Tips Merawat Jok Mobil Berbahan Kain (Fabric) Atau Beludru

Tips Merawat Jok Mobil Berbahan Kain (Fabric) Atau Beludru

Jok berbahan kain (fabric) atau Beludru merupakan bahan jok standard mobil yang paling sering digunakan. Bahan beludru memang mesti rajin mendapatkan perawatan. Debu dan asap rokok yang masuk ke kabin dapat dengan mudah menempel di pelapis jok jenis ini. Belum lagi noda cair seperti minuman yang tumpah harus segera ditangani, karena kalau sudah meresap akan sulit untuk dibersihkan.

Jangan khawatir, Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membersihkan dan merawat jok Anda sehingga menjadi mudah dan cepat dalam perawatannya.

Anda dapat menyediakan beberapa alat pembersih seperti sikat, lap bersih, cairan penghilang noda atau pembersih beludru yang bisa Anda dapatkan di supermarket atau toko aksesoris mobil. Sediakan pula vacuum cleaner mini yang akan digunakan untuk menyedot kotoran yang mungkin sulit untuk dibersihkan jika menggunakan lap biasa.

1) Sebelum menggunakan cairan pembersih jok kain ini Anda melakukan penyedotan debu terlebih dahulu menggunakan vaccum cleaner, agar partikel kecil yang tak kasat mata di sela-sela kain bisa terangkat.

2) Selanjutnya baru bersihkan noda yang tidak bisa diangkat vacuum cleaner tersebut dengan cairan pembersih noda di jok mobil beludru yang sudah kita siapkan tadi.

3) Sikatlah secara perlahan dengan satu arah, untuk mengantisipasi tercabutnya bulu-bulu halus dari beludru karena serat beludru bersifat sensitif. Usahakan untuk tidak menyentuhnya jika tidak terpaksa. Lakukan proses ini secara parsial atau per bagian dari jok beludru.

4) Idealnya, jok dapat dilepaskan dan dijemur di bawah terik sinar matahari atau keringkan jok Anda dengan membuka semua pintu mobil sehingga panas matahari dapat mengeringkan jok beludru Anda dengan baik.

Comments

Popular Posts