Monday, April 6, 2015

Masalah Lampu Turn Switch Signal Mitsubishi Pajero

Masalah Lampu Turn Switch Signal Mitsubishi Pajero

Bagi pemilik mobil Mitsubishi Pajero Sport terutama keluaran awal 2009 - 2010 an mungkin pernah mengalami masalah-masalah seperti ini :
- Lampu (headlamp) tiba-tiba mati waktu mbl kena goncangan jalan jelek .. tak lama hidup sendiri lagi.
- Foglamp baru nyala setelah berkali-kali tuas diputar
- Sen dan lampu "bertabrakan" .. (waktu sen nyala, lampu besar mati)
- Lampu jauh tidak nyala dst..

Bila salah satu gejala tersebut diatas anda alami maka penyebab utama nya adalah bukan sikring kendur, kabel kurang kencang dan sejenisnya tetapi "kerusakan" pasti pada Tuas Lampu Utama (kanan stir - kalau kiri kan tuas wiper) atau dalam istilah bengkel disebut sebagai Turn Signal Switch.

Pada Pajero Sport bentuknya seperti ini :


Masalah-masalah tersebut diatas disebabkan Turn Signal Switch "dianggap" sudah aus atau bisa jadi cuma kotor ! Kebanyakan orang ganti parts ini segelondong dengan harga resmi +/- Rp. 1, .. juta. Bongkar pasang sangat mudah dan pasti beres.

Tips yang ingin saya sharing adalah bahwa sebelum kita putuskan untuk beli parts baru ada baiknya kita coba bongkar sendiri dan bersihkan sendiri. Saya berhasil melakukan itu, Alhamdulillah.

Alat yang dibutuhkan hanya obeng kembang dan obeng minus kecil (bisa testpen/obeng kacamata).

Langkah pertama kita buka penutup plastik leher stir atas bawah, ada 3 baut kembang yang berlokasi 2 dibawah stir dan 1 di bawah tempat kunci kontak, jangan lupa turunkan setelah Stir agar mudah membuka penutup leher stir.


Langkah kedua cabut Tuas Lampu utama atau Turn Signal Switch tersebut (tidak perlu kunci atau obeng - tinggal pencet 2 pengunci atas bawah dan tarik keluar di socketnya.

Langkah ketiga adalah bawa ke meja kerja yang terang (krn ini barang kecil) dan buka dengan obeng minus kecil secara diungkit pelan. Ada 2 sisi yang bisa dibuka, sisi pertama setelah dibuka hanya plastik berlumur gemuk.. coba bersihkan pelan-pelan dan jangan sampai ada yang tercabut atau berubah posisi. Ini photonya




Sisi kedua yang lebih penting karena disinilah PCB (jalur kelistrikan) berada. Yang sering jadi masalah adalah kotor karena berbagai sebab. Bersihkan dengan tissue atau kain halus dan bila perlu pake alkohol atau pembersih head tape hehe (kalo masih ada). Ini Photonya :


Setelah itu pasang kembali dan bawa ke mobil dan masukkan di tempatnya sampai bunyi "klik" gitu. Kontak dinyalakan dan coba semua lampu. Insya Allah segalanya normal kembali seperti baru keluar dari showroom.
Yang perlu dicoba adalah : Sen kiri kanan, lampu besar, kecil dan lampu jauh serta fog lamp.

Langkah terakhir adalah pasang kembali penutup plastik leher stir dengan 3 baut kembang tadi. Beres.


source : modifikasi.com

No comments:

Post a Comment