Perawatan Electric Power Steering (EPS) Avanza Xenia

Perawatan Electric Power Steering (EPS) Avanza Xenia

Komponen EPS dibuat untuk masa pakai yang cukup lama sehingga boleh dikatakan sebagai perangkat yang tanpa perlu perawatan. Biasanya pemilik kendaraan hanya melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin pada komponen luar yang berhubungan dengan rangkaian listrik.
Beberapa perlakuan untuk pemilik kendaraan yang bersistem EPS adalah :

1.Karena EPS, komponennya berhubungan dengan rangkaian listrik, maka hindari komponen-komponen tersebut dari kemasukan air atau terkelupas. Periksa kondisi kabel penghubung tersebut bila perlu beri tambahan isolasi kabel.

2.Periksa kondisi sekring (fuse) EPS yang terletak pada kotak sekring di kabin mesin. Bila diperlukan lakukan pembersihan dengan cairan pembersih (contact cleaner), dan ganti baru jika kondisi sekring sudah kendur.

3.Periksa komponen-komponen penunjang lainnya seperti karet boot steer, bila mengalami sobek harus segera dilakukan penggantian. Begitu pula segera ganti baru bila kondisi joint steer dan tie rod mulai goyah.

4.Perlu hati-hati pada saat mencuci mobil di jasa cuci mobil, khususnya pada bagian kolong kaki-kaki mobil roda depan yang sensitif terhadap air, hati-hati pula pada saat melintasi jalan yang banjir.

5.Gunakan komposisi kaki-kaki dan roda sesuai standard pabriknya, dan lakukan teknik mengemudi yang bijaksana (smart driving).

Comments

  1. .Perlu hati-hati pada saat mencuci mobil di jasa cuci mobil, khususnya pada bagian kolong kaki-kaki mobil roda depan >>> hati2 yg seperti apa ? apanya yg g boleh kena air ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts