#

Thursday, February 28, 2013

Tips Merawat Ban Mobil

Tips Merawat Ban Mobil

Ban sebagai bagian dari mobil perlu kita perhatikan bukan saja sekedar tampilan saja tetapi yang lebih penting adalah tekanan ban karena dapat menjadi sebab kecelakaan dan pemborosan bahan bakar.

Perawatan ban mobil terbagi menjadi 2 bagian :

PERTAMA
Perawatan yang berhubungan dengan penampilan yang dapat kita lakukan sendiri dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Cuci ban dengan bersih mengunakan sabun untuk mendeteksi kebocoran (tambal apabila ada indikasi kebocoran) setelah itu gunakanlah Turtle Wax ICE All Wheel And Tire Cleaner, hal ini berfungsi membersihkan bagian ban dan velg dari lumpur dan kotoran yang menempel jangan lupa semprotkan air pada daerah yang telah dibersihkan.
  2. Periksa ban dengan teliti, terkadang ada paku, kawat ataupun benda tajam lainnya yang menancap di ban namun tidak sampai membuat ban bocor, apabila terdapat benda tersebut cabutlah dengan tang atau congkel dengan obeng. (Tambal apabila ternyata ban bocor, gunakan air sabun untuk mendeteksi kebocoran)
  3. Keringkan ban dan semprotkan cairan perawatan ban (jika perlu), biarkan basah jangan di lap agar produk dapat meresap kedalam ban sehingga ban menjadi lembab dan terlindung dari keretakan.

KEDUA
  1. Perawatan ban yang meliputi tekanan angin dan fisik ban yang umum kita lakukan di bengkel tetapi ada juga yang dapat dilakukan sendiri, di bawah ini adalah 10 tips perawatan ban mobil :
  2. Selalu membiasakan diri mengecek tekanan angin dalam ban karena tekanan yang tidak memadai dapat menyebabkan keausan ban semakin cepat dan dapat menyebabkan kecelakaan hal ini disebabkan gesekan ban dengan aspal semakin besar yang dapat meyebabkan ban menjadi panas.
  3. Tekanan ban yang ideal umumnya tercantum pada stiker dibagian dalam pintu depan kanan (pintu steer) atau pada buku manual kendaraan, sebaiknya Anda hapalkan untuk mempermudah Anda melakukan pengecekan angin di bengkel atau tempat pengisian angin ban.
  4. Sebaiknya pengukuran tekanan ban dilakukan saat ban dalam keadaan dingin, apabila ban dalam keadaan panas akibat perjalanan jauh sebaiknya didinginkan terlebih dahulu.
  5. Pemeriksaan tekanan ban secara berkala sebaiknya dilakukan sebulan sekali agar tekanan ban selalu dalam porsi tekanan ideal yang dianjurkan (batas toleransi) dengan demikian ban akan selalu dalam kondisi optimal.
  6. Selalu waspada pada lubang dijalan karena lubang dapat menyebabkan ban benjol atau ban menjadi tidak seimbang atau tidak balance.
  7. Agar permukaan ban rata dan seimbang, lakukan rotasi ban secara berkala setiap 10.000 km dengan cara silang depan kanan tukar ke belakang kiri dan depan kiri tukar kebelakang kanan.
  8. Pastikan pentil ban dalam keadaan tertutup karena ban tanpa penutup pentil dapat menyebabkan berkurangnya tekanan saat roda berputar.
  9. Lakukan Spooring secara berkala untuk menjaga ban menapak dengan baik pada aspal karena tapakan yang tidak baik menyebabkan ban aus hanya pada salah satu sisi saja atau sering disebut makan sebelah tanda atau gejalanya dapat dirasakan dimana steer akan berbelok sendiri saat jalan lurus.
  10. Pastikan ban dalam keadaan balance hal itu ditandai dengan getaran pada steer saat kecepatan diatas 90 km/jam.
  11. Perhatikan bobot kendaraan Anda, membawa beban berlebih dapat menyebabkan tekanan ban semakin besar dan sangat berbahaya.

Langkah Perawatan AC Mobil

 Langkah Perawatan AC Mobil

Perawatan AC mobil sama dengan mesin kendaraan ataupun AC rumah yang membutuhkan beberapa langkah sebagai berikut:


  1. Idealnya setiap hari sebelum kendaraan digunakan, seluruh kaca mobil sebaiknya dibuka sekitar lima menit, sekaligus menyalakan blower pada posisi maksimum. Hal ini bertujuan agar udara di dalam mobil berganti.
  2. AC mobil juga harus mendapat perawatan berkala, agar komponen, sirkulasi dan udara yang dihembuskan tetap sehat.
  3. Rekomendasi perawatan berkala AC sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali.
  4. Setiap setahun sekali atau setiap 20 ribu km disarankan untuk mengganti filter dryer. Langkah ini sendiri masih dianggap belum cukup rekomendatif, jika Anda melakukannya di sembarang bengkel.
  5. Idealnya setiap hari sebelum kendaraan digunakan, seluruh kaca mobil sebaiknya dibuka sekitar lima menit, sekaligus menyalakan blower pada posisi maksimum. Hal ini bertujuan agar udara di dalam mobil berganti.
  6. AC mobil juga harus mendapat perawatan berkala, agar komponen, sirkulasi dan udara yang dihembuskan tetap sehat.
  7. Rekomendasi perawatan berkala AC sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali.
  8. Setiap setahun sekali atau setiap 20 ribu km disarankan untuk mengganti filter dryer. Langkah ini sendiri masih dianggap belum cukup rekomendatif, jika Anda melakukannya di sembarang bengkel.

