Penyebab timbulnya suara gludugan di kaki-kaki depan Suzuki Karimun kotak
Penyebab timbulnya suara gludugan di kaki-kaki depan Karimun kotak
Penyebab timbulnya suara gludugan di kaki-kaki depan Karimun kotak (bisa kanan saja, atau kiri saja atau malah kedua-duanya) sering disebabkan karena sudah ausnya Karet Support S/A terutama untuk Karet supoort S/A bawah (ada 2 karet atas dan bawah), seperti tampak dalam gambar :
Sebelah kiri adalah karet support S/A bagian bawah yg sudah aus (gepeng) dan sebelah kanan adalah karet support SGP yang baru.
Jika masih terdengar suara gludugan/klutukan di bagian tengah antara roda kiri dan roda kanan, bisa dipastikan ada masalah dengan steering rack dan solusinya adalah dengan mengganti plunger dan menambah bushing yg terbuat dari teflon agar kaki-kaki kembali senyap
Hal yang paling mudah untuk mendeteksinya hanyalah dengan melihat secara visual adanya celah/gap antara karet support S/A bagian atas dengan mangkok diatasnya dengan hanya membuka kap mesin saja, seperti terlihat dalam gambar :
Jika teman-teman mengalami hal tersebut diatas, yg perlu dilakukan adalah dengan mengganti karet support S/A tersebut agar kaki-kaki kembali senyap dan sebaiknya ganti Karet supoort S/A atas bawah kanan dan kiri sekaliagus agar hasilnya optimal.
Gap antara karet support S/A dengan mangkok seperti terlihat dalam gambar bisa juga terjadi karena ketidak tahuan kita dengan mengganti S/A Karimun kotak dengan S/A milik Karimun Estilo yg mempunyai panjang ulir/drat lebih banyak/panjang dibanding milik Karimun kotak, sehingga nantinya akan menimbulkan gap seperti diatas dan efek selanjutnya kaki-kaki akan sulit (malah nggak bisa) di spooring.
Perbedaan panjang ulir/drat antara Karimun estilo (sebelah kiri) dengan karimun kotak (sebelah kanan)
Penyebab timbulnya suara gludugan di kaki-kaki depan Karimun kotak (bisa kanan saja, atau kiri saja atau malah kedua-duanya) sering disebabkan karena sudah ausnya Karet Support S/A terutama untuk Karet supoort S/A bawah (ada 2 karet atas dan bawah), seperti tampak dalam gambar :
Sebelah kiri adalah karet support S/A bagian bawah yg sudah aus (gepeng) dan sebelah kanan adalah karet support SGP yang baru.
Jika masih terdengar suara gludugan/klutukan di bagian tengah antara roda kiri dan roda kanan, bisa dipastikan ada masalah dengan steering rack dan solusinya adalah dengan mengganti plunger dan menambah bushing yg terbuat dari teflon agar kaki-kaki kembali senyap
Hal yang paling mudah untuk mendeteksinya hanyalah dengan melihat secara visual adanya celah/gap antara karet support S/A bagian atas dengan mangkok diatasnya dengan hanya membuka kap mesin saja, seperti terlihat dalam gambar :
Jika teman-teman mengalami hal tersebut diatas, yg perlu dilakukan adalah dengan mengganti karet support S/A tersebut agar kaki-kaki kembali senyap dan sebaiknya ganti Karet supoort S/A atas bawah kanan dan kiri sekaliagus agar hasilnya optimal.
Gap antara karet support S/A dengan mangkok seperti terlihat dalam gambar bisa juga terjadi karena ketidak tahuan kita dengan mengganti S/A Karimun kotak dengan S/A milik Karimun Estilo yg mempunyai panjang ulir/drat lebih banyak/panjang dibanding milik Karimun kotak, sehingga nantinya akan menimbulkan gap seperti diatas dan efek selanjutnya kaki-kaki akan sulit (malah nggak bisa) di spooring.
Perbedaan panjang ulir/drat antara Karimun estilo (sebelah kiri) dengan karimun kotak (sebelah kanan)
terima kasih atas pencerahannya..sangat bermanfaat
ReplyDelete