Wednesday, February 18, 2015

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 2 )

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 2 )

Mesin

Mesin terdiri atas ratusan bagian. Untuk menjamin agar mesin tersebut tetap bekerja maksimal, pasti diperlukan perawatan atau treatment khusus. Berikut adalah petunjuk umum mengenai bagian apa saja yang mesti diperhatikan, kalau sudah berumur lebih dari 10 tahun.

“Paling utama yang perlu diperhatikan adalah mengecek kompresi mesin,” . ”Kalau kompresi berubah, pasti ada sesuatu, entah packing kepala silinder bocor yang bisa menyebabkan overheating.” Kalau sudah begini, mau tak mau mesti turun setengah mesin. Ongkosnya berkisar Rp 4 juta sampai Rp 5 jutaan, tergantung merek dan tipe mobil.

Pun begitu untuk yang masih menggunakan timing belt, juga harus diperhatikan. Part ini biasanya diganti saban 100 ribu km. Nah, misal untuk Kijang Innova diesel yang masih pakai timing belt. “Ongkosnya saja untuk bongkar pasang Rp 350 ribu, belum termasuk part yang di kisaran Rp 300 ribuan,”

Oli rembes juga sering terlihat di bagian mesin, yaitu antara transmisi dan mesin. Biasanya berasal dari seal kruk as bagian belakang atau seal crankshaft. Untuk mengatasinya, harus mengganti seal crankshaft. Biasanya mesti keluar uang sekitar Rp 350 ribu juga, hanya untuk biaya jasa. Biasanya, harga seal kruk as di sekitar Rp 400 ribuan.

No comments:

Post a Comment