Tips Gampang untuk merawat AC Mobil

Tips Gampang untuk merawat AC Mobil

Berikut tips yang sebenarnya gampang dilakukan untuk melakukan perawatan AC :

  1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet yang di depan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga menyebabkan tumbunya jamur dan spora yang sangat tidak baik utnuk kesehatan. Hal tersbut juga dapat menimbulkan bau yang tidak enak saat pertama kali AC dihidupkan.
  2. Buka kap mesin saat mencuci mobil dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras dan bisa mengakibatkan terjadinya korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
  3. Jika parkir dalam waktu yang lama, carilah tempat parkir yang teduh. Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
  4. Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah bekerja (hidup) saat AC mobil dihidupkan. Jika tidak, segera ganti dengan yang baru. Kipas yang tidak bekerja dapat mengakibatkan kerusakan pada Compressor atau selang high press meledak.
  5. Jangan merokok di dalam mobil karena asap rokok bisa mengotori Evaporator. Nikotinnya yang lengket dan berlendir dapat menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
  7. Sebelum menghidupkan mesin, matikan AC terlebih dahulu, pastikan mesin sudah stabil baru menghidupkan AC. Begitu juga sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila ingin matikan mesin.
  8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, hal ini dapat menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Jangan menggunakan pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah.
  9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist AC mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.
  10. Lakukan perawatan AC dengan frekuensi setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, perawatan AC yang rutin juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.

Ketika Starter Mobil Anda Bermasalah

Ketika Starter Mobil Anda Bermasalah

Yang harus anda lakukan adalah mempelajari gejala2 yang timbul saat starter tidak mau bekerja, dari gejala2 tersebut dapat di tebak kemungkinan sumber kerusakan.

Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat kita start antara lain :

1. Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard tidak menyala sama sekali. 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus. kemungkinan lain adalah kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali).
indikator.

2. Lampu indikator battery dan oli pada dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter, 90% aki anda rusak atau kurang setrum.

3. Tedengar suara "gemeretek " berulang ulang 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki kotor atau kabel ground anda sudah korosi.

4. Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti "ngeek..ngek...ngek....". 75% bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat. 10% ada kemungkinan mesin anda terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft, sistem timing dll.

5. Terdengar suara "cek.." satu kali saja setiap kali memutar kunci kontak...50% switch starter atau yang disebut solenoid switch(pada gambar no.6) sudah tidak berfungsi dengan baik. 40% kunci kontak anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40% itu ada pada kerusakan relay.

6. Starter terkadang dimulai dengan suara berat lalu enteng dan mesin hidup. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan penyetelan Fur dan Na..delco.

7. Pagi hari tidak dapat starter, pada siang hari starter lancar. 80% aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum untuk waktu yang lama.

8. Saat pagi mudah starter, jika sudah dipakai agak lama (panas) susah starter. 80% switch starter / solenoid switch (pada gambar no.6) anda rusak.

9. Saat distarter tidak ada reaksi sama sekali, tidak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar /korslet. 45% Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.Terkadang hanya socket ke switch starter yang lepas.

10. Saat distarter terdengar suara dinamo starter mutar mendesing kencang "ssing..." 80% bendix starter (no 25 pada gambar) anda Dull/dol.
bendix

11. Terkadang bisa starter terkadang tidak, baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam. 75% Carbon Brush starter anda sudah pendek.

Setelah mempelajari gejala2 yang timbul, agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :

1. Lakukan pengecekan Voltase battery anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan berulang ulang.

2. Jika analisa dari gejala gejala yang timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum pada switch starter biasanya baut 12 dengan kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak yang terletak di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil). "SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL" Gabungkan dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.

3. Jika cara diatas belum dapat mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada gambar ) tidak terhubung secara benar.

Ciri ciri Transmisi Matic Sehat

Ciri ciri Transmisi Matic Sehat

Supaya aware kalo matic mulai hilang ciri2 matic sehatnya.

 1. Pada posisi D, di tanjakan, normalnya gimana? Apakah klo mundur sedikit (rpm stasioner) itu masih normal atau ga? Soalnya ferio sy baru bener2 nahan waktu dimasukin di 2.
Mundur atau tidaknya akan tergantung dari tingkat kecuraman tanjakan itu sendiri. Berdasarkan pengalaman saya, saya pernah coba posisikan di 2, D3 dan D4, Ferio saya tidak mundur ditanjakan yang diperkirakan tidak lebih dari 45'. Saya juga pernah coba ditanjakan yang lebih dari 45', hasilnya... mundur perlahan tapi gak nge-los kayak dimanual.

2. Perpindahan pada rpm brp? Akselarisi normal (ngegasnya pelan2/ diurut), bukan kick down.
Perpindahan umumnya terjadi di 3500-4000 rpm, dan tergantung dari gaya nyetirnya. kalo di gas secara perlahan matic akan pindah di kisaran 3000an;

3. Pada akselasi normal, perpindahan gigi terasa, kebalikan saat kick down/ digeber, perpindahan gigi malah smooth.
Perpindahan saat akselerasi normal seharusnya berlangsung smooth tanpa adanya sentakan yang mengagetkan, tetep berasa tetapi halus. sedangkan saat kick down akan terasa sedikit menyentak (kan deselerasi...hehehe)

4. Tuas gigi saat dr P ke R, R ke N dan kebalikannya harus pencet releasenya. Nah, dr N ke D, 3 dan kebalikannya, ga pencet tombolnya mau dipindah, kecuali ke 2, memang harus pencet releasenya. Apakah itu normal?
Betul. Itu sebagai pengaman saat salah oper. Akan bahaya saat mau mengoper dari D3 ke D4 tp kebablasan sampe ke posisi R. (rontok dah maticnya)

Wednesday, February 27, 2013

Cara Mengatasi / Menghindari Engine Knock


Cara Mengatasi / Menghindari Engine Knock

Cara mengatasi ngelitik di Grand Livina

1. Cara paling utama tentu pakai bahan bakar yang sesuai spesifikasi mesin. Apalagi kalo mobil baru, mesin cenderung masih bersih,kalo dr awal dikasi bahan bakar yang bagus tentu lebih baik

2. Secara rutin bersihkan sisa-sisa karbon di mesin dan saluran bahan bakar. Bisa dengan cara:

- Carbon Clean : Ruang bakar dibersihkan dengan cairan pembersih karbon, dilakukan di bengkel (Contoh: Rev, Firna, Hasta, Jasmin Motor dll). Rekomendasi dilakukan setiap 20.000KM, terlalu sering juga ngga bagus

