Jenis-jenis Aki Mobil di Indonesia Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-jenis Aki Mobil di Indonesia Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Aki Basah
Jenis aki mobil yang pertama adalah jenis aki basah, aki basah ini sangat populer keberadaanya. Aki jenis ini juga memiliki banderol harga aki mobil yang murah dan bersahabat, hal ini berbeda dari jenis aki lainnya yang cenderung dibanderol dengan harga yang mahal.

Dibandingkan dengan kelebihan aki basah dari segi harganya yang murah, tetap terdapat kekurangan aki jenis ini yaitu soal perawatan aki mobil yang rutin. Biasanya aki jenis ini memerlukan pengisian tambahan berupa cairan elektorlit atau air aki. Selain itu aki basah juga masih membutuhkan pengisian arus atau charge.

2. Aki Kering
Lain halnya dengan aki basah, jenis aki kering mempunyai karakteristik berlawanan dengan aki basah. Aki mobil kering memiliki kelebihan tersendiri, seperti minimnya perawatan aki mobil. Selain itu pada aki kering juga tidak berlaku lagi pengisian cairan elektrolit aki.

Kendati demikian tetap saja ada kekurangan jenis aki kering ini yaitu dari segi harga aki kering yang mahal. Selebihnya untuk kualitas aki kering memang lebih baik dari aki basah.

3. Aki Kalsium
Jenis aki mobil yang satu ini memang sedikit lebih berbeda dari tipe aki basah dan kering, walaupun aki kalsium belum begitu tenar pasarannya di Indonesia. Tetapi jangan salah untuk performa aki mobil sangat bagsus dan bertenaga.

Kelebihan jenis aki kalsium yaitu dapat menyalurkan energi listrik dengan sangat baik, selain itu untuk daya tahan aki mobil juga sangat kuat. Jenis aki ini mempunyai kutub yang terbuat dari kalsium sehingga sangat baik untuk masalah kelistrikan. Namun, sayangnya kekurangan jenis aki mobil ini yaitu keberadaanya yang masih sangat jarang di pasaran tanah air dan harga aki kalsium juga sangat mahal.

4. Aki Hybrid
Jenis aki mobil yang lainnya seperti aki mobil hybrid adalah jenis aki yang jarang kita temukan di Indonesia. Kelebihan aki mobil hybrid terletak pada efisiensi kelistrikannya yang optimal, selain itu saat melepaskan atau penguapan juga sangat kecil. Lebih lagi aki mobil jenis ini juga minim perawatan.

Kendati banyak sekali keunggulan aki mobil hybrid, namun tetap saja ada kekurangan aki mobil hybrid yaitu terkait akan resiko cairan yang dapat membahayakan kulit, iritasi dan bersifat korosif adalah salah satu kekurangannya. Selain itu harga aki hybrid juga masih mahal dan keberadaannya masih jarang di Indonesia.

5. Aki Gel
Kalau jenis aki mobil yang ini tentu sangat berbeda dari aki mobil lainnya yang masih mengandalkan cairan elektrolit sebagai sumber listriknya. Aki gel sudah tidak menggunakan cairan melainkan gel yang disebut-sebut anti tumpah. Selain itu kelebihan aki gel ini juga terletak pada resiko iritasi kulit yang bisa diminimalisir karena sudah tidak menggunakan cairan elektrolit yang bersifat korosif. Lebih lagi untuk listrik yang dihasilkan juga sangat powerfull daripada jenis aki mobil lainnya.

Nah, untuk kekurangan aki gel ini tetaplah ada salah satunya adalah harga aki gel yang masih tergolong mahal. Selain itu kita kesulitan membeli aki gel ini karena pasarannya yang belum tersebar luas di tanah air.

Jenis-jenis aki mobil memang bermacam-macam, baik untuk aki mobil basah, kering, hybrid, gel, dan kalsium. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, adapun perbedaan jenis aki tersebut biasanya terletak pada media jenis penyimpanannya, menggunakan cairan atau tanpa cairan elektrolit.

Comments

Popular Posts