

Cari Teman

Ini bisa jadi alternatif agan buat yang sering nyetir malem gan. Daripada agan nyetir sendirian malem-malem, ajak teman atau saudara agan buat nemenin agan nyetir. Atau, pas mau pulang kantor, sukur-sukur ada temen agan yang jalan pulangnya searah. Selain bisa jadi temen ngobrol pas perjalanan pulang, agan juga bisa lebih nyaman ketimbang pulang sendirian.

Konvoi

Ini biasa dipake buat agan-agan yang nyetir mobil di daerah sepi, atau rawan kriminal gan. Daripada agan lewat jalur sepi sendirian, mending agan sabar, nunggu kendaraan lain yang lewat. Jadi agan bisa lewat jalan itu rame-rame buat menghindari hal-hal yang nggak diinginkan. 


No comments:

Post a Comment