Monday, March 2, 2015

Cara memilih Velg / Rim untuk Mobil

Cara memilih Velg / Rim untuk Mobil

Dalam membangun sebuah mobil tentunya tidak mudah terutama dalam memilih velg, hal ini tentu sangat dipikirkan terlebih dulu oleh setiap orang yang membangun dan memodifikasi mobil kesayangan mereka.

Seperti contohnya jika kita ingin membangun sebuah mobil dengan gaya flush atau hellaflush, tentu kita harus mempertimbangkan dan memikirkan jarak rim depan dan belakang terhadap wheel arch mobil, jadi offset dan ketebalan velg sangatlah penting dalam menentukan pilihan velg tersebut.

Berikut ini adal informasi tentang ukuran velg untuk Toyota Celica dan bagaimana mengukur celah (Spacing) velg bagian depan dan belakang berdasarkan offset dan ketebalan velgnya. Catatan yang paling penting yaitu harus membuat clear inner wheel arch spacing karena jika offset velg yang dipilih salah ukuran maka akan terbentur pada suspensi dan inner wheel arch.

Tentunya sangat penting bagi kit juga untuk tidak hanya memikirkan inner wheel arch spacingnya saja, jika offset velgnya negative maka velg akan membentur wheel arch , maka untuk keadaan seperti ini mu ngkin negative chamber dan hippari tire yang paling pas.

Berikut sedikit informasi tentang ukuran spacing rim depan dan belakang




Coba kita ambil contoh velg berukuran 10 inchi

  1. Konversikan velg dari inchi ke mm (10 inchi X 25,4mm= 254mm)
  2. Bagi ukuran velg dengan 2 (254mm/2=127mm)
  3. Kemudian tambah/kurangi rim offset, jika offset positif maka kita harus menguranginya dan jika offset nya negative maka kita harus menambahkan ( 127mm+42mm=169mm rear spacing, 127mm-42mm=85mm front spacing).
Pertanyaannya mengapa kita harus mengurangi untuk offset positif dan menambahkan untuk offset negative? Hal ini dikarenakan karena untuk mengukur spacing untuk bagian depan dan belakang tetapi bukan untuk menentukan posisi tengah dari velg tersebut. Dan jika untuk mengukur letak posisi tengahvelg maka perhitungan tadi formulanya dibalik.
Dan ini definisi dari beberapa setup velg pada mobil

No comments:

Post a Comment