Wednesday, February 17, 2016

Cek Kualitas Pelapis Kulit Jok Mobil

Cek Kualitas Pelapis Kulit Jok Mobil

Kulit jok yang retaknya pelapis sering ditemui saat ini.
Ini menjadai ciri dari rendahnya kualitas penggunaan bahan kulit yang digunakan produk kulit jok tersebut. 

Yang perlu diperhatikan, pelapis kulit jok yang sering mengelupas pada dasarnya bukan bahan dasar kulit yang rusak, melainkan material dempul yang digunakan produsen kulit jok untuk menutupi kualitas bahan dasar kulit rendah.

"Pelapis kulit jok yang sering retak dan mengelupas, bukan berasal dari bahan dasar kulitnya, melainkan bahan dempul yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kulit berkualitas rendah,"

Cara yang tepat untuk bisa mengenali bahan dasar kulit berkualitas saat akan mengganti lapisan kulit jok, seperti :

1. Meski semua jenis kulit saat disentuh memiliki permukaan halus, namun bahan kulit berkualitas biasanya memiliki pori-pori dan bisa terlihat saat kita cubit bahannya.

2. Biasanya untuk kulit asli memiliki aroma yang khas dibanding bahan kulit berkualitas rendah dan memiliki jenis sintetis.

3. Gunakan produk yang memberikan garansi cukup lama, karena bisa menandakan kualitas jenis kulit itu sendiri.

4. Gunakan produk bermerek dan telah terpercaya.

5. Untuk jenis bahan kulit berkualitas memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding bahan sintetis biasa.

Tuesday, February 16, 2016

Bongkar switch lampu Honda Jazz & Fit

Bongkar switch lampu Honda Jazz & Fit

Honda jazz vtec tiba2 lampu kanan kiri mati, yang bisa hanya lampu jauh.
Berikut langkah2 memeriksanya:

1. check lampu > Masih bagus (emang klo mati jarang banget keduanya bareng).

2. Check fuse (sekring).

3.Check relay

4.Check combinasi switch
> Buka cover bawah ster
>Cabut combinasi switch socket
>Nah disini ane nemu emang nggak ada tegangan pada kabel yang menuju ke headlamp.
> Pernah ane akalan dengan jumper ( lupa warna kabelnya) kelemahannya klo pas lampu dekat nyala kita DIM keduanya nyala semua, khan harusnya lamu jauh aja yang nyala yang dekat mati.

5.Akhirnya ane beraniin bongkar combinasi switch dan hasilnya kontak yang ke lampu dekat leleh sehingga nggak bisa kontak tuh switch, ane amplas dan bersihin... tetetetetetet... berhasil gan.. ada c pic nya tapi agak kurang jelas.
>> Hati2 pas bongkar swicth ada peloran kecil buat switch sein jangan sampai hilang..




sumber : kaskus

Pertanyaan Seputar Honda Jazz & Fit

Pertanyaan Seputar Honda Jazz & Fit

Q : Jenis jazz di pasaran kita itu apa ajah ?
A : Jazz lama (GD3) dan new jazz (GE8)

Q : Apa bedanya matic jazz lama dan baru ?
A : Jazz lama menggunakan sistem CVT dan jazz baru menggunakan girbokas matic konvensional 5 speed.

Q : Apa itu CVT ?
A : Continously Variable Transmission, nyawa utamanya adalah rantai baja di dalamnya (seperti belt karet pada motor matic). Disebut CVT karena rasio girnya yang bisa berubah sesuai tenaga dan kebutuhan mesin, makanya raungan mesinnya relatif monoton seperti motor matic pada umumnya karena nggak ada oper mengoper gigi, kecuali kalau mode tiptronik 7 speednya diaktifkan.

Q : Oli Mesin pake apa?
A : Oli umum yang dijual dipasaran, minimal semi sintetik dengan kekentalan 10W-40 dengan api service SJ ke atas (SM, SN lebih baik). Full sintetik dengan viskositas 5w-30, 5w-50, dsb. Semakin kecil angka W, semakin encer olinya. Namun perlu diingat bahwa penggunaan oli full sintetik yang encer dapat menguap karena iklim tropis negara kita, ditambah lagi kalau situasi ekstrim seperti jakarta, dll. Merk oli bebas, sesuai selera dan dompet.

