Tuesday, March 24, 2015

Kenali Cara Kerja Mobil Anda


Kenali Cara Kerja Mobil Anda

Mempunyai mobil yang ingin digunakan sebagai teman mobilitas sehari-hari, penting juga untuk mengenalinya secara menyeluruh.

Bukan hanya performa mesin, eksterior, interior dan fitur-fitur canggihnya saja tapi juga sistem kerja penggerak rodanya. Mengapa? Agar Anda tahu bagaimana mobil bereaksi terhadap berbagai medan. Berikut sedikit penjelasannya.

1. All Wheel Drive (AWD)

Cara kerja AWD memang melibatkan keempat roda. Tapi jangan terbalik dengan 4WD karena keduanya memiliki desain dan cara kerja yang sama sekali berbeda. Tapi memang benar jika keduanya sama-sama tangguh di medan sulit seperti lumpur, rumput dan jalan berkerikil. Sistem AWD secara pre-emptive akan mendistribusikan tenaga ke axle depan atau belakang. Tujuannya untuk mencegah mobil slip. Keuntungannya sistem pendistribusian tenaga ini akan aktif secara otomatis.

2. Four Wheel Drive (4WD)

Sistem penggerak roda 4WD biasanya memang ditemui di mobil-mobil besar hingga SUV berukuran besar dan mampu bekerja maksimal di medan off-road sekalipun. Biasanya memiliki fitur ruang transfer dua percepatan dengan traksi maksimum. Selain itu biasanya juga secara otomatis sangat responsive mencegah roda tergelincir di medan licin.

3. Rear Wheel Drive (RWD)

Sesuai dengan namanya, untuk menggerakkan kendaraan, sistem ini akan mendistribusikan tenaga ke roda belakang. Awalnya sistem RWD hanya digunakan untuk mobil berbadan besar dan berbobot berat namun lama-kelamaan diadopsi juga untuk kendaraan urban dan mobil sport. Kelebihannya sistem RWD dapat membantu ketika melalui jalan licin dan menanjak. Namun sayangnya dengan jarak mesin ke roda belakang yang terlalu jauh, tenaga juga akan banyak terbuang.

4. Front Wheel Drive (FWD)

Sistem ini mendistribusikan tenaga ke roda depan untuk menggerakkan mobil dan merupakan sistem yang paling populer dipakai di mobil urban seperti MPV, city car, atau Urban SUV. Sistem ini tidak membuang banyak tenaga dan efisien bahan bakar. Traksi lebih baik saat melintas jalan licin karena beban power train terkonsentrasi pada driving wheel.

Sebenarnya ini tergantung selera dan kebutuhan. Tergantung apakah Anda menyukai mobil AWD dan 4WD yang lebih tangguh dan cocok di medan sulit atau RWD yang pas untuk mobil berbadan besar. Jika ingin mencari mobil yang tepat untuk kehidupan di kota mungkin mobil urban SUV seperti Chevrolet Captiva 2.0 yang tangguh, bertenaga dan bersistem FWD cocok untuk Anda.

Chevrolet Captiva merupakan urban SUV yang fungsional baik untuk mobilitas sehari-hari maupun perjalanan jauh. Tampilannya begitu sporty dan desainnya sangat compact sehingga pas dibawa melalui berbagai jalan sempit dan kemacetan.

Selain itu kabin didesain dengan nyaman menggunakan interior berstandar tinggi, kesenyapan dan kapasitas luas hingga 7 orang. Untuk performa tak perlu ditanya, Chevrolet Captiva didukung dengan mesin transmisi triptonic 6 percepatan yang bertenaga baik 163PS dan torsi 400 Nm/Rpm. Keuntungan lebihnya saat ini Chevrolet tengah menawarkan promo gratis perlindungan asuransi all-risk 48 untuk pembeli Chevrolet Captiva.

Pilihan lain adalah Chevrolet Spin mobil yang sudah diakui sebagai the best commuter car ini dikenal tangguh bermanuver di berbagai medan sulit perkotaan dan bersistem FWD pula. Ini berkat power steering hidroliknya. Tampilannya elegan dan kabinnya sangat nyaman. Performanya pun didukung oleh mesin diesel 2.0 turbocharger dengan torsi 190 Nm/Rpm yang irit bahan bakar.

Kedua mobil ini cukup unggul sebagai mobil urban. Selain menggunakan sistem FWD yang dapat meredam slip dan cocok di jalanan Indonesia yang seringkali licin akibat guyuran hujan, kedua mobil ini pun telah dilengkapi fitur keamanan berstandar tinggi bagi penumpang dan pengemudi. Nah, khusus untuk pembeli Chevrolet Spin ada juga tambahan keuntungan promo gratis asuransi all-risk 36 bulan.

No comments:

Post a Comment