Friday, June 12, 2015

Merawat Knalpot Mobil Terhindar dari Karat

Merawat Knalpot Mobil Terhindar dari Karat

Buat anda yang jarang menggunakan mobil anda untuk pergi, anda juga harus rutin membersihkan bagian-bagian pada mobil . Jarang digunakan bukan berarti mobil anda tidak perlu dirawat bukan? Apalagi untuk bagian vital seperti knalpot.


Mobil yang jarang anda gunakan bukan berarti knalpotnya bersih. Mobil yang jarang digunakan ternyata dapat menyebabkan timbulnya karat pada knalpot. Jika sudah berurusan dengan karat pasti besi jenis apapun juga akan menjadi keropos. Pasti Anda penasaran darimana karat tersebut timbul bukan?

Karat pada knalpot terjadi akibat adanya endapan air yang mengembun. Masalah ini menjadi lebih serius jika bahan bakar mobil anda adalah pertamax. Pasti Anda juga bertanya-tanya mengapa pertamax yang lebih baik dari premium malah memperparah keadaan pada knalpot anda. Hal ini disebabkan karena kandungan oktan pada pertamax yang cukup tinggi ikut mengendap di dalam knalpot. Nah endapan yang dibiarkan inilah yang lama-kelamaan akan menumpuk menjadi karat. Salah satu cara untuk menghilangkan endapan yang berbahaya bagi knalpot anda adalah dengan cara memanaskan mesin mobil anda jika anda jarang menggunakan mobil anda.

Cara lain yang anda dapat lakukan adalah dengan memasukkan oli pada knalpot anda. Anda hanya perlu memasukkan beberapa tetes oli pada knalpot mobil. Hal ini dapat mencegah timbulnya karat pada bagian dalam knalpot mobil anda. Jika bagian luar knalpot mobil anda sudah terlanjur berkarat, gunakanlah amplas halus atau sikat kawat untuk menghilangkannya. Jika setelah anda memasukkan oli pada knalpot anda lalu muncul asap putih, anda tidak perlu khawatir. Asap putih tersebut berasal dari oli yang memuai dan berhasil merontokkan tumpukkan karat pada bagian dalam mobil anda.

Cara berikutnya, jika anda ingin mematikan mesin mobil, sebaiknya tekan pedal gas hingga tingkat rpm tertinggi sebanyak dua kali. Cara ini ampuh untuk membuang kandungan air yang ada di dalam knalpot. Nah bagaimana jika mobil anda sering digunakan apalagi saat musim hujan? Cara terampuh adalah anda harus segera mencuci mobil anda dengan air bersih dan pastikan mengeringkannya hingga benar-benar kering.

No comments:

Post a Comment