Ciri ciri Transmisi Matic Sehat

Ciri ciri Transmisi Matic Sehat

Supaya aware kalo matic mulai hilang ciri2 matic sehatnya.

 1. Pada posisi D, di tanjakan, normalnya gimana? Apakah klo mundur sedikit (rpm stasioner) itu masih normal atau ga? Soalnya ferio sy baru bener2 nahan waktu dimasukin di 2.
Mundur atau tidaknya akan tergantung dari tingkat kecuraman tanjakan itu sendiri. Berdasarkan pengalaman saya, saya pernah coba posisikan di 2, D3 dan D4, Ferio saya tidak mundur ditanjakan yang diperkirakan tidak lebih dari 45'. Saya juga pernah coba ditanjakan yang lebih dari 45', hasilnya... mundur perlahan tapi gak nge-los kayak dimanual.

2. Perpindahan pada rpm brp? Akselarisi normal (ngegasnya pelan2/ diurut), bukan kick down.
Perpindahan umumnya terjadi di 3500-4000 rpm, dan tergantung dari gaya nyetirnya. kalo di gas secara perlahan matic akan pindah di kisaran 3000an;

3. Pada akselasi normal, perpindahan gigi terasa, kebalikan saat kick down/ digeber, perpindahan gigi malah smooth.
Perpindahan saat akselerasi normal seharusnya berlangsung smooth tanpa adanya sentakan yang mengagetkan, tetep berasa tetapi halus. sedangkan saat kick down akan terasa sedikit menyentak (kan deselerasi...hehehe)

4. Tuas gigi saat dr P ke R, R ke N dan kebalikannya harus pencet releasenya. Nah, dr N ke D, 3 dan kebalikannya, ga pencet tombolnya mau dipindah, kecuali ke 2, memang harus pencet releasenya. Apakah itu normal?
Betul. Itu sebagai pengaman saat salah oper. Akan bahaya saat mau mengoper dari D3 ke D4 tp kebablasan sampe ke posisi R. (rontok dah maticnya)

Comments

  1. makasih info nya..baru paham masalah perpindahan gigi di matic..sangat2 membantu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts