Mobil Sering Overheat

Mobil Sering Overheat

Mobil yang mengalami overheat ini biasanya banyak dialami pada mobil yang sudah berumur (cukup tua). Meskipun tidak menutup kemungkinan mobil baru akan kepanasan saat dipacu tanpa henti pada track/jalan berat. Kecenderungan mobil bekas yang sering overheat karena tidak terawatnya beberapa komponen, sehingga mobil menjadi lebih mudah overheat dibanding kondisi mobil tersebut saat baru, di bawah ini adalah beberapa penyebab (khususnya komponen mobil) sehingga mobil menjadi overheat atau kepanasan :

- Kebocoran radiator, radiator yang bocor akan menguras air dalam radiator atau paling tidak akan mengurangi volume air dalam radiator mobil, jika volume air radiator berkurang maka kemampuan radiator dalam mendinginkan mesin mobil akan sangat berkurang, sehingga mobil kita akan lebih mudah kepanasan (terjadi overheating).

- Tutup radiator kurang sempurna, hal ini bisa terjadi akibat kerusakan tutup radiator atau pecinta otomotif lupa menutup radiator mobil saat mengisi air radiator. Tidak tertutupnya radiator akan membuat air cepat habis baik karena memancar keluar maupun terjadi penguapan, sedangkan jika penutup radiator rusak juga akan menyebabkan hilangnya kemampuan suplai air cadangan jika air dalam radiator habis.

- Kondisi selang radiator, selang radiator yang cukup tua bisa kehilangan kemampuannya dalam mengalirkan air dingin dan panas dari radiator ke mesin atau sebaliknya, pastikan selang radiator dalam keadaan baik kondisinya maupun pemasangannya.

- Kipas radiator kurang optimal, kipas radiator berfungsi menyalurkan udara ke radiator untuk mendinginkan air radiator yang kemudian dialirkan ke mesin. Jika kipas radiator mati maka air panas akan sulit menjadi dingin sehingga fungsi pendinginan mesin oleh radiator menjadi sangat berkurang, kipas yang berputar secara lemah juga menyebabkan sering terjadinya overheat atau kepanasan mobil.

- Pompa air radiator tidak berjalan, pompa air berfungsi memompa air panas dari mesin menuju radiator dan juga air dingin dari radiator ke mesin.

- Thermostat macet, thermostat ini berfungsi sebagai kran air dari mesin ke pendingin, thermostat ini untuk mobil-mobil baru sudah tidak disertakan akan tetapi untuk mobil lama masih banyak menggunakan thermostat.

baca : Mengatasi masalah over heat dijalan

Comments

Popular Posts