#

Sunday, February 10, 2013

Tips Membeli BMW bekas

Tips Membeli BMW E30 M40 bekas 1985-1991

1. Kondisi bahan: kalau kondisinya jelek, bodinya kropos2, mesin bermasalah (oli bocor, geter, bunyi TEK TEK), interior jelek, kaki-kaki kacau, rem bocor. itu bisa dihargain 18jt-23.5 jt.kondisi bahan biasanya buat orang yang suka restorasi ulang atau pengen ngerjain perbaikan sendiri.

2. Kondisi bagus (maintained): bodinya masih bagus, mesin halus, dan interior original (minimum mulus lah), kaki-kaki normal, harganya bisa 33-38.5jt. diatas harga ini, jgn diterima, kecuali masuk dalam kategori dibawah ini.

ini kondisi optimal E30 M40 pada umumnya, tinggal pakai dan diganti oli sama tune up saja.

3. Kondisi kolektor: bodi dan cat masih kinclong, mesin sangaaaat halus dan kering (gak ada oli bocor/masalah radiator dan AC), interior FULL original, kaki2 masih agak keras, relay2 di fusebox masih original dan gak ada akal2an. itu harganya bisa 39.5-47 jt. diatas harga ini, sama sekali jgn diterima, sebab kalau udah masuk rentang harga 50jt, itu udah daerah E36 M40 dengan kondisi lumayan bagus...

satu lagi extra, adalah kategori SPESIAL, yaitu untuk E30 yang pake mesin M20, atau S14.. rentang harganya bisa mulai dari 38jt untuk M20 bahan, sampai 150jt/200jt untuk M3 original (tergantung versi dan taun),nah untuk rentang harga diantara kategori2 diatas itu namanya kategori transisi, yang artinya bisa aja ada salah satu komponen yang jelek, misalnya di mobil dengan harga 27jt, bisa dapet mobil yang semuanya bagus, kecuali radiator yang suka bocor dan mesin yang bocor oli.


Untuk masalah harga parts itu murah sekali, selama beli partsnya nggak di bengkel resmi seperti BMW Astra atau Tunas BMW. parts2 E30 itu gampang ditemuin di Duta mas Fatmawati, BTC, dan BSDTC, dan TC TC otomotif lainnya.


Masalah utama pada E30 adalah pada kaki2, sebelum mengambil keputusan, ada baiknya cek dulu kaki2, kaki2 bukannya gampang rusak, tapi suka diganti asal2an sama orang yang gak ngerti dan juga elektris seperti Power window. Power window di E30 itu suka bermasalah di pintu belakang.

selain itu nggak ada masalah lagi, kecuali masalah normal untuk mobil tua, yaitu Blower, evap, dan kompressor AC yang kotor, radiator yang agak mampet, visco fan yang udah tua, itu semua masalah gampang...

sebelum beli, tanya sama orangnya dan minta bukti bahwa timing belt sudah diganti, dan juga transmisi sama gardan suka dirawat... dan yang paling penting, cek dek bawah, kalo ada yang keropos, jgn dibeli, kecuali memang sengaja mau restorasi...

No comments:

Post a Comment