- Fuel system cleaner : Dikasi cairan pembersih saluran bahan bakar. Cara pakainya dicampur ke bahan bakar, biasanya dosis satu botol untuk full tank bahan bakar, disarankan bahan bakar menggunakan octane 92 keatas, kalo pake 88 percuma

Setelah pake ini disarankan dilakukan italian tune up, mobilnya bawa ngebut, oper gigi di RPM tinggi, trus tahan bentar di RPM tinggi. Tujuannya untuk ngerontokin sisa-sisa karbon. Sangat tidak disarankan dilakukan di dalam kota, cari tol yang sepi, subuh biasanya Keep safety!! Disarankan tiap 10.000KM

3. Pakai octane booster. Ini solusi untuk yang masih pakai bensin octane rendah. Bisa pakai produk seperti speedholic, ethanol, alvenjo dll.
Dosisnya kurang lebih sama, satu botol untuk full tank bahan bakar

4. Turunin timing pengapian. Cara ini ngga disarankan sih, standar timing pengapian di 0, kalau bahan bakar yg dipakai ngga sesuai timing bisa diturunin supaya mesin ngga ngelitik, tp efeknya mobil lemot banget.

Share dari pengalam, bensin octane 88 turun timing jadi -1, tetep ngelitik, tarikan lemot. Dicoba terus sampe turun -6 baru ilang, tarikan ngga dicoba karena udah males nyobanya juga

Engine Knocking Grand Livina

Engine Knocking Grand Livina

Engine knock atau biasa disebut ngelitik rasanya udah jadi pertanyaan umum para pengguna Livina Family. Gejalanya ada muncul bunyi krek...krek..krek (seperti bunyi besi beradu) saat mobil akselerasi atau lagi nanjak, kalau sudah parah terjadi loss power

Nubi coba jelasin apa itu ngelitik, penyebab dan cara mengurangi atau bisa lebih baik menghilangkan. Kalo ada yg salah mohon dikoreksi

Cara Kerja Mesin

Sebelum dijelasin mengenai engine knock, kita liat dulu cara kerja mesin


Cara Kerja Mesin

1. Intake : Campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar
2. Compression : Campuran udara dan bahan bakar dimampatkan
3. Ignition/Combustion: Busi keluar percikan api untuk menyulut campuran bahan bakar yang sudah dimampatkan, sehingga timbul ledakan
4. Exhaust: Sisa bahan bakar yang sudah terbakar keluar

Tingkat Kompresi / Compression Ratio

Tingkat kompresi ini salah satu faktor penting saat kita mau tau apa itu engine knock.

Penjelasan gampangnya tingkat kompresi itu perbandingan ruang bakar saat piston berada di titik terbawah : ruang saat piston berada di titik teratas. Semakin besar tingkat kompresi mesin, semakin besar tenaga yang diperoleh, semakin panas ruang bakar dan perlu bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi

Compression Ratio mesin HR15DE 10.5 : 1 kurang lebih seperti ini gambarannya


 

Penting untuk diketahui pemilik Grand Livina

Hal2 umum yg terjadi & penting diketahui bagi pemilik grand livina

Hal2 dibawah ini adalah wajar terjadi dan penting u/ diketahui bagi pemilik grand livina
yg baru:

   -  Suara A/C saat dinyalakan spt kompresor angin nembak

   -  Suara Fan Radiator yg keras (ada 3 step yg secara otomatis beroperasi tergantung suhu mesin)

    - Bau sangit yg berasal dari part exhaust system, umumnya 2 minggu bau tsb akan hilang.

    - Cadangan Air Radiator terkadang tinggal 1/2 dan bisa naik ke max lagi, selama diantara garis min-max tidak perlu ditambah kecuali sudah dibawah garis min.

    - Oli mesin berkurang >> pd deep stick titik atas dan bawah adalah 1ltr, bila oli mesin berkurang ini krn mesin GL berteknologi lean burn yg beroperasi pada suhu 90 derajat sdgkan oli NGO adalah 10w30 yg encer jadi penguapan oli krn panas mesin lebih besar dari pada oli 10w40. Melihat deep stick sebaiknya pagi hari saat mesin belum di nyalakan, bila oli berkurang bisa ditambahkan dg NGO dg perkiraan titk bawah-atas adalah 1ltr... jangan ditambahkan berlebihan dari titik atas.

    - Air Aki berkurang >> ini umumnya tidak terjadi bila tidak menggunakan perangkat electronik yg membebani aki berlebihan. Bila berkurang boleh ditambahkan tapi hati2 jangan sampai meluap krn Di Livina, pada bagian gear box yg lokasinya dibawah accu, ada part yg namanya CSC (Consentric Slave Cylinder). Nah, part ini kalau terkena air accu, akan bikin kopling nge-loss. Jadi, hati2 kalo nambahin air accu, jangan sampai kepenuhan. CSC ini cukup sensitif & tidak boleh dipasang ulang bila telah dicopot, harus ganti baru.

    - Air Filter berminyak >> ini memang wajar krn Air Filter grand livina adalah oil based yg dapat menyaring debu lebih sempurna, tapi bila mobil beroperasi pada jalan berdebu sebaiknya sering di bersihkan krn kotoran debu yg menyumbat jalur udara dapat membuat FC boros.

    - Tekanan angin ban std 32-35psi, kurang dari std pabrikan memberikan dampak FC lebih boros dan mobil terasa lebih limbung krn profil dinding ban dunlop yg lumayan tinggi (65).

    - Penggantian Head Unit STD, harus tarik kabel ground baru, jangan gunakan kabel ground dari HU std, krn menyebabkan sekring putus.

    - Door trim bila di buka dan kabel power window di copot maka otomatic power window non aktif jadi harus direset dg cara turunkan kaca sopir ke bawah tahan 5 detik dan naikkan ke atas tahan 5 detik.

    - Alarm std tidak berfungsi apabila menggunakan anak kunci u/ membuka pintu. Tujuan utama adalah apabila remote tidak berfungsi (rusak/low bat) maka dg anak kunci saja tetap bisa buka pintu dan jalankan mobil u/ pulang/pergi .. krn remote asli cuma 1 bh. Bila remote asli hilang .. pengganti anak remotenya 1jtan. Disarankan pakai alarm aftermarket, tp jangan sembarang pasang alarm krn teknisi yg minim pengetahuan jadi menyebabkan kita harus bawa 2 remote kemanapun. Alarm std tidak dapat di cabut..hanya dapat di non aktifkan. Pasanglah alarm di tempat penjual alarm yg specialis spt CCAS.

