Membaca Kode Produksi Accu

Membaca Kode Produksi Accu

 Accu atau aki memegang peranan vital untuk kendaraan. Aki yang usang atau telah habis masa pakainya menyebabkan kendaraan susah, bahkan tidak bisa distarter. Untuk itu, agar tidak terjebak membeli aki kadaluarsa sebaiknya meneliti kode produksinya.

Sebagai contoh bagaimana membaca kode produksi untuk aki merek Global, Delkor, Rocket dan Bosch. Sebab keempatnya memiliki kesamaan dalam proses pengkodean aki.

Misalnya, di kode produksi tercantum JA22G15. Yang perlu diperhatikan konsumen adalah adalah 4 digit terakhir yaitu 2G15. Cara membacanya, angka 2 menunjukkan tahun produksi yaitu 2012, jika angka 3 berarti tahun 2013 dan seterusnya.

Sedangkan huruf G menunjukkan bulan produksi. Yaitu dengan pengkodean meliputi, A sebagai penunjuk bulan Januari, B adalah Februari, C sebagai bulan Maret dan seterusnya. Sampai L yang menunjukkan bulan Desember.

Sementara 2 digit angka terakhir menunjukkan tanggal produksi yaitu tanggal 15. Jadi untuk kode produksi di atas itu berarti aki tersebut dibuat pada 15 Juli 2012.

Perlu diingat bahwa kode produksi sangat penting dalam menentukan umur pakai aki khususnya untuk tipe Maintenance Free or MF.

Source : Modifikasi

Comments

Popular Posts