Monday, April 6, 2015

Pasang Centre Ring Pada Velg, Solusi Agar Mobil tidak Menjadi Getar

Pasang Centre Ring Pada Velg, Solusi Agar Mobil tidak Menjadi Getar

Seperti telah kita ketahui bahwa banyak peminat upgrade mobil mengganti velg standardnya menggunakan velg dengan ukuran diameter yang lebih besar misalnya ring 20, 22 atau 24.

Kebanyakan masalah yang terjadi adalah Velg ukuran diameter besar yang dijual di pasaran mempunyai diameter poros yang besar juga (dibuat universal agar bisa dipakai di banyak jenis mobil) sehingga tidak pas di sumbu tempat baut/mur roda (meskipun PCD sudah sama). Akibatnya bila velg diapasang tanpa centre ring akan bergetar pada kecepatan tertentu.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan Centre Ring yang akan membuat poros velg pas dengan sumbu tromol baut/mur pada mobil.




Photo kiri atas adalah poros velg dengan diameter besar, photo kanan atas adalah poros sumbu pada mobil (kecil), sehingga perlu centre ring (photo kiri bawah). Agar pas dipasang centre ring (photo kanan bawah).

Cara pemasangan centre ring yang benar adalah dengan memasukkan lebih dulu ke poros sumbu pada kendaraan sampai benar-benar "ngeplak", baru kemudian velg dipasang dan baut dikencangkan merata bertahap secara menyilang. Hal ini dengan tujuan centre ring akan duduk rata dan pas pada sumbu tempat velg di kendaraan.

Photo tahapan pemasangan :



Pada dasarnya centre ring ada beberapa macam yaitu ada yang terbuat dari besi dan adapula yang dari alumunium. Selain itu ada centre ring yang mempunyai kuping dan tanpa kuping. Semua tergantung dari jenis mobil dan velg yang akan digunakan.

Centre ring dengan kuping digunakan bila Velg yang kita gunakan pada porosnya terdapat "tirus" atau cekungan sehingga kuping centre ring dapat masuk ngeplak. Centre Ring bukan speser sehingga harus rata dengan poros diameter velg. Dalam banyak kasus centre ring berkuping dipasang pada velg yang porosnya rata sehingga kuping akan "mengganjal".. ini mengakibatkan roda oleng dan pasti bergetar pada kecepatan tertentu. Bila terlanjur salah beli, kuping bisa di hilangkan di bengkel bubut.

Photo Centre Ring besi dan alumunium, berkuping dan tanpa kuping



Setelah pemasangan selesai sangat disarankan untuk melakukan "Finished Balancing" di bengkel ban terdekat. Finished Balance adalah menimbang putaran roda pada kecepatan tinggi tanpa melepas roda dengan alat balance tertentu. Dengan demikian centre ring akan ikut di balance (beda dengan balance biasa yang hanya mensikronisasi velg dan ban saja).

Photo Finished Balancing



Harga Centre Ring besi umumnya berkisar Rp. 300 rb 1 set (4 buah) sedangkan centre ring alumunium bisa mencapai Rp. 800 rb 1 set (4 buah). Sedangkan Finished Balancing per roda Rp. 90 rb an.

Centre Ring besi lebih murah dan kuat tetapi mempunyai efek negatif karat, berat dan agak susah masangnya
Centre Ring alumunium mahal tetapi ringan dan lebih mudah dipasang. Efek negatif pada beberapa kasus bisa retak bila pemasangan tidak benar.

source : modifikasi.com

No comments:

Post a Comment