Thursday, August 20, 2015

Repair Jam Peugeot 406

Repair Jam Peugeot 406

Mungkin ada yg punyay masalah dengan pug 406 dan lampu jamnya mati, mau beli jam baru mahal bgt,beli bohlamnya susah,nah kemarin sore ane coba2 ganti lampu jam tsb,udah beli soket lampu+bohlamnya di DTMF yang udah ada kabelnya, ternyata pake bohlam 5w(bohlam colok,yang kakinya nekuk/seperti bohlam di lampu plafon) terlalu panas akhirnya bagian dalam jam ada yg meleleh...hikshiks.
Ane kemudian experimen pake LED dan ternyata berhasil, modalnya ga sampe 5K(buat beli led+resistor).


 bahan yg diperlukan:
1. Lampu led biasa(warna bebas,rekomen putih)
2. Resistor yang nilainya diatas 470 Ohm, udah diitung utk 1 buah led bertegangan 3.3 Volt yang akan dipasang ke sistem yang tegangannya 12V(aki).
3. solder+timah

cara membuat :
1. Rangkai dan solder led dengan resistornya (resistor nempel di Kaki positif LED).harus dibungkus biar aman(pakai solatip atau selang bakar ukuran 2/3), usahakan sampai bagian pantat LED bungkusnya.
2. Dari resistor tambahkan kabel secukupnya.
3. dari kaki LED yang negatif juga tambahkan kabel secukupnya.Dari tiga langkah diatas sudah didapatkan rangkaian utk Bohlam pengganti lampu jam yg koit kemudian.
4. buka dengan sangat hati2 jam yang ada di dasbor, pakai obeng tespen(ingat jam ini sangat mahal-utk sebuah jam).lihat bagian samping ada rumah bohlam(warna hitam)-kalo masih ada. atau kalo spt py ane ada tiang besi kecil 2 buah, tiang kecil ini harus dicopot biar aman, tarik aja pelan2 atau dipotong pake gunting kecil
5. setelah terbuka, akan terlihat bodi jam+soket blakang yang py 4 kabel kecil.
6. Buka soket kabel yang nempel di jam(soket ini tidak mkn terbalik karena py jalur sendiri di bodi jam),lihat bagian bodi samping jam ada rumah bohlam(warna hitam)-kalo masih ada. atau kalo spt py ane tinggal ada tiang besi kecil 2 buah, tiang kecil ini harus dicopot biar aman, tarik aja pelan2 atau dipotong pake gunting kecil, kalau mau bongkar jam nya juga bisa tapi agak2 ribet dan harus ditempat yang terang+dimeja(ada per kecil sekali, jumlahnya ada 4 yang menghubungkan antara soket dan sistem elektronis dari jam). Oh iya jam ini ada 4 bagian, bagian pertama terminal penghubung antara soket dengan jam, bagian kedua PCB dari jam, bagian ke3 lempeng digital(ga tau nama electronicnya) ada karetnya digitalnya juga, dan yang keempat bagian casing depan yang melengkung(ada 2 buah tombol pengatur menit dan jam).buka bagian kedua yaitu pcb jam nah terlihat 2 buah tiang besi yang tadi harus dicopot, copot dua-duanya(tdk diperlukan karena ini besi utk sumber arus bohlam bawaan mobil), terus dipasang lagi , jangan lupa memasang 4 per kecil di terminalnya. oh iya ada juga kertas putih yang harus dicopot, letaknya ada di blakang layar penunjuk angka jam, kalau ini ga perlu buka tinggal pake pinset juga bisa(tapi pelan2 yah), klo ga dibuka ga bakal tembus cahaya LEDnya, ulasan ada di bawah.
7. soket jam ini berwarna coklat
8. ada angka 1,2,3,4 d soket...ini yang krusial...karena apabila ingin lampu jamnya nyala ada di nomer soket ini.
9. Utk sumber tenaga dari lampu pengganti yang ingin kita pasang ada disoket nomer 2 dan 3 (positif+/Negatif-)
10. sambungkan kabel dari led (menurut kutubnya) ke soket nomer 2 (+) dan soket nomer 3 (-) melalui bagian blakang soket atau boleh dilukai sedikit kabel2 yang ada disoket baru disambung, hati2 karena kabelnya sangat dekat, utk amannya mending dicopot aja dulu kabel negatif di ACCU./aki. kalaupun mau nekad juga ga apa2 paling2 sekring di fusebox dalem ada yang putus (nomer 27/25??ane lupa-nilai 10A)
11. setelah tersambung jangan lupa ditutup antar sambungannya biar aman, juga sambungkan soket coklat tadi ke tempatnya.
12. coba tes dulu (pasang kembali kabel negatif di aki) dengan cara kunci kontak diputar sekali(tanda aki menyala), kalau benar lampu led akan menyala. matikan kembali kunci kontak.
13. baru setelah semua benar masukan led tadi kedalam jam (ada lubang tpt lampu disamping bodi jam)
14. jangan dalam2 masukan bohlamnya.karena efek pencahayaan dari LED lain dengan bohlam biasa, LED cenderung kedepan, jadi atur aja gimana yang nyaman, ini kenapa ane mengharuskan melepaskan kertas putih diblakang layar penunjuk angka di jam.
15. pasang kembali jam ketempatnya.

1 comment:

  1. sayang tanpa gambar ya om..
    thank untuk tutorialnya.

    ReplyDelete