    - Karat di bagian Knalpot, terutama antara sambungan kanlpot dan ujung nya.

Saturday, February 23, 2013

Pengaruh Penggunaan BBM Beroktan Lebih Tinggi

Pengaruh Penggunaan BBM Beroktan Lebih Tinggi

Misalnya kalau pabrikan merekomendasikan untuk menggunakan BBM beroktan 91, tapi kita menggunakan BBM beroktan 92 atau 95?

Tidak ada pengaruh dan efek negatif apapun ketika Kita menggunakan bahan bakar dengan spesifikasi atau oktan lebih tinggi dari yang direkomendasikan pabrikan.

Yang ada justru kondisi mesin senantiasa akan terjaga dalam kondisi yang baik.

Kecuali untuk mobil-mobil lawas yang masih berkompresi rendah apalagi yang masih menggunakan karburator maka pembakaran akan tidak maksimal, solusinya harus menaikkan kompresi atau mengatur ulang pengapiannya.

Untuk BBM dengan oktan 92 ke atas biasanya terdapat campuran aditif untuk membersihkan atau mengikis kerak kotoran di mesin/ruang bakar. Nah hal ini menjadi efek positif untuk menjaga performa mesin.

Trik Menghilangkan Noda Aspal

Trik Menghilangkan Noda Aspal

Mobil anda kena bercak noda aspal di bodi bagian bawah. Cara menghilangkan yang aman agar cat tidak rusak dengan apa ya?

Banyak chemical khusus yang diperuntukan untuk membersihkan noda aspal atau kotoran lainnya di body mobil.

Tar and bug remover salah satu jenis produk chemical yang ampuh untuk membersihkan noda aspal tanpa merusak cat mobil.

Untuk aplikasinya cukup semprotkan kemudian dilap pake kain bersih dan setelah itu bersihkan menggunakan air.

Lakukan sedikit demi sedikit pada bidang yang kecil jangan sekaligus untuk menghindari cepat keringnya cairan. Ulang beberapa kali jika masih ada noda.

Bunyi Ban Masuk ke Kabin

Bunyi Ban Masuk ke Kabin

Kenapa mobil Avanza G tahun 2004, ketika mobil digas dalam kecepatan tinggi, dalam kabin terdengar seperti bunyi ban, dan ketika kecepatan dikurangi bunyinya juga berkurang.

Bunyi bising masuk ke dalam kabin bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya bisa bunyi memang dari karakter ban itu sendiri.

Beberapa tipe ban dari merek-merek tertentu bisa mengeluarkan bunyi ketika mobil dipakai dalam kecepatan tertentu.

Pastikan bunyi memang dari gesekan ban ke aspal karena kalau bunyinya berupa dengung bisa saja bukan berasal dari ban tetapi dari bearing roda.

Kalau memang masalahnya dari ban, solusi paling tepat ganti ban dengan tipe ban yang memiliki noice reduction lebih baik.

Mobil Tersendat-sendat? Cek Busi, Fuel Filter & Air Filter

Mobil Tersendat-sendat? Cek Busi, Fuel Filter & Air Filter

Mobil keluaran tahun lama biasanya sering terjadi gejala tersendat-sendat atau endut-endutan pada saat berjalan di RPM rendah dan masuk ke gigi 2.

Tapi hal itu juga bisa terjadi pada mobil baru yang kurang diperhatikan atau jarang dirawat.

Nah bagi  yang pernah mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir dan panik. Anda hanya harus memeriksa beberapa part saja.

Penyebab mobil jalannya tersendat-sendat atau endut-endutan pada RPM rendah itu bisa terjadi dari setingan mesin yang kurang pas.

"Minimal harus melakukan pengecekan pada mesin atau servis ringan," 


Hal yang perlu diperhatikan yakni mengecek beberapa part yang dianggap dapat mempengaruhi kinerja mesin seperti mengecek busi, fuel filter dan air filter.

"Ketiga part itu yang bisa mempengaruhi mobil jadi terasa tersendat-sendat di rpm rendah," 


Kalau semuanya sudah di cek biasanya pada kendaraan atau bengkel selalu mempergunakan alat scanner untuk mendeteksi seluruh sensor yang ada dalam system engine. Scanner akan memastikan utk "no trouble code" jika tidak ada masalah atau masalahnya sudah terselesaikan.

"Kalau semua itu sudah dijalankan sepertinya akan mobil akan aman dan tidak lagi ada endut-endutan diputaran bawah atau atas,"

Pemakaian Aditif dalam Waktu Lama Tidak Aman

Pemakaian Aditif dalam Waktu Lama Tidak Aman


Pemilik kendaraan sering tergiur dengan iklan-iklan yang ditawarkan oleh produsen aditif. Dalam iklan atau promosinya disebutkan dengan menggunakan aditif tersebut akan mendapat banyak keuntungan pada mesin mobil Anda.

Tapi hati-hati pemakaian aditif dalam jangka waktu yang panjang ternyata tidak aman untuk mesin mobil Anda. Karena pada kenyataannya menggunakan aditif akan menimbulkan kerak yang menumpuk pada sistem pelumas mesin.

"Pemakaian aditif dalam waktu lama itu kalau menurut saya tidak aman karena akan menggumpal. Walaupun promosinya akan mencair tapi kenyataannya tidak,"

Pada mobil-mobil tertentu seperti pada mobil injection akan ada nozzle/injector yang mekanismenya sangat sensitif atau lubang pengabutan sangat halus.

"Ini yang mengakibatkan mobil terasa tidak enak untuk dikendarai. Kerak-kerak yang menggumpal akan masuk ke sistem tersebut. Pemakaian dalam jangka waktu lama itu tidaklah baik,"

Bagaimana menghilangkan kebiasaan tersebut atau bagaimana caranya merawat mesin atau sistem pelumasan mesin yang baik?

