Ciri Ciri mesin Mobil Overheating

Ciri Ciri mesin Mobil Overheating




Agar lebih mudah dipahami, berikut ini ada beberapa ciri-ciri mesin overheating antara lain sebagai berikut:

Ciri Ciri mesin Mobil Overheating

Saat mobil sudah menempuh jarak yang jauh ataupun ketika berada di jalan yang menanjak, suara halus dari mesin akan berubah menjadi kasar. 

*Performa pada mesin tiba menjadi drop ketika temperatur suhu sudah melampaui batas normal.
*Saat mesin jadi overheating, sistem pendingin ruangan atau AC akan tiba-tiba menjadi panas. Hal ini dikarenakan untuk sebagian kendaraan kini telah dilengkapi dengan sistem safety load. Sistem ini akan bekerja ketika mesin mengalami overheating dan memberikan perintah kepada Sistem ECU untuk memutuskan sejumlah komponen yang membuat putaran mesin menjadi berat, seperti kompresor ac. 
*Jika kondisi sudah cukup parah, maka hal yang paling buruk dapat terjadi ialah oli akan bercampur dengan air yang disebabkan oleh kebengkokan pada silinder head ataupun block silinder mengalami keretakan. 
*Lalu apa saja penyebab terjadinya overheating pada mesin mobil

Penyebab mesin overheating
Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mesin mobil menjadi overheating, antara lain adalah

1. Air didalam radiator habis
Seperti yang sudah kita ketahui untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dibutuhkan cairan khusus sebagai pendingin mesin atau biasa disebut air radiator, jika sistem pendingin kehabisan cairan maka dengan otomatis mesin yang terus bekerja akan mengalami peningkatan suhu yang sangat drastis akibatnya overheating pun bisa terjadi. Biasanya air radiator bisa sampai habis total diakibatkan adanya kebocoran yang terjadi pada bagian selang radiator, tutup dan pada bagian radiator itu sendiri.

2. Pecahnya Kipas pendingin radiator
Kipas pendingin ini berfungsi untuk membantu mendinginkan radiator dengan cara membuat udara dapat mengalir melewati sirip-sirip radiator. Udara yang tercipta akan menyerap panas pada sirip-sirip radiator sehingga temperatur air pendingin pada radiator dapat diturunkan. Ketika kipas pendingin pecah ataupun patah maka akan mengurangi proses penyerapan panas pada sirip radiator dikarenakan udara yang diciptakan akan berkurang jumlahnya, akibatnya mesin mengalami overheating.

3. Fan belt putus
Fan belt berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin ke berbagai komponen seperti kompresor ac, dinamo alternator, dan water pump, jika fan belt terputus maka komponen yang bekerja dengan memanfaatkan putaran dari mesin akan terhenti termasuk water pump, sehingga membuat proses perputaran air dengan suhu yang panas didalam mesin akan terhenti akibatnya temperatur suhu akan melonjak naik.

4. Thermostat tidak berfungsi dengan baik

Ketika suhu air didalam mesin belum mencapai suhu optimal maka sirkulasi air menuju radiator akan tertutup dan jika suhu air didalam mesin sudah mencapai batas yang ditentukan maka Thermostat akan membuka jalur menuju radiator, tujuannya agar air didalam mesin yang sudah mencapai suhu optimal akan bertukar dengan air bersuhu rendah yang berada di dalam radiator. Thermostat yang tidak berfungsi dengan baik akan menutup jalur pertukaran air sehingga menghambat sirkulasi air menuju radiator sehingga akan menyebabkan mesin over heating.

sumber : mekanikzamannow.com , modifikasi.com

Comments

  1. Hai admin bisabengkelsendiri.blogspot.com
    Saya selaku admin mekanikzamannow.com telah mendapati bahwa artikel yang ada post dengan judul ciri-ciri mesin mobil overheating merupakan duplikat dari artikel saya. Jika berkenan segera hapus postingan ataupun memberikan sumber link aktif di artikel anda. Dan apa bila dalam waktu seminggu anda tidak memberikan respon, maka pihak kami tidak akan segan-segan melaporkan situs anda untuk di tinjau oleh pihak adsense. Bila anda ingin membicarakan ini lebih dalam dengan saya, silahkan hubungi kontak admin yang tersedia di situs kami

    ReplyDelete
  2. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    More than 160 000 men and women are losing weight with a simple and secret "liquids hack" to burn 1-2 lbs each and every night in their sleep.

    It's proven and it works every time.

    This is how you can do it yourself:

    1) Grab a drinking glass and fill it half the way

    2) Now use this amazing HACK

    and be 1-2 lbs lighter the very next day!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts