Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 4 )

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 4 )

Sistem kelistrikan

Kelistrikan tak hanya lampu loh. Mulai dari perangkat di dasbor ataupun kinerja ECU, pasti ada arus listrik. Nah seiring usia pakai, mesti diyakinkan lagi nih soal kondisi kabel-kabel, termasuk soket dan sekering. Bahayanya kalau sampai ada arus listrik yang bocor. Bisa-bisa kabel meleleh dan terbakar karena tak kuat menahan panas berlebih.

Hal tersebut bisa kita hindari dengan pengecekan secara berkala. “Sistem kelistrikan mobil Jepang dengan Eropa itu berbeda. Kalau mobil Jepang susunan komponen kelistrikannya lebih mudah diperbaiki bila terjadi masalah,”

Contoh mengecek fungsi kerja pada head lamp tidak susah. Hanya mengecek pada bagian soket-soket untuk bohlam lampu utama, atau soket untuk lampu rem atau sein masih dalam kondisi layak pakai. Sering ditemukan masalah soket bohlam lampu utama meleleh. Biasanya disebabkan pemakaian bohlam yang watt-nya terlalu besar, tetapi tidak menambah relay.

Fuse atau sekering memiliki peranan vital. Tugasnya untuk memutus arus listrik jika terjadi korslet atau hubungan arus pendek. Untuk pemilihan dan penggunaan sekering yang benar, harus menyesuaikan ukuran yang tertera pada tutup fuse box

Comments

Popular Posts