Tuesday, December 29, 2015

Efek samping dari Membersihkan Kaca Mobil Pakai Sampo atau Tembakau

Efek samping dari Membersihkan Kaca Mobil Pakai Sampo atau Tembakau

Seringkali pengemudi mobil memoleskan sampo atau bahkan tembakau untuk membersihkan kaca mobil yang terkena air hujan. Alasannya, kedua bahan tersebut dianggap bisa membuat kaca lebih bening usai diguyur hujan.

"Begini, tembakau atau sampo memang betul bisa membersihkan kaca. Cuma terus terang kami belum ada riset zat-zat di dalamnya apa saja. Lagipula sekarang kan udah banyak sampo khusus kaca mobil," terang salah satu detailer.

Menurut dia, banyak orang yang menggunakan sampo rambut atau tembakau karena kedua bahan itu mudah didapat dan harganya juga murah.

"Sebenarnya sifatnya memang membersihkan. Jadi kaca dan karet wiper itu jadi gak kering setelah kena sampo rambut, tembakau, atau bahkan sabun khusus kaca sekalipun. Ini akan membuat kerja karet wiper lebih maksimal," tambah dia.

Namun, disarankan agar pemilik kendaraan menggunakan sampo khusus yang didesain untuk kaca. Pasalnya semua bahan dan kandungan di dalamnya dipilih sudah melalui riset yang sesuai dengan peruntukannya.

"Saran saya mending pakai sampo khusus kaca mobil saja. Karena begini ya. Kalau kita pakai sampo rambut misalkan, otomatis air sisa pembersihannya akan jatuh ke sekitar kaca, di sana ada karet seal kaca, ada cat bodi juga. Kita kan enggak tahu dampaknya ke depan. Mungkin kaca jadi bening, tapi efeknya juga bisa ke yang lain, siapa tahu," pungkas dia.

No comments:

Post a Comment