Friday, February 27, 2015

AC mobil bau Dan Tips Menghindarinya

AC mobil bau Dan Tips Menghindarinya

Pernah mengalami hal seperti ini pada ac mobil anda???
- Bau asem
- Bau kecut
- Bau gosong
- Bau oli
- Bau bangkai
- Bau apek seperti pakaian tidak kering
- Bau rokok
- Bau asap
- Bau freon
- Bau sangit
- Bau lainnya...


Biasanya jika performa AC sudah tidak maksimal, bisa juga muncul dengan keluhan ini :
- Saat pagi hari pertama kali hidup mobil, Brrr... terasa aroma tidak sedap itu selama beberapa detik setelah itu normal kembali.
- Pada saat di belakang mobil diesel, truk atau metro mini ada bau asap knalpot masuk kedalam mobil.
- Pada saat mobil mulai jalan yang awalnya tidak ada bau, namun tiba-tiba mengeluarkan bau asam tetapi hanya beberapa saat saja.
- AC kurang dingin, dan juga bisa menimbulkan bau gas freon / oli tentunya itu pasti akan sangat menganggu pada saat mengendara didalam mobil.

Jangan menganggap ringan kondisi bau di dalam kabin mobil anda. Selain harus dijaga kebersihannya, bau apek dan lembab di dalam kabin mobil yang kurang terawat tidak hanya mengganggu, tetapi juga tidak sehat. Apalagi jika baunya sudah tercampur dengan AC, membuat udara dalam mobil keluarga menjadi pengap. Padahal mobil adalah tempat dimana anda akan berlama-lama ketika melakukan perjalanan, apa jadinya kalau di dalam kabin mobil anda memiliki aroma yang tidak sedap atau semacam bau asap knalpot kendaraan, tidak hanya akan mengganggu indera penciuman anda tapi juga bisa menyebabkan mata anda terasa pedih. Selain itu, asap bau yang keluar dari knalpot kendaraan juga mengandung kadar CO2 yang tinggi, dan bisa berbahaya bagi kesehatan anda. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, anda akan mengalami gangguan kesehatan terutama pada system pernafasan anda.
bau knalpot kendaraan juga dapat menyebabkan pusing dan berpotensi menyebabkan keracunan pada sel tubuh, tentu akan membuat siapapun yang berada di dalamnya menjadi tidak nyaman.

Penyebab ac mobil bau disebabkan oleh faktor ini :
- Evaporator kotor dan berlendir sehingga tumbuhnya jamur dan bakteri yang akan berkembang biak di evaporator yang menjadi pemicu bau asam dan bau tidak sedap lainnya.
- Parfum yang kadar alcohol nya tinggi juga bisa membuat AC menjadi bau asam, sebaiknya gunakan parfum dengan kualitas yg lebih baik.
- Asap Rokok juga salah satu hal yang sering membuat AC mobil menjadi bau
- Evaporator mengalami kebocoran juga akan menyebabkan bau, namun bau freon ini memiliki ciri khas tergantung seberapa besar bocornya dan berapa % sisa freon tersebut dari kapasitas system AC nya sendiri
- Ventilasi jendela angin luar terbuka akan menyebabkan bau asap knalpot kendaraan dari luar, bau limbah, dan sebagainya.
- Pada beberapa kasus kami juga pernah mendapatkan bau AC itu dari binatang mati yang berada di dalam evaporator, seperti bangkai tikus, cicak, kecoa, dsb.



Tips menghindari bau tidak sedap adalah dengan cara sbb :
- Disarankan tidak merokok dalam mobil karena asap rokok akan menempel pada Evaporator AC mobil
- Disarankan tidak makan didalam mobil
- Disarankan tidak membawa makanan yang berbau tajam didalam mobil, kalaupun tetap ingin membawa, kami sarankan untuk membeli box termos es ukuran kecil yang selalu stand by di letakkan di bagasi mobil jadi apabila membawa makanan bisa diletakan didalam box tersebut
- Disarankan tidak menggunakan parfum kualitas rendah
- Menjaga kebersihan interior mobil, khusus nya dari karpet sebelah kiri. karena di sinilah posisi debu dan kotoran yang akan dihisap kedalam evaporator AC mobil.
- Bersihkan kabin mobil sesering mungkin, sehingga bakteri dari kotoran tidak masuk ke dalam AC.
- Gunakan filter kabin ( apabila standar mobilnya sudah bisa dipasang filter ini, karena tidak semua mobil terdapat rumah / dudukan filternya )
- Disarankan jangan terlalu sering membuka kaca jendela mobil pada saat perjalanan

No comments:

Post a Comment