Friday, July 1, 2016

Hindari Penggunaan AC Mobil Secara Nonstop Saat Mudik

Hindari Penggunaan AC Mobil Secara Nonstop Saat Mudik

Banyak pemudik yang membawa mobil pribadi untuk pulang kampung, tujuannya supaya lebih  mudah berkunjung dengan transportasi yang sudah tersedia. Terlebih lagi akan terasa lebih nyaman bila cuaca tidak mendukung baik panas maupun hujan.

Penggunaan ac dalam mobil sering dilakukan para pemudik, agar terasa nyaman saat berada diperjalanan. Namun seringkali penggunaan ac tidak pernah terkontrol dan terus dilakukan secara nonstop. Hal ini tidak dibenarkan mengingat perputaran mesin juga harus terus terkontrol.

"Hindarai pemakaian ac secara nonstop, terlebih lagi bila dinyalakan selama belasan jam mengingat kondisi macet. Karena perputaran mesin pun harus diistirahatkan, apalagi bila kompressor dengan mekanikal yang kecil,"

idealnya pemakaian ac mobil dalam satu hari adalah 2 - 3 jam. memang biasanya di mobil-mobil Eropa itu biasanya ada sistem yang bersikulasi secara otomatis, tetapi untuk mobil yang konvensional harus mengatur ritme daripada proses running dari kompresor.

Biasanya kompressor di seluruh mobil sudah terdapat sensor-sensor seperti thermistor sensor untuk mendeteksi suhu kedinginan di ruang kabin mobil sehingga bila suhu dinginnnya sudah mencapai puncak, komponen ini menginformasikan kepada electronic control unit untuk menghentikan kompressor selama 7 detik. Setelah suhu sudah tidak terasa dingin lagi, komponen ini memberitahukan kepada ECU agar menghidupkan kembali kompressor.

No comments:

Post a Comment