Friday, October 23, 2015

Mengatasi masalah Mobil Overheat dijalan

Mengatasi masalah Mobil Overheat dijalan

Mobil sering overheat

Jika kita tiba-tiba mengalami kondisi overheat atau kepanasan mobil sampai mogok di jalan, di bawah ini adalah cara yang harus dilakukan:

1. Hentikan atau tepikan mobil, cari tempat yang cukup aman dan nyalakan lampu darurat. Posisikan kopling mobil pada posisi N (mobil manual) dan P (mobil matic), matikan komponen kelistrikan yang tidak diperlukan seperti AC dan Audio, kurangi RPM (nyalakan mesin pada putaran rendah saja sambil mengurangi kinerja mesin, jika ingin lebih cepat mendinginkan mobil bisa mematikan mesin)

2. Pada kondisi tertentu terlihat uap air (asap) keluar dari kap mesin, jika hal ini yang terjadi matikan mesin dan jangan buka dahulu sebelum asapnya habis, kemungkinan berbahaya jika mengenai muka atau bagian tubuh lain dan setelah habis kap mesin bisa dibuka untuk melihat yang terjadi.

3. Dinginkan mesin (air radiator), kemudian cek volume air dalam radiator. Yang perlu diingat adalah untuk tidak membuka tutup radiator saat panas (meluap) kemungkinan memuntahkan air panas dalam tekanan tinggi dan tunggulah barang 15 sampai 20 menit.

4. Setelah keadaan terkendali mulai cek satu persatu dari volume air dalam radiator, selang radiator, kebocoran air, tutup radiator, putaran kipas radiator, pompa air, dan lain-lain. Jika kita mengetahui penyebabnya misalnya ada kebocoran pada selang atau kipas tidak berputar bisa diperbaiki sendiri. Akan tetapi jika kita tidak mengetahui permasalahan bisa menghubungi bengkel atau menjalankan mobil tidak terlalu jauh untuk mencari bengkel terdekat.

5. Pastikan air di reservoir dalam volume yang tepat (tidak kehabisan air). Jika air berkurang, tambahkan air sambil mesin di hidupkan sampai reservoir setengah penuh.

Jika radiator mobil telah kotor (banyak endapan dan kerak) maka kita bisa membersihkan radiator mobil pada ahlinya. (Dikutip dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment