Saturday, October 3, 2015

Tips Mencegah dan Merawat Mobil Dari Masalah Karat

Tips Mencegah dan Merawat Mobil Dari Masalah Karat

Body mobil kita terbuat dari bahan baja, plastik, alumunium dan kadang-kadang ada yang terbuat dari fiberglass. Material-material tersebut memiliki plus minus dan perlu perawatan. Bahan baja termasuk murah dan kuat, tetapi bisa juga berkarat jika tidak dirawat secara teratur.

Bahan material plastik termasuk fleksibel, tahan lama dan bisa dibentuk dalam berbagai macam pola sama dengan bahan baja. Sedangkan bahan alumunium sangat ringan dan kuat tetapi harganya mahal.

Tidak perduli mobil kita terbuat dari bahan apa, semuanya dibagian paling atas tentunya di cat dan dilapisi oleh pelindung cat. Pelindung cat ini memang tugasnya melindungi cat pada mobil dari terik sinar matahari, kotoran, hujan dan bahkan salju.

Kadang sebagain dari kita pernah kan melakukan perbaikan kecil pada apa yang terjadi dengan body mobil kita, dengan treatemen yang mungkin juga dengan menggunakan tangan kita, atau bahkan mesin poles seperti layaknya para ahli poles di bengkel-bengkel mobil.

Tetapi bagaimanapun juga orang-orang yang memang profesinya sebagai mereparasi mobillah yang akan dengan sempurna bisa menyelesaikannya dengan segala passion dan keahlian mereka yang telah terlatih.

Untuk itu yang perlu kita ketahui saat membeli mobil baru, yakinkan bahwa kita telah mengecek semua hal termasuk pelindung karat mobil, dan perhatikan pula anti karat pada atap mobil, yakinkan bahwa mobil baru itu telah dilapisi oleh pelindung cat.

Masalah-masalah yang umum pada mobil

Karat: masalah yang paling umum pada body mobil adalah karat. Karat ini bisa menyerang dari bagian dalam body mobil dan akan muncul ketika kita terlambat mencegahnya, tetapi dewasa ini mobil-mobil modern telah terlindungi dengan anti karat yang bagus.

Mobil-mobil tua bisa bertahan lebih lama jika kita rajin merawat mobil dengan baik sesuai prosedur dan tehnik-tehnik perawatan yang benar.

Kecelakaan: kadang kecelakan pada mobil kita tidak bisa kita hindari, umumnya kerusakan yang ada yang disebabkan oleh kecelakaan terjadinya kerusakan pada fender, bumper dan lain-lain, tentunya hal ini adalah masalah yang menjengkelkan bagi kita.

Jika demikian maka tentunya kita harus yakin memperbaiki mobil kita yang mengalami kecelakaan di tempat yang profesional dan terpercaya, yakinkan part yang kita beli asli, kadang part dan bukan tiruan atau produk kw. Dan pikirkan keamanan dari part yang akan kita gunakan sebagai penggantinya juga harus mempertimbangkan resiko keselamatan untuk keluarga kita.

Cat: sinar ultraviolet dari matahari adalah musuh dari cat mobil kita, maka parkirlah ditempat yang teduh jika mungkin dan selalu menjaga dan merawat cat mobil kita dengan coating atau wax yang tepat untuk merawat mobil kita. Wax tersebut harus memilki pelindung sinar ultraviolet.



Lakukan perawatan dan Pencegahan

Cucilah mobil kita secara berkala setelah digunakan, terutama kendaraan yang digunakan dimusim salju karena salju juga mengandung garam, demikian juga mobil-mobil yang telah dikendarai di tempat-tempat yang mengandung garam, atau mboil kita yang terkena air lau dan hujan.

Selanjutnya yakinkan bahwa semua drain hole yang ada di bagasi tetap bersih dan kering, lubang-lubang ini adalah jalur air untuk keluar dari body mobil yang berfungsi juga salah satu dari pelindung karat pada mobil kita.
Cek semua tempat tempat yang dilalui air dari bagian-bagian body mobil yang terbuka, usahakan tetap bersih sehingga kita bisa tetap menjaga mobil kita tidak berkarat.

Lakukanlah perawatan mobil dengan menggunakan wax sehingga cat mobil kita senantiasa terlindungi dari unsur-unsur yang merusak cat mobil, kadang sagnatlah menjengkelkan melihat bagian mobil yang berkarat pada bagian dalam mobil terutama pada mobil-mobil tua, tetapi jika kita melihat ada tanda-tanda yang berkarat maka dengan menutupinya hal itu tidak akan menghentikan karat tersebut. Karat yang ada itu harus dihilangkan atau bisa menggunakan kimia khusus untuk hilangkan karat sebelum di coating kembali.

Yakinkan memilih bengkel yang tepat

Seperti mencari seorang mekanik yang profesional dan ahli dibidangnya, maka kita juga harus mengetahui seluk beluk atau reputasi dari bengkel yang akan kita percayakan untuk menangani mobil kita.

Jangan lupa tanyakan garansi, bengkel yang bagus akan selalu mengerjakan reparasi mobil dengan bagus sehingga kustomernya puas dengan apa yang telah dikerjakan, kadang bengkel yang lebih baikpun juga ada yang mereparasi ulang dibagian-bagian mobil yang rusak, jangan sungkan-sungkan untuk menyuruh lakukan yang terbaik menurut harapan kita.

Periksa secara teliti pada kerusakan yang telah diperbaiki oleh bengkel tersebut ditempat sinar lampu atau cahaya yang berbeda-beda. Kadang bebrapa hal bisa terlihat dibawah sinar matahari secara langsung dan kadang dicuaca mendungpun juga susah untuk meneliti cat mobil kita yang telah diperbaiki.

Bengkel yang baik selalu memberikan waktu bagi kustomernya untuk memberi waktu yang lama untuk meneliti apa yang telah diperbaiki terhadap mobil kita. Maka jangan segan-segan untuk meneliti secara mendetail.

Yakinkan kita telah mengetahui reputasi bengkel yang akan kita kunjungi serta carilah informasi tentang bengkel yang di direkomendasikan oelh teman kita, keluarga kita agar kita akan puas dengan hasil reparasinya.

Ikuti petunjuk, jika kita menjemput atau mengambil mobil kita dari bengkel reparasi body, kita harus mengikuti instruksi kapan kita harus melakukan waxing atau mencuci mobil kita untuk pertama kalinya setelah direparasi, cat mobil modern kadang bisa diperbaiki dengan suhu panas, tetapi kadang ada yang membutuhkan bebas dari gas sebelum melakukan waxing atau synthetic polish.

No comments:

Post a Comment