Wednesday, February 18, 2015

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 1 )

Yang Harus diperhatikan untuk Mobil umur diatas 10 tahun ( bagian 1 )

Emisi Gas Buang

Meski sudah cukup berumur, mobil diatas 10 tahun  tidak selamanya memiliki emisi gas buang yang buruk. Nah, untuk menjaganya jelas harus memperhatikan kondisi mesin. "Lakukan perawatan mesin. Dengan mesin yang terawat, tidak perlu terlalu takut emisi gas buang akan jelek,"

Namun, uji emisi juga sebaiknya tetap dilakukan. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal, tak sampai Rp 100 ribu sudah bisa diketahui kondisi mesin. Saat dilakukan uji emisi akan tertera mengenai CO (karbon monoksida), HC (hidrokarbon atau bahan bakar yang tidak terbakar), lambda serta O2.


Untuk yang memiliki tahun produksi sebelum 2000 biasanya masih dibekali dengan penyetelan CO. Beberapa pabrikan seperti Mazda dan Toyota menempatkannya di ruang mesin. Namun Honda terletak tepat di samping pedal gas.

Karena penyetelan ini berhubungan dengan kadar emisi gas buang, maka tidak disarankan untuk melakukan penyetelan sendiri. Serahkan saja pada bengkel yang punya alat test emisi gas buang atau air fuel ratio supaya akurat."Penyetelan kalau tanpa ala, nanti hasilnya justru jadi tidak akurat. Mesin jadi tidak optimal,"

No comments:

Post a Comment