Friday, August 28, 2015

SEKITAR MASALAH TRANSMISI &KOPLING SUZUKI KARIMUN

SEKITAR MASALAH TRANSMISI &KOPLING SUZUKI KARIMUN

Trik jika Kopling Suzuki Karimun Macet 

1. Mobil distarter hidup seperti biasa
2. Kopling diinjek penuh terasa berat seperti biasa
3. Gigi dimasukkan dan injakkan kopling penuh belum dilepas mesin langsung mati.
4. Pada saat gigi dimasukkan (kopling masih diinjek penuh) bunyi krok kaya tidak dikopling.

Apakah kopling lengket ya.Karena selama ini KM belum pernah ngalami hal ini dan KMtidak melewati daerah banjir. Cuma kemarin seharian keluar kota kondisi hujan.
Om Ane mau sharing masalah kopling yang barusan ane alamin.Biasanya hal ini disebut dengan istilah kopling lengket.ini bisa disebabkan karena mobil habis kebanjiran, habis dicuci yang meyebabkan air masuk ke rumah kopling. Berikut cara yang bisa dilakukan apabila kopling lengket (Arsip berita.com) :

Cara pertama yang mudah untuk anda coba adalah dengan memaksa mesin berputar pada posisi transmisi masuk dan pedal kopling ditekan. Caranya masukkan gigi satu dan injak pedal kopling dalam kondisi mesin mati. Kemudian aktifkan mesin dan lepas pedal kopling secara bersamaan.
Namun yang perlu diingat, cara ini mengakibatkan mobil melompat. Oleh karena itu upayakan melakukannya di tanah lapang atau jalanan kosong. Bila kanvas kopling tidak melekat kuat pada ply wheel, maka dengan cara itu sudah cukup.

Sebaliknya, bila kanvas benar-benar melekat, maka lakukan cara kedua. Dorong mobil maju atau mundur dalam kondisi mesin mati dan posisi transmisi masuk ke gigi satu atau gigi mundur dan tekan pedal kopling.
Ketika mobil didorong kuat, lepaskan injakan pedal kopling. Ulangi cara ini beberapa kali. Bila cara kedua itu juga tak membuahkan hasil, maka kopling harus dibongkar.

Bila tingkat ketebalan kanvas masih bagus, anda tak perlu menggantinya.Namun bila sudah tipis atau tergores lebih baik menggantinya."Karena tidak saja untuk kenyamanan di saat pindah gigi, tetapi juga untuk keamanan yaitu mencegah slip,"

Sesuai dengan saran tsb, ane lakuin ke KM dan akhirnya kopling bisa lepas dan berfungsi normal kembali.Tapi karena takut terulang lagi, KM ane masukkin ke bengkel langganan agar dibuka rumah koplingnya. Demikian om smoga membantu apabila ada yang mengalami kejadian seperti ane.

No comments:

Post a Comment