Tips dan Cara Merawat Mobil Baru

Tips dan Cara Merawat Mobil Baru 

1. Jagalah Mobil Dari Jamur Pada Kaca dan Cat Body

Tips atau cara merawat mobil baru pertama adalah, sobat harus bisa hindarkan mobil dari jamur yang biasa hadir di kaca maupun cat body, karena bila jamur sampai menempel atau melekat erat pada kedua bagian tadi, tentunya akan mengurangi kesan bersih pada sebuah mobil, bisa dibilang tampilan mobil sobat seperti mobil bekas tanpa perawatan. Tenang, untuk menghindarkannya, cukup mudah kok sob. Sobat hanya perlu hindarkan mobil dari lembab yang biasanya terjadi ketika mobil basah terkena hujan lalu panas, sebaiknya bila terjadi demikian langsung saja bersihkan dengan lap kering. Lalu hindarkan pemakain mantel mobil, karena dengan pemakaian mantel bil dikala hujan, justru akan memancing jamur itu datang dan hinggap di mobil.



2. Cucilah Mobil Setiap Kali Kotor

Mencuci, mungkin cara merawat mobil baru yang satu ini terkesan sangat mudah dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Tetapi berkaca akan pengalaman, mencuci adalah hal yang sulit, karena efek males terkesan lebih besar ketika melihat sesuatu yang kotor. Padahal cuci mobil setiap kali kotor akan sangat membantu untuk membuang noda-noda yang tersisa sewaktu kita melakukan perjalanan, yang jika kita tumpuk secara terus menerus bahkan hingga dalam waktu lama, akan menjadi bom noda yang sulit untuk dibuang. Maka sebaiknya sehabis berpergian keluar meski tidak hujan, mending sobat langsung siram saja mobil pake air bersih dan keringkannya dengan lap halus, seperti kanebo misalnya, atau lap kering lainya yang halus untuk menghindarkan efek baret sehabisnya.

3. Hindarkan Mobil Dari Paparan Cahaya Terik Matahari

Sudah selayaknya ktika panas tiba di sing hari, ada baiknya jika sobat mengalihkan mobil pada posisi yang redum, misal saja kalau tidak ada ruang tertutup, sobat bisa taruh mobil di bawah pohon mungkin, atau ditempat lain asalkan tidak terkena paparan cahaya terik matahari secara langsung. karena efek dari hal yang satu ini akan sangat buruk bagi mobil baru sobat, tidak hanya membuat kondisi dalam mobil menjadi panas, tetapi akan membuat cat mobil cepat kusam. Maka dari itu, sebaiknya sobat jalanin cara merawat mobil ketiga ini secara teratur, jika tidak mau terkena dampaknya dalam waktu cepat.

4. Bersihkan Interior Mobil Secara Rutin


Jika sobat otoboy menginginkan suasana dalam mobil selalu fresh dan segar. Sobat bisa lakukan cara merawat mobil baru yang ini. Cara cukup mudah, sediakan sa lap bersih dan halus plus produk pembersih. Tapi jangan langsung maen semprot aja sob, sebaiknya pembersih disemprotkan terhadap lap terlebih dahulu, pasalnya jika secara langsung, takut terjadi hal yang mengganggu kelistrikan, apalagi pada mobil-mobil yang penuh dengan perangkat pendukung elektronik. Sehabis itu, barulah sobat lapkan kain yang telah disemprot tadi ke setiap bagian interior mobil, mulai dari bagian dashboard, doortrim, dan seluruh bagian yang dianggap kotor. Dengan catatatn, yang sobat bersihkan berbahan karet maupun plastik, bukan bahan kain berbulu.

5. Hindarkan Debu Didalam Mobil dan Bersihkan Karpet


Selain menggunakan kain, sobat juga bisa manfaatkan vaccum cleaner untuk menyedot debu yang biasanya menyelinap diatara sela-sela bagian mobil, dibawah kolong tempat duduk dan bagasi. Tidak ketingalan, jika terdapat karpet mobil, entah itu terbuat dari bahan kain maupun karet, sebaiknya diangkat keluar lalu di cuci hingga bersih menggunakan sabun ataupun pembersih khusus, lalu jemurlah hingga kering sampai tidak ada air yang tersisa. Dengan perawatan interior, bukan hanya memberikan kesan bersih saja, tetapi secara tidak langsung, cara merawat mobil baru ini akan membuat sirkulasi udara didalam mobil jauh lebih bersih dan sehat dibanding dengan yang tidak pernah dibersihkan.