Ada baiknya selalu menjalankan servis rutin yang sudah disarankan oleh pabrikan mobil.

"Sebaiknya asalkan menjalankan service rutin saja pasti mobil akan aman dan tidak perlu menggunakan aditif segala macam," tutupnya.

Thursday, February 21, 2013

TIPS Singkat Bersihkan Plafon Mobil

TIPS Singkat Bersihkan Plafon Mobil 

Membersihkan Plafon Mobil kotor harus dilakukan bila kabin ingin tetap indah dilihat. Namun jangan sampai salah ketika membersihkan-nya, bisa-bisa Plafon Mobil jadi bersih tapi dapat bonus kendur, sobek bahkan bolong. 

Agar terhindar dari resiko tersebut lakukan cara-cara sebagai berikut.
“Saat membersihkan Plafon Mobil, gunakanlah kain lembut atau lap khusus seperti microfiber. Lembabkanlah lap tersebut dengan air, tapi jangan terlalu basah. “Jika terdapat noda pada Plafon Mobil, dapat digunakan pembersih serba guna atau pembersih khusus untuk serat kain.

Penggunaan vacuum cleaner sangat tidak disarankan untuk membersihkan Plafon Mobil. “Sebaiknya Anda menghindari penggunaan vacuum cleaner untuk membersihkan Plafon Mobil, karena hisapannya dapat menyebabkan Plafon Mobil mudah kendur.

Jika terdapat noda membandel yang sulit sekali dibersihkan, jangan memaksa untuk membersihkannya atau menggunakan bahan kimia yang Anda tidak mengetahui cara kerjanya. “Lebih baik rujuk mobil Anda ke ahlinya agar Plafon Mobil dapat dibersihkan dengan cara yang baik dan benar,” 

Sunday, February 10, 2013

Membaca Kondisi mesin dari Busi

Membaca Kondisi mesin dari Busi

Busi bisa di jadikan indikator untuk melihat kondisi mesin kita, apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.

- Brand New Spark Plug
 

- Normal Spark Plug
jika mesin bekerja normal (sebagaimana mestinya), warna businya "nyaris" mirip dgn yg baru, hanya saja berwarna kecoklatan di ujung tip-nya. hal ini mengindikasikan bahwa silinder dalam kondisi kering, tidak terkontaminasi dgn oli ataupun karbon akibat sisa bensin yg tidak terbakar.

- Normal With Red Coloration
untuk kondisi busi normal tetapi ada warna kemerahan, hal ini merupakan hasil dari pembakaran zat additive yg dicampur ke dalam bensin. contoh : bensin premium yg dicampur dgn hot pil griffon ato dicampur dgn octane booster dll. kondisi ini adalah normal.

 
- Fuel Fouled Plug (Lean Plug & Rich Plug)
busi spt ini diakibatkan oleh AFR yg terlalu Rich atau Lean, pembakaran yg tidak sempurna atau heat range yg tidak sesuai dgn spesifikasi mesin. untuk penyelesaiannya, setting ulang perbandingan campuran udara & bahan bakar, buat se-ideal mungkin dgn nilai 14.7:1....

Lean Plug

 
Rich Plug
 
- Detonation Spark Plug
efek ini diakibatkan oleh timbulnya gejala detonasi (ngelitik) pada mesin. kemungkinannya berasal dari timing yg tidak tepat atau kualitas bahan bakar yg digunakan tidak cukup bagus alias buruk. solusinya, coba setel ulang timing pengapian dan ganti bahan bakar dgn kualitas yg lebih baik.

 
- Carbon Fouled Spark Plug
diindikasikan dgn timbulnya warna kehitaman di sekitar tip & elektroda. ini disebabkan karena terlalu banyak sisa bensin yg tidak terbakar (pembakaran tidak sempurna). kemungkinan lainnya adalah karena kebocoran injektor atau mobil cukup lama tidak dijalankan (cuman dipanasin aja mesin-nya) atau bisa juga karena menjalankan mobil terlalu pelan (nggak pernah digeber) dalam jangka waktu yg cukup lama. efeknya, akan banyak timbul kerak di ruang bakar.

 
- Oil Fouled Spark plug
ini disebabkan oleh oli yg masuk ke dalam ruang bakar yg berasal dari Ring Piston aus/rusak atau Seal Klep yg udah rusak. segera ganti Ring Piston dan/atau Seal Klep yg rusak.

 
- Mechanical Damaged Spark Plug
disebabkan oleh gerakan Piston yg terlalu jauh ke bawah di dalam ruang bakar sehingga bisa "memukul" busi.

 

Tips Membeli BMW bekas

Tips Membeli BMW E30 M40 bekas 1985-1991

1. Kondisi bahan: kalau kondisinya jelek, bodinya kropos2, mesin bermasalah (oli bocor, geter, bunyi TEK TEK), interior jelek, kaki-kaki kacau, rem bocor. itu bisa dihargain 18jt-23.5 jt.kondisi bahan biasanya buat orang yang suka restorasi ulang atau pengen ngerjain perbaikan sendiri.

2. Kondisi bagus (maintained): bodinya masih bagus, mesin halus, dan interior original (minimum mulus lah), kaki-kaki normal, harganya bisa 33-38.5jt. diatas harga ini, jgn diterima, kecuali masuk dalam kategori dibawah ini.

ini kondisi optimal E30 M40 pada umumnya, tinggal pakai dan diganti oli sama tune up saja.

3. Kondisi kolektor: bodi dan cat masih kinclong, mesin sangaaaat halus dan kering (gak ada oli bocor/masalah radiator dan AC), interior FULL original, kaki2 masih agak keras, relay2 di fusebox masih original dan gak ada akal2an. itu harganya bisa 39.5-47 jt. diatas harga ini, sama sekali jgn diterima, sebab kalau udah masuk rentang harga 50jt, itu udah daerah E36 M40 dengan kondisi lumayan bagus...

satu lagi extra, adalah kategori SPESIAL, yaitu untuk E30 yang pake mesin M20, atau S14.. rentang harganya bisa mulai dari 38jt untuk M20 bahan, sampai 150jt/200jt untuk M3 original (tergantung versi dan taun),nah untuk rentang harga diantara kategori2 diatas itu namanya kategori transisi, yang artinya bisa aja ada salah satu komponen yang jelek, misalnya di mobil dengan harga 27jt, bisa dapet mobil yang semuanya bagus, kecuali radiator yang suka bocor dan mesin yang bocor oli.


Untuk masalah harga parts itu murah sekali, selama beli partsnya nggak di bengkel resmi seperti BMW Astra atau Tunas BMW. parts2 E30 itu gampang ditemuin di Duta mas Fatmawati, BTC, dan BSDTC, dan TC TC otomotif lainnya.


Masalah utama pada E30 adalah pada kaki2, sebelum mengambil keputusan, ada baiknya cek dulu kaki2, kaki2 bukannya gampang rusak, tapi suka diganti asal2an sama orang yang gak ngerti dan juga elektris seperti Power window. Power window di E30 itu suka bermasalah di pintu belakang.

selain itu nggak ada masalah lagi, kecuali masalah normal untuk mobil tua, yaitu Blower, evap, dan kompressor AC yang kotor, radiator yang agak mampet, visco fan yang udah tua, itu semua masalah gampang...

sebelum beli, tanya sama orangnya dan minta bukti bahwa timing belt sudah diganti, dan juga transmisi sama gardan suka dirawat... dan yang paling penting, cek dek bawah, kalo ada yang keropos, jgn dibeli, kecuali memang sengaja mau restorasi...

TIPS MERAWAT PEUGEOT

TIPS MERAWAT PEUGEOT

10 Tips Merawat Mobil  PEUGEOT anda :

1. Jangan melakukan cuci mesin dengan air secara langsung, sebaiknya dengan kuas kering atau kain lap yang tidak terlalu basah, bisa juga ditiupkan angin dari compressor

2. Jangan melakukan penambahan air radiator setelah mesin hidup, dikhawatirkan akan masuk udara palsu didalam circuit yang akan menyebabkan temperatur tinggi (tidak normal). Saat paling tepat dilakukan saat mesin belum hidup sama sekali (kondisi dingin) dan batasi sampai level maximum saja.

3. Jangan melakukan pelepasan kabel Battery Positif atau Negatif secara tiba-tiba (langsung) untuk kendaraan yang menggunakan Imobilizer. Sebaiknya dilakukan secara prosedur sesuai type kendaraan sbb :

- Type 306 N5, 406 D8 : kunci kontak posisi On 10 detik, kunci kontak Off baru dilepaskan salah satu dari konektor battery.

- Type 806 : kunci kontak On, kemudian lepaskan salah satu dari konektor battery
- Untuk kendaraan Semi Full Mux dan Full Mux : kunci kontak On 10 detik kemudian kunci kontak Off tunggu sampai 3 menit baru dilepaskan salah satu dari konektor battery.

Tujuannya agar tidak terjadi Lock/terkunci pada ECU yang dapat mengakibatkan mesin tidak bisa hidup.


4. Jangan melakukan penambahan air accu yang berlebihan (lewat dari level max) untuk kendaraan yang menggunakan Accu Basah, karena pada saat mesin hidup Alternator akan melakukan pengisian stroom ke Battery dan terjadi penguapan. Uap yang keluar dan mengenai bagian-bagian di ruang mesin akan menjadi korosi/rusak. Terlebih untuk mobil Automatic. Jika sampai masuk ke dalam transmisi bisa terjadi slip.

5. Jangan melakukan pendongkrakan kendaraan di posisi yang tidak tepat saat ganti ban/ganti oli. Sebaiknya dilakukan pada bagian yang diperbolehkan untuk memposisikan dongkrak. Ada 4 titik yang diperbolehkan untuk posisi dongkrak yaitu di bawah list plang bawah:
- Depan kanan
- Depan kiri
- Belakang kanan
- Belakang kiri

6. Jangan di hand brake terlalu lama saat kendaraan diam tapi mesin nyala, sehabis dicuci atau sehabis melewati jalan yang tergenang air, agar Brake Shoe belakang menjadi awet atau terjadi lepas dan terkunci Tromol belakangnya.

7. Jangan melintas di jalan yang tergenang air lebih dari setengah ban, agar tidak terjadi Water Hammer

8. Jangan melakukan pengisian angin pada ban yang tekanannya lebih dari 30 psi dan perhatikan juga bunga ban-nya agar kendaraan tetap stabil saat jalan.

9. Jangan berjalan terlalu cepat saat kendaraan melewati jalan rusak atau gundukan agar suspensi awet

10. Jangan lupa lakukan perawatan berkala kendaraan PEUGEOT anda setiap kelipatan 5000 km di Bengkel Specialized Peugeot (sperti tune up,cek oli,dlsb). 

Tanya Jawab Mobil Volks Wagen

VW New Bettle
VW New Bettle (Photo credit: Wikipedia)
Tanya Jawab Mobil Volks Wagen

1. Gan naik VW itu enak ga sih ?
enak dong kalo ga enak ga mungkin masi banyak yang pake

2. Pengen beli VW, tapi takut kebakar
lha punya ane ga pernah tuh semua mobil bisa kebakar kalo ga dirawat sampe ferarri aja bisa

3. Perawatannya gimana gan ? ga ribet ?
spare part mah gampang gan masi banyak yg jual, itu enaknya VW dibanding mobil lama yang lain

4. Mesin VW gampang panas ya ? ga kuat pergi jauh ?
semua mesin mah memang gampang panas gan pergi jauh kuat dong buktinya tiap tahun banyak acara jambore VW

Avanza Xenia Periode Servis Berkala

Avanza Xenia Periode Servis Berkala

1.000 km
Analisa dan pengaturan:
Emisi gas buang, chassis dan body, oli mesin, sistem dan saluran pendinginan mesin, minyak (rem, kopling, & power steering).

10.000, 30.000, 50.000, 70.000 & 90.000 km
Semua pekerjaan di Servis Berkala 1.000 km, ditambah dengan:
» Ganti oli mesin.