Q : Oli matic pake apa?
A : utk CVT harus menggunakan CVTF HONDA. Untuk matic 5 speed konvensional pada jazz baru, menggunakan ATF Z-1 Honda. Ingat jangan tertukar dan jangan sengaja menukarnya.

Q : Oli manual pake apa?
A : MTF Honda

Q : Perlu ganti oli manual ga?
A : Perlu, tiap 40rb sampai 60rb km.

Q : Perlu kuras oli matic ga?
A : CVT ga perlu. Matic konvensional perlu, setelah sekitar 60rb km perjalanan disarankan untuk dikuras.

Q : Kenapa CVT ga dikuras? bengkel2 nyaranin lho
A : Apakah semua bengkel2 yang nyaranin mengerti struktur CVT ? belum tentu. Mereka rata2 hanya tau, matic dan manual. Girboks CVT GD3 simpel, nggak banyak celah2 dan saluran sempit, begitu isi oli, langsung masuk ke karternya, beda dengan matic biasa dimana banyak saluran2 sempit, dan ada torque converter, makanya perlu kuras. Jangan hanya menjadi korban bujukan bengkel demi keuntungan mereka semata.

Q : Jadi kalo CVT mau di "kuras" mending gimana?
A : perpendek interval penggantiannya. Misalnya tiap 10rb km, gantilah setiap 5rb km. Ingat, diganti biasa ya. Bukan dikuras. Hanya intervalnya yang diperpendek.

Q : interval penggantian oli mesin?
A : oli mesin semi sintetik tiap 5rb km, full sintetik tiap 10rb km, untuk kondisi ekstrim, kurangi 20% nya, jadi semi seintetik tiap 4rb km dan full sintetik tiap 8rb km.
Perlu diingat bahwa penggantian oli mesin juga berpengaruh waktu. Jika sudah 6 bulan pakai semi sintetik, saatnya ganti walau belum 5rb km. Juga untuk oli full sintetik. maksimal 1 tahun, sebaiknya jangan sampai setaun.

Q : Interval penggantian oli matic?
A : CVT tiap 10rb km (buku manual tiap 20rb bahkan 40rb, tidak disarankan untuk iklim negara kita) ; Matic konvensional bisa tiap 20rb atau 40rb km.

Q : Filter oli kapan diganti ?
A : Setiap 2 kali ganti oli mesin

Monday, February 15, 2016

Kenapa Harus pasang Alarm Mobil

Kenapa Harus pasang Alarm Mobil

Dari beragam jenis alarm yang tersedia, salah satunya adalah alarm mobil yang telah beredar bayak di pasaran dan digunakan secara umum dan luas oleh para pemilik kendaraan khususnya mobil.

Lantas, apakah sebenarnya fungsi dari alarm mobil Anda? Apakah alarm tersebut benar-benar mempunyai fungsi yang nyata dan berguna bagi Anda dan kendaraan Anda? Mari kita simak penjelasan singkatnya berikut.

1. Mencegah Pencurian
Manfaat yang pertama dari alarm mobil adalah untuk menghindari pencurian. Maraknya pencurian kendaraan bermotor saat ini membuat alarm mobil sangat bermanfaat untuk mencegah pencurian mobil. Alat ini diharapkan bisa membantu untuk meminimalisir angka pencurian mobil atau barang-barang di dalam mobil tersebut.
 
2. Memberi Peringatan
Manfaat lainnya dari alarm mobil adalah untuk memberi peringatan kepada Anda jika mobil Anda mengalami suatu benturan yang cukup keras. Alarm akan terpicu dan memberi peringatan kepada Anda, jika mobil Anda menerima benturan, agar Anda bisa waspada dan memberikan respon yang cepat terhadap situasi yang Anda alami.
 
3. Alat Bantu Menemukan Mobil
Fungsi tambahan dari alarm mobil adalah sebagai alat bantu Anda untuk menemukan mobil ketika memarkir mobil di tempat yang ramai dan Anda lupa di mana memarkirnya. Anda bisa membunyikan alarm mobil, sehingga mudah untuk ditemukan.