6. Rawatlah Bagian Mesin Mobil

Kadangkala, bagian mesin sering dikesampingkan oleh para pemiliknya. Selain karena jarang dijangkau kalau tidak rusak, mesin seringkali dihindarkan karena efek panas setelah pemakaian. Namun ada baiknya jika sobat bersihkan bagian mesin mobil dari berbagai debu yang ada didalmnya dengan air bersih dengan sikat maupun lap yang sebelumnya di beri cairan pembersih, atau bisa juga sobat gunakan produk engine degreaser yang bisa sobat temui dipasaran, yang bisa didapatkan dengan harga bervariasi. Oiya, sebelum dibersihkan, cek terlebih dahulu bagian mesin jangan sampai ada yang yang terbuka ataupun terkelupas.

7. Bersihkan Kolong Spatbor dan Mesin

Cara Merawat mobil baru selanjutnya, sobat bisa bersihkan sendiri dengan menggunakan air bersih dirumah, kain dan cairan pembersih, untuk merawat bagian kolong spatbor dari debu maupun kotoran lain, yang biasanya si diakibatkan pemakaian setelah hujan. Sedangkan untuk bersihkan kolong mesin, sobat tentunya akan merasakan cukup sulit, karena selain tidak didukung dengan peralatan yang memadai, sebaiknya sobat bersihkan bagian ini di tempat cuci mobil, agar bisa dijangkau hingga bagian-bagian sempit dibawah mobil. Tujuan cara merawat mobi baru ini, tidak lain dan tidak bukan untuk menjaga bagian mobil yang sekaligus sebagai penopang tubuh, dari bahaya korosi.

8. Gantilah Oli Secara Teratur

Hal yang satu ini, tidak bisa ditolerir, baik sobat mobil baru maupun lawas, pastinya harus rajin-rajin melakukan pergantian oli. Tidak terkecuali bagi mobil yang jarang dipakai, semua harus rajin ganti oli sesuai dengan prosedur atau paling lama selama 6 bulan sekali. Dikarenakan oli yang terlalu lama didalam mobil biasanya akan mengalami pengendapan yang menjadikan bagian paling inti atau jeroan mesin terdapat noda. Dan dari noda bandel inilah, yang akan membuat performa mobil menjadi tidak prima jika sobat mengabaikan cara merawat mobil yang satu ini.

9. Pakailah BBM yang Sesuai

Yang kami maksud dalam tahapan cara merawat mobil baru yang ke sembilan ini, menyarankan terhadap sobat otoboy yang memiliki mobil baru, sebaiknya isilah bahan bakar di stasiun bahan bakar yang resmi, jangan yang di emperan atau diluar yang resmi. Dan kalu bisa, pilihlah bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Kalau yang sandardt mobilnya menggunakan bbm jenis bensin, sebaiknya isilah dengan pertamax. detikmobil . com Bukan hanya menguntungkan sobat sendiri dengan menjadikan mesin tetap memiliki performa yang prima, tetapi juga membantu program poemerintah dalam membantu pengurangan pemakaian BBM bersubsidi. Karena BBM bersubsidi diciptakan bagi orang-orang yang tidak mampu.

10. Pakailah Mobil Sewajarnya dan Jangan Berlebihan

Cara merawat mobil baru yang terakhir sekaligus saran terbaik agar mobil tetap dalam keadaan terbaik. Gunakanlah mobil sewajarnya, misal saja gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan, bila berada pada kecepatan rendah gunakan gigi rendah, dan jika sobat menghendaki kecepatan tinggi juga pakailah posisi gigi kecepatan tinggi. Lalu jauhilah pengereman secara mendadak, karena dapat merusak kampas rem dan dapat menimbulkan kerusakan lain yang akan membuat mobil menjadi tidak bisa berjalan stabil di jalan raya sewaktu digunakan. 

Comments

  1. Komandotransindo kami adalah perusahaan Rental Mobil Jakarta paling besar dengan harga kompetitif
    kami Rental Mobil Jakarta Selatan siap melayani anda dengan sepenuh hati
    kami juga memiliki pelayanan sepesial untuk Rental Mobil Innova Jakarta hubungi kami segera

    ReplyDelete
  2. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    Over 160k women and men are utilizing a easy and secret "water hack" to drop 2lbs each and every night as they sleep.

    It is very simple and works all the time.

    This is how to do it yourself:

    1) Get a clear glass and fill it up with water half full

    2) And then follow this amazing hack

    and become 2lbs skinnier when you wake up!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts