Friday, November 18, 2016

Getaran pada Setir Mobil

Getaran pada Setir Mobil

Beberapa penyebab beserta tips penanganan yang benar mengenai setir mobil yang mengalami getaran :


  • Bermasalahnya komponen pengereman
    Komponen mobil terkhusus sistem rem yang bermasalah bisa menyebabkan timbulnya getaran ketika Anda mengemudikan mobil. Bergetarnya setir kemudi mobil dan diiringi oleh terdengarnya bunyi aneh yang disebabkan oleh sistem rem seperti kanvas rem, cakram rem serta sepatu rem yang telah mengalami keausan atau menipis.

    Jangka waktu pemakaian merupakan faktor utama dari cakram rem yang mengalami keausan dan menimbulkan getaran ketika mengemudi setir mobil. Selain itu, penempatan atau pemasangan komponen yang salah atau tidak pas juga dapat dijadikan penyebab terjadinya permasalahan pada setir mobil. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu memperbaharui komponen yang bermasalah dan berpotensi mengalami kerusakan tersebut. Ganti dan pilih komponen baru yang berkualitas dan juga asli.
  • Roda mobil yang tidak stabil
    Mengendarai mobil di jalanan yang kurang bagus seperti berlubang, bergelombang bahkan rusak dapat memberi efek tidak stabilnya roda kendaraan. Ketidakstabilan tersebut juga dapat membuat roda oleng dan membuat setir mobil ketika berkendara menjadi bergetar. Saat hal ini terjadi, segeralah membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk melakukan proses spooring balancing dimana dapat membuat posisi seluruh roda mobil menjadi lurus dan dapat seimbang. Untuk perawatan secara rutin, Anda dapat melakukan proses spooring balancing tersebut setiap menempuh jarak 10.000 km.
  • Bearing atau laher roda yang mengalami keausan
    Bearing atau laher roda yang mengalami keausan membuat cara kerjanya yang harus menyangga beban mobil menjadi tidak maksimal, hal inilah yang dapat menyebabkan setir mobil mengalami getaran serta laher roda yang oleng atau berpindah tempat. Tak hanya itu, bearing atau laher yang telah mengalami keausan dapat berdampak pada berbagai komponen kaki-kaki mobil yang berpotensi mengalami kerusakan seperti tie rod, bushing arm, dan juga ball joint.

    Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan di atas ialah merawat berbagai komponen yang berpotensi memiliki masalah secara berkala dan juga rutin. Anda dapat menggunakan grease untuk melumasi komponen tersebut agar laher tetap memiliki daya lengket yang tahan lama serta mencegah terjadinya logam yang saling bergesekan dan dapat membuat laher mobil cepat mengalami keausan.

No comments:

Post a Comment