Bongkar dan Bersih Throtle Body dan IACV
Bongkar dan Bersih Throtle Body dan IACV
1. Buka Box Filter Udara mesin
2. Konektor2 elektronik...lepasin dulu...plus satu baut yang ngunci leher air filter sama throttle body , longgarin aja ni baut ga usah ampe copot tar repot.
3.konektor IACV (putih) dan TPS (item) lepasin juga seudah copotin box air filter
4. Copotin baut2 yang ngiket throttle body ke intake, trus lepasin juga selang radiator yang nempel ke body IACV (kalo susah blakangan aja pas Throtle Body udah copot sempurna)
5. Lepasin kabel gas. Caranya pake tangan buka/puter throttle ampe max (atau minta tolong seseorang nginjek pedal gas ampe mentok) trus cabut kabelnya (liat ada celah buat lewat keluar masuk kabel dari rumah throttle body)
6. Throtle Body udah copot smua. Liat bagian bawah IACV. ada 3 baut. Bukanya pake obeng ketok (kalo masih original blm pernah dibongkar). Pake obeng biasa jamin rontok bautnya ama obengnya
7. Nah, udah kebongkar IACV dari TB...lihat ada paking iacvnya (karet item), pisahin dulu. Jangan ampe kesemprot carb cleaner...karetnya melar dan ga bisa dipake lagi...nyarinya susah
8. IACV yang sudah dilepas. Semprot pake carb cleaner sambil diputer2 poros valvenya biar bersih, kalo perlu dikorek2 dikit biar rontok karbonnya, inget karet nya jangan kesemprot carb cleaner...rumah elektromagnetiknya juga semprot...trus keringin kalo ada kompresor boleh disemprot pake angin kompresor...udah itu semprot silikon buat melumasi (poros valve, dan rumah elektromagnetiknya..krn dia muter2 disitu)
Tambahan pretelan
IACV yang ane pretelin. Semprot pake carb cleaner sambil diputer2 poros valvenya biar bersih, kalo perlu dikorek2 dikit biar rontok karbonnya, inget karet nya jangan kesemprot carb cleaner...rumah elektromagnetiknya juga semprot...trus keringin kalo ada kompresor boleh disemprot pake angin kompresor...udah itu semprot silikon buat melumasi (poros valve, dan rumah elektromagnetiknya..krn dia muter2 disitu)
Nah, kalo udah beres, rakit lagi semuanya...dan coba nyalain mesinnya...Mau reset ECU dulu seperti tips di page2 sebelum ini juga bisa....mau reset pake scanner Honda Interface Module (HIM) juga bisa...kalo ada yang punya...anything yang terbaik lah...
sumber : Honda Communicty
gambar by praz3112
1. Buka Box Filter Udara mesin
2. Konektor2 elektronik...lepasin dulu...plus satu baut yang ngunci leher air filter sama throttle body , longgarin aja ni baut ga usah ampe copot tar repot.
3.konektor IACV (putih) dan TPS (item) lepasin juga seudah copotin box air filter
4. Copotin baut2 yang ngiket throttle body ke intake, trus lepasin juga selang radiator yang nempel ke body IACV (kalo susah blakangan aja pas Throtle Body udah copot sempurna)
5. Lepasin kabel gas. Caranya pake tangan buka/puter throttle ampe max (atau minta tolong seseorang nginjek pedal gas ampe mentok) trus cabut kabelnya (liat ada celah buat lewat keluar masuk kabel dari rumah throttle body)
6. Throtle Body udah copot smua. Liat bagian bawah IACV. ada 3 baut. Bukanya pake obeng ketok (kalo masih original blm pernah dibongkar). Pake obeng biasa jamin rontok bautnya ama obengnya
7. Nah, udah kebongkar IACV dari TB...lihat ada paking iacvnya (karet item), pisahin dulu. Jangan ampe kesemprot carb cleaner...karetnya melar dan ga bisa dipake lagi...nyarinya susah
8. IACV yang sudah dilepas. Semprot pake carb cleaner sambil diputer2 poros valvenya biar bersih, kalo perlu dikorek2 dikit biar rontok karbonnya, inget karet nya jangan kesemprot carb cleaner...rumah elektromagnetiknya juga semprot...trus keringin kalo ada kompresor boleh disemprot pake angin kompresor...udah itu semprot silikon buat melumasi (poros valve, dan rumah elektromagnetiknya..krn dia muter2 disitu)
Tambahan pretelan
IACV yang ane pretelin. Semprot pake carb cleaner sambil diputer2 poros valvenya biar bersih, kalo perlu dikorek2 dikit biar rontok karbonnya, inget karet nya jangan kesemprot carb cleaner...rumah elektromagnetiknya juga semprot...trus keringin kalo ada kompresor boleh disemprot pake angin kompresor...udah itu semprot silikon buat melumasi (poros valve, dan rumah elektromagnetiknya..krn dia muter2 disitu)
Nah, kalo udah beres, rakit lagi semuanya...dan coba nyalain mesinnya...Mau reset ECU dulu seperti tips di page2 sebelum ini juga bisa....mau reset pake scanner Honda Interface Module (HIM) juga bisa...kalo ada yang punya...anything yang terbaik lah...
sumber : Honda Communicty
gambar by praz3112
Jazz saya sudah saya bersihkan tapi rpm nya kenapa masih drop ya...kalo iacv nya bermasalah tapi kenapa kalo pas pagi hari rpm bisa naik sampai 1500...tks
ReplyDeletePunya saya juga begitu
DeleteSaya ganti iacv dan setting throthel body semua beres
Jazz saya sudah saya bersihkan tapi rpm nya kenapa masih drop ya...kalo iacv nya bermasalah tapi kenapa kalo pas pagi hari rpm bisa naik sampai 1500...tks
ReplyDeleteCara buka body valve city idsi 2003 bagaimana ya.?
ReplyDeleteKlo masuk D atau R rpm drop emang bikin pusing...
ReplyDeleteMohon pencerahan suhu...sensor atas sudah di kalibrasi 0.51v tpi masi tetep drop
IACV sudah di bersihkan juga..
Klo masuk D atau R rpm drop emang bikin pusing...
ReplyDeleteMohon pencerahan suhu...sensor atas sudah di kalibrasi 0.51v tpi masi tetep drop
IACV sudah di bersihkan juga..
Om, jazz idsi ku gak bisa buka skrup obeng kembangnya. Dipaksa sampe slek kembangnya
ReplyDeleteKonci bintang lima yang buat buka baut setelan iacv apa nama koncinya?
ReplyDeleteSusah nyarinya.
Trus ukurannya berapa?
Soalnya bkn bintan 6 yg pada umumnya.
Yang jawab, semoga hidupnya berkah.
Di grinda ad om,di jadikan obeng plat atau obeng min
DeleteDi grinda aja
Deletekunci L bintang 5 t25 bukan ya bos? nyimak juga
Delete