Suara Aneh pada mobil

Suara Aneh pada mobil

Tips untuk mengenali komponen yang memiliki potensi bermasalah dan mengeluarkan suara aneh juga berisik serta cara mengatasinya. Simak ulasan berikut ini :

- Bocornya knalpot mobil
Komponen pertama yang berpotensi menjadi penyebab suara aneh pada mobil ialah pipa pembuangan atau biasa dikenal knalpot. Suara aneh dan bising akan terdengar ketika pipa pembuangan tersebut mengalami kebocoran. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan pemeriksaan komponen tersebut secara berkala dan rutin, gantilah knalpot tersebut secepat mungkin ketika benar-benar mengalami kebocoran.

- Bantalan kompresor mengalami keausan

Bantalan kompresor yang mengalami keausan juga dapat menimbulkan suara yang bising ketika Anda menyalakan AC mobil. Segeralah ganti bantalan kompresor dan periksa apakah masih terdengar suara yang menganggu ketika Anda menyalakan AC mobil.

Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah memeriksa komponen bearing pada kompresor, pindah pemeriksaan ke oli kompresor apabila bearing tidak memiliki masalah. Penyebab lain dari kompresor AC yang mengeluarkan suara bising ialah terjadinya kebocoran yang mengakibatkan berkurangnya minyak pelumas kompresor.

- Kondisi van belt yang telah longgar
Selanjutnya, posisi van belt yang tidak pas seperti terlalu kencang atau longgar juga dapat menyebabkan mobil mengeluarkan suara yang berdengung. Jika posisi v-belt tetap dalam keadaan tersebut, tentu akan menghambat kinerja water pump dan suhu mesin yang akan mengalami overheating. Alternator mobil juga tak dapat mengisi arus listrik ke aki yang membuat mobil mengalami mogok ketika v-belt mengalami kerusakan.

- Kadaluarsanya pelumas yang digunakan
Gesekan antar sisi mesin satu dengan yang lainnya akan terjadi ketika pelumas sudah melampaui batas waktu pemakaian atau kadaluarsa seperti daya lengket yang telah memudar dimana membuat komponen mesin akan berpotensi lebih cepat mengalami keausan. Suara tersebut bersumber dari gesekan yang terjadi antar sisi pada mesin. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencari sumber bunyi dan gunakan grease untuk melumasi agar terhindar dari tergeseknya bagian lain serta membuat mesin lebih awet.

Comments

Popular Posts