Wednesday, February 18, 2015

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 5 )

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 5 )

Perawatan Ekstra Agar Efisien

Biar performa tetap optimal sekaligus konsumsi bensin tetap efisien, diperlukan perawatan ekstra. “Paling penting bersihkan kerak di ruang bakar, termudah pakai carbon cleaner,” . Paket tune up berikut carbon clean ini harus keluar uang sekitar Rp 350 ribu.

Kemudian kondisi filter bensin juga wajib diperhatikan, “Seperti pada Avanza, sebaiknya rajin kontrol kondisinya, biar kotoran tersaring maksimal. Jika dibiarkan bisa lolos dan bikin injektor terganggu, sehingga pembakaran kurang sempurna,” .

Kalau injektor terlanjur kotor, maka langkah yang harus ditempuh adalah kalibrasi dan pembersihan secara ultrasonic. Disarankan dilakukan setiap 40-50 ribu km. Kalau sekalian membersihkan injektor, tambah saja Rp 50 ribu per injektor, kecuali di luar paket tune up. Harganya beda lagi, jadi Rp 75 ribu per injektor.

Berikutnya kondisi busi dan kabel busi juga harus dipantau. “Busi yang sudah usang, percikan apinya tak maksimal, yang kalau dibiarkan bisa bikin koil lemah, lantaran busi tua memerlukan tegangan yang lebih besar,” . Kalau filter udara tentu wajib bersih, jika terlalu kotor segera ganti.

No comments:

Post a Comment