Analisa dan pengaturan:
Performa mesin, sistem rem, serta ban (Tekanan, rotasi + balancing roda depan)

20.000, 60.000 & 100.000 km
Semua pekerjaan di Servis Berkala 10.000 km, ditambah dengan:
Analisa dan pengaturan:
Fuel supply system, sistem kemudi dan suspensi kendaraan.

40.000, 80.000 & 120.000 km
Semua pekerjaan di Servis Berkala 20.000 km, ditambah dengan:
» Ganti busi.
» Ganti oli (transmisi dan diferensial).
» Ganti minyak rem dan saringan udara.
» Ganti saringan bahan bakar (tiap kelipatan 80.000 km).


Thursday, February 7, 2013

Panduan Penggantian Filter Udara Toyota Corolla

Panduan Penggantian Filter Udara Toyota Corolla

Pemilik Toyota lainnya, Lexus atau model Scion seperti Matrix, Auris, Camry, Yaris, Avalon, Sienna, Venza, Prius, RAV4, CT 200h, IS 250, ES 350 iQ, tC, FR-S, xB, xD, dan Pontiac Vibe juga dapat menemukan petunjuk DIY untuk membantu.

Beberapa elemen udara aftermarket filter kabin kompatibel dengan 09-12 Corolla meliputi dengan jumlah masing-masing bagian: TYC 800025P, Fram CF10285, Wix 24483, Purolator C25851, Hastings AFC1334, dan Fram FCF8392A.

Tidak ada alat-alat yang diperlukan untuk mengakses udara kabin elemen filter. Vakum Cleaner dapat membantu untuk membersihkan elemen filter yang ada.


2009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0022009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0032009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0042009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0052009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0062009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0072009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0082009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0092009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0102009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0122009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-0132009-2012-Toyota-Corolla-HVAC-Cabin-Air-Filter-Replacement-Guide-015

Tips Perawatan Toyota Soluna

Tips Perawatan Toyota Soluna

Perawatan
1. Periksa leveling oli mesin setiap 3 bulan sekali atau 2500 Km (tambahkan bila perlu ) dan disarankan diganti setiap 10.000 Km atau kurang bila digunakan dalam kondisi extreme ( sering buat
kebut-kebutan) ditambah oil filter diganti setiap 10.000 Km

2. Ganti oli transmisi setiap 20.000 Km atau 1 tahun sekali

3. Pastikan busi,air cleaner & fuel filter dibersihkan setiap 6 bulan sekali bila perlu diganti.( kecuali busi & open air filter or replecement Air filter )

4. Pastikan mengganti minyak rem & kopling setiap 20.000 Km atau kurang lebih 1 tahun sekali

5. Pastikan mengganti minyak p/steering setiap 40.000 Km atau kurang lebih 2 tahun sekali

6. Periksa ketegangan drive or fan belt setiap berjalan 10.000 Km atau 6 bulan sekali bila perlu diganti bila sudah mulai retak-retak pada permukaannya

7. Periksa dan bersihkan kondisi rem 4 roda setiap 6 bulan sekali atau 10.000 Km ( kondisi brake pad,shoe kit,disc brake n drum brake ) dan setel fre play pedal kopling dan rem ( bila perlu )

8. Sangat disarankan melakukan Top Overhoul cylinder head setiap 100.000 Km

9. Sangat pula disarankan untuk melakukan penggantian Timing belt setiap 100.000 Km

KELEBIHAN & KEKURANGAN MESIN DIESEL

KELEBIHAN & KEKURANGAN MESIN DIESEL

Kelebihan Mesin diesel lebih besar dari mesin bensin dengan tenaga yang sama karena konstruksi berat diperlukan untuk bertahan dalam pembakaran tekanan tinggi untuk penyalaan. Dan juga dibuat dengan kualitas sama yang membuat penggemar mendapatkan peninkatan tenaga yang besar dengan menggunakan mesin turbocharger melalui modifikasi yang relatif mudah dan murah.
Mesin bensin dengan ukuran sama tidak dapat mengeluarkan tenaga yang sebanding karena komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.

Kekurangan Mesin diesel hanya terletak suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dr mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat utk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo atau Supercharger

Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin meningkatkan ekonomi bahan bakar dan tenaga. Rasio kompresi yang tinggi membuat mesin diesel lebih efisien dari mesin menggunakan bensin. Peningkatan ekonomi bahan bakar juga berarti mesin diesel memproduksi karbon dioksida yang lebih sedikit.

Wednesday, February 6, 2013

Tutorial Membuka panel Head unit dashboard Avanza Xenia

Tutorial Membuka panel Head unit dashboard Avanza Xenia

Alat yang dibutuhkan :
1. Obeng Plus (+) atau sebutan lainnya obeng kembang
2. tangan :P

pertama yang harus dilakukan adalah :

1. tempelkan jari tangan ke kisi kisi AC bagian atas, dan jempol tangan di bagian depan kisi kisi AC, lalu tarik perlahan dan pasti ke arah seperti terlihat pada panah yang ada pada gambar 1.
 
2. setelah bagian atas terbuka, lalu buka dengan perlahan diikuti dengan bagian bawahnya (gambar 2)
 
3. setelah terlepas, lalu cabut kabel yang menempel pada knob/ saklar lampu darurat
 

4. kemudian setelah terlepas semua, (lihat gambar 4) untuk melepaskan HU, gunakan obeng plus(+) atau kata lain obeng kembang, lalu lepaskan soket kabel yang menempel pada Head Unit. beserta kabel antena,(semuanya kabel sudah menggunakan socket, jadi jangan khawatir akan lupa untuk memasangnya kembali)

  
5. tampak setelah Head Unit terlepas.
 

segala risiko yang timbul akibat pembongkaran, ditanggung masing masing ya... 

Masalah idle up turun naik buat Toyota TwinCam GTi

Masalah idle up turun naik buat Toyota TwinCam GTi

1.Belilah  carburator  cleaner,la;u buka belalai yg nempel ke throttle body.

2. Semprot2 lobang2 yg ada di throttle body dengan carb cleaner.

3. Setelah disemprot, tunggu 10 menit.

4. Setelah itu ulangi lg disemprot2 ke lobang2nya. kalo emang suah parah setidaknya ulang sampai 3 kali proses yg sama.

5. Hidupkan mesin (biarkan semua masih posisi terbuka.), mobil digas2, biar kotoran2 lepas semua.
cukup 1 menitlah.

kalo dirasa blm bersih, coba ulang sekali lg disemprot lg itu carb cleanernya. dan idupin mesin lg dengan cara yg sama.setelah itu pasang kembali semua air duct assemblynya. dan soket2 listrik dan juga sensor temperatur udaranya.

hidupkan mesin kembali...
panasin sampai extra fan idup untuk pertama kalinya.
setelah extra fan mati, setel idle speed pake baut minus (ada baut di atas TB)
set di angka 1000 dlu, trus di gas2 sampa 3000 rpm beberapa kali. cek lg idle speednya. kalo masih tetep di 1000, turunin menjadi 900. cek lg dengan digas2. cek apakah dia stabil.
kalo dah stabil, coba bawa jalan keliling sebentar. dan cek lg apa ada perubahan. kalo ada perbahan, sesuaikan lg ke 900rpm.

hidupkan AC harusnya rpm naik sekita 100rpm menjadi 1000 kalo idle speed diset 900.
kalo dia malah turun atau tetep, puter baut plastik yg di dkt idle up ac warna putih (cukup pake tangan)-searah jarum jam, itu menurunkan dan sebaliknya)

Perawatan Electric Power Steering (EPS) Avanza Xenia

Perawatan Electric Power Steering (EPS) Avanza Xenia

Komponen EPS dibuat untuk masa pakai yang cukup lama sehingga boleh dikatakan sebagai perangkat yang tanpa perlu perawatan. Biasanya pemilik kendaraan hanya melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada komponen luar yang berhubungan dengan rangkaian listrik.
Beberapa perlakuan untuk pemilik kendaraan yang bersistem EPS adalah :

1.Karena EPS, komponennya berhubungan dengan rangkaian listrik, maka hindari komponen-komponen tersebut dari kemasukan air atau terkelupas. Periksa kondisi kabel penghubung tersebut bila perlu beri tambahan isolasi kabel.

2.Periksa kondisi sekring (fuse) EPS yang terletak pada kotak sekring di kabin mesin. Bila diperlukan lakukan pembersihan dengan cairan pembersih (contact cleaner), dan ganti baru jika kondisi sekring sudah kendur.

3.Periksa komponen-komponen penunjang lainnya seperti karet boot steer, bila mengalami sobek harus segera dilakukan penggantian. Begitu pula segera ganti baru bila kondisi joint steer dan tie rod mulai goyah.

4.Perlu hati-hati pada saat mencuci mobil di jasa cuci mobil, khususnya pada bagian kolong kaki-kaki mobil roda depan yang sensitif terhadap air, hati-hati pula pada saat melintasi jalan yang banjir.

5.Gunakan komposisi kaki-kaki dan roda sesuai standard pabriknya, dan lakukan teknik mengemudi yang bijaksana (smart driving).

Tuesday, February 5, 2013

Tips reset ECU + kalibrasi CVT jazz gd3

Tips reset ECU + kalibrasi CVT jazz gd3


Reset ECU and Calibrasi CVT honda jazz gd3
Caranya :
1. Lepaskan terminal (+) aki.
2. swith on lampu depan selama 15 s/d 20 menit, tujuannya agar gak ada sisa listrik di ECU.
3. Swith off lampu depan.
4. Pasang kembali terminal (+) aki.
5. Nyalakan mesin kurang lebih 15 sampai 20 menitan atau sampai lampu indiator cool engine mati. (jangan nyalakan peralatan elektrik dulu spt tape, lampu, ac dll)
6. Matikan mesin kemudian nyalakan lagi.
7. Nyalakan lampu depan (head lamp)
8. Sambil menginjak rem pindahkan tuas dari posisi P ke N. kemudian dari N ke D ke S ke L, balik lagi ke S ke D dan ke N lagi sebanyak 3 kali perpindahan dan setiap perpindahan selama 1 sampai 2 detik.
9. Rasakan bedanya dengan sebelum di reset.

Bongkar dan Bersih Throtle Body dan IACV

Bongkar dan Bersih Throtle Body dan IACV

1. Buka Box Filter Udara mesin



2. Konektor2 elektronik...lepasin dulu...plus satu baut yang ngunci leher air filter sama throttle body , longgarin aja ni baut ga usah ampe copot tar repot.

3.konektor IACV (putih) dan TPS (item) lepasin juga seudah copotin box air filter

4. Copotin baut2 yang ngiket throttle body ke intake, trus lepasin juga selang radiator yang nempel ke body IACV (kalo susah blakangan aja pas Throtle Body udah copot sempurna)

5. Lepasin kabel gas. Caranya pake tangan buka/puter throttle ampe max (atau minta tolong seseorang nginjek pedal gas ampe mentok) trus cabut kabelnya (liat ada celah buat lewat keluar masuk kabel dari rumah throttle body)

6. Throtle Body udah copot smua. Liat bagian bawah IACV. ada 3 baut. Bukanya pake obeng ketok (kalo masih original blm pernah dibongkar). Pake obeng biasa jamin rontok bautnya ama obengnya

7. Nah, udah kebongkar IACV dari TB...lihat ada paking iacvnya (karet item), pisahin dulu. Jangan ampe kesemprot carb cleaner...karetnya melar dan ga bisa dipake lagi...nyarinya susah



8.  IACV yang sudah dilepas. Semprot pake carb cleaner sambil diputer2 poros valvenya biar bersih, kalo perlu dikorek2 dikit biar rontok karbonnya, inget karet nya jangan kesemprot carb cleaner...rumah elektromagnetiknya juga semprot...trus keringin kalo ada kompresor boleh disemprot pake angin kompresor...udah itu semprot silikon buat melumasi (poros valve, dan rumah elektromagnetiknya..krn dia muter2 disitu)






Nah, kalo udah beres, rakit lagi semuanya...dan coba nyalain mesinnya...Mau reset ECU dulu seperti tips di page2 sebelum ini juga bisa....mau reset pake scanner Honda Interface Module (HIM) juga bisa...kalo ada yang punya...anything yang terbaik lah...

sumber : Honda Communicty