Friday, June 12, 2015

Cara Mudah Lakukan Pengecekan Kopling

Cara Mudah Lakukan Pengecekan Kopling

Masalah pada mobil bisa terjadi kapan saja tanpa peringatan sebelumnya. Anda pun pasti sering tak siap menghadapi permasalahan seperti ini, terlebih jika kemampuan mekanik Anda kurang memadai. Saat mengalami kerusakan, mobil sudah pasti sulit untuk digerakkan atau dijalankan. Kerusakan yang parah bahkan bisa menyebabkan mobil tidak bergerak sama sekali atau mogok.



Jika terjadi hal semacam ini, Anda tak boleh panik dan harus melakukan pengecekan dasar untuk memastikan penyebab kerusakan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengecek kemungkinan kerusakan pada kopling. Nah, berikut ini cara mudah mengetes kopling jika memang masih berfungsi baik.Pertama-tama nyalakan mesin mobil  Anda dan tarik handrem-nya. Handrem akan mencegah mobil melompat ketika dimasukkan gigi perseneling. Ketika Anda sudah memastikan handrem berfungsi dengan baik, masukkan gigi perseneling 1.

Kemudian, lepaskan kopling dan posisikan kaki kanan Anda pada posisi menginjak rem bersamaan dengan menginjak gas. Namun, jangan melakukan keduanya dengan terburu-buru. Injak rem dan gas secara lembut dan perlahan saja. Langkah berikutnya adalah melepaskan kopling. Jika Anda sudah melepaskan kopling namun mesin mobil  masih menyala, maka kampas kopling bisa menjadi penyebab masalah kerusakan pada mobil dan perlu segera diganti. Hal semacam ini bisa saja terjadi jika kampas kopling sudah tipis.

Namun, jika saat kopling dilepaskan dan mesin ikut mati maka kopling bukan menjadi penyebab kerusakan pada mobil kali ini. Cobalah melakukan pengetesan pada komponen lainnya sesuai pengetahuan mekanik Anda. Akan lebih baik jika Anda juga tahu benar cara mengatasi masalah yang terdapat pada komponen tersebut. Jika memang tak mampu melakukannya, panggilah mekanik atau bawa mobil ke bengkel.



No comments:

Post a Comment