Menjaga Kondisi Ban Mobil

Menjaga Kondisi Ban Mobil

Tips cara perawatan ban pada mobil anda, sebagus apapun ban anda, tanpa perawatan dalam jangka waktu tertentu akan dapat memperpendek umur ban dan terlebih akan membahayakan anda sebagai pengendara.

Berikut adalah tips & trik  :

1. Jenis Ban dan Ukuran yang Tepat
    Minta rekomendasi mengenai jenis ban dan ukuran yang tepat dengan gaya mengemudi anda.Pasikan indeks ban sesuai juga dengan kendaraan.

2. Tekanan Pada Angin Ban
    Periksa tekanan angin minimal 1 bulan sekali.Tekanan angin yang kurang berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan fatal pda ban anda.Tekanan angin yang berlebihan bisa mengakibatkan keausan yang tidak merata dan berpengaruh pada saat pengendalian dan pengereman.

3. Rotasi.
    Ban perlu dirotasikan untuk mencegah keausan yang tidak merata, dan juga memperpanjang umur ban anda.Lakukan rotasi setiap 7.500 - 10.000 km.

4. Balancing
    Ban per;u dibalancing untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap penggantian ban baru, melakukan rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat kecepataan tertentu.

5. Spooring
    Kendaraan perlu dispooring secara berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pada saat berkendara.

6. Penggantian Ban Baru.
    Terdapat TWI ( Tread Wear Indicator ) pada alur telapak ban.Jika telapak ban sudah menyentuh TWI , maka menunjukan ban sudah harus diganti. Letak TWI ada ditunjukan dengan tanda segitiga pada dinding samping ban.

Comments

Popular Posts