Sunday, August 21, 2016

Mengatasi Gejala `Ndut-ndutan` Pada Rem Avanza

Mengatasi Gejala `Ndut-ndutan` Pada Rem Avanza

Q : Avanza saya ketika injek rem kenapa rasanya kayak naik turun gitu pedal remnya dan terasa ndut-ndutan, apalagi ketika nginjeknya pada keceatan 100 km/jam. Ini kenapa ya?

Mengenai masalah tersebut ini terjadi pada sistim rem terutama bagian rem depan yaitu :
- Disc rotor pada rem depan (piringan rem depan  bahasa) permukaan rotor bergelombang jadi saat terjadi pengereman terasa turun naik di kaki.
- Terdapat kotoran debu atau lumpur yang menempel pada permukaan kampas rem depan (pad kit) hal ini menyebabkan rem terasa naik turun saat pedal rem diinjak.
- Bearing roda depan terjadi keausan (oblak) hal ini juga bisa menyebabkan terasa turun naik di pedal rem saat  pengereman.

Tips dan perbaikan

Lakukan pemeriksaan sendiri secara visual disc rotor rem depan apakah bentuk permukaan bergelombang atau terjadi cacat / aus pada permukaannya.  Kalau memeriksa sendiri Pak Gideon belum bisa mengukur ketebalan permukaan disc rotor dan terjadinya gelombang (run out) harus menggunakan alat kusus yang ada di bengkel (dial gauge). Ukuran ini untuk menentukan apabila ketebalannya masih masuk standar maka cukup dibubut. Kemudian kalau disc rotornya melebihi standar  harus diganti.

Setelah melakukan penggantian atau bubut disc rotor maka permukaan kampas dem depan (pad kit) harus diperiksa juga apabila terjadi gelombang dan terlalu tipis sebaiknya diganti kampas remnya, kalau masih tebal dan bergelombang sedikit cukup dilakukan perataan dengan amplas kasar sampai rata.Jadi permukaan kedua rem depan (disc rotor dan kampas rem ) harus dalam kondisi rata permukaannya.

Bila bearing roda oblak/aus segera lakuka penggantian di bengkel.
Nah, berdasarkan pengalaman cukup melakukan pembubutan disc rotor depan maka keluhan pada rem bisa teratasi. 

No comments:

Post a Comment