Hati Hati Mencharger Handpone di Mobil bisa berbahaya

Hati Hati Mencharger Handpone di Mobil bisa berbahaya

Handphone sudah menjadi tidak terlepaskan dari keseharian, saat bermacet-macet ria didalam mobil kita juga tetap membutuhkan handphone. Alasannya beragam, mempermudah aktivitas dan tetap bisa memantau arus komunikasi di ponselnya meski tengah dalam berkendara.

Maka dari itu kini hampir setiap pemilik kendaraan kerap melakukan pengisian ulang baterai telepon seluler di dalam mobil. Umumnya, pengisian ulang baterai ponsel menggunakan output lighter yang terdapat di mobil-mobil jaman sekarang. Bagi yang tak dibekali piranti tersebut, aksesorinya kini bahkan telah banyak tersedia di toko-toko otomotif.

Namun bagi Anda yang suka mengisi ulang baterai handphonenya di mobil, wajib tahu bahwa ada akibatnya dari pengisian tersebut. Sebab, menggunakan power output yang berasal dari lubang pemantik api (lighter) akan memperpendek masa pakai baterai gadget.

Alasannya ialah tegangan kelistrikan mobil yang kurang stabil, seiring dengan putaran mesin yang turun-naik, atau hidup-matinya sistem kelistrikan mobil yang mendistribusikan arus listrik ke AC, audio, dan lampu-lampu. Kondisi seperti ini kemungkinan akan berpengaruh terhadap tegangan output pada alternator.

Dampak yang tidak diinginkan juga dapat terjadi pada baterai handphone. Menggembung atau bahkan meledak dapat terjadi pada baterai HP.

Andai terpaksa mengisi melalui output lighter di mobil, ada beberapa langkah antisipasi, yakni jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, busa maupun kain. Lalu, gunakan baterai dan charger yang berkualitas sesuai dengan standar pabrikan ponsel atau gadget yang digunakan.

Selanjutnya yang patut diperhatikan ialah, segera hentikan proses pengisian baterai apabila HP atau charger menjadi panas. Hindari pula melakukan telepon atau menerima telepon saat HP sedang diisi ulang. Sebaiknya lepas charger dari HP ketika harus menelepon atau menerima telepon.

Terakhir, jauhkan dari sinar matahari langsung atau sumber panas yang berlebihan saat menyimpan baterai HP

Comments

Popular Posts