Thursday, December 11, 2014

Tips Merawat Lampu Mobil agar tidak Kusam

Tips Merawat Lampu Mobil agar tidak Kusam

Umumnya jamur kerap hinggap di mika lampu mobil-mobil berusia lama. Sering menghadapi perubahan cuaca yang cukup drastis di parkiran terbuka merupakan penyebab utamanya.

Solusinya cukup mudah, hanya perlu membeli produk pemoles mika headlamp atau foglamp yang banyak dijual di pasaran. Dengan penggunaan yang tepat, maka mika lampu akan bersih kembali seperti dalam kondisi baru.


Mika Lampu

 

Lain halnya bila mika bening mulai berubah warna menguning. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bohlam berdaya listrik besar dari yang direkomendasikan. Wajar bila suhu di dalam headlamp akan lebih tinggi sehingga membuat mika mulai menguning. Bila hal itu yang terjadi, maka dapat ke spesialis lampu untuk membongkar mika lampu agar dapat diamplas di bagian dalamnya sehingga dapat kembali bening. Tapi bila mika telah meleleh, tidak ada cara lain kecuali mengganti headlamp mobil dengan yang baru.

Problem Kelistrikan

Hambatan di kabel listrik merupakan kendala untuk mobil-mobil berusia di atas 5 tahun. Tak heran bila suplai listrik ke bohlam akan menurun dan menyebabkan sinar yang dihasilkan juga menurun.

Untuk itu, penambahan relay set akan mengembalikan performa dari suplai listrik ke bohlam mobil. Dengan penambahan ini, maka suplai listrik akan kembali normal sehingga sinar yang dihasilkan menjadi terang kembali.

Tapi pemasangan relay set ini perlu dilakukan dengan benar, lantaran ini merupakan peranti aftermarket, maka kualitas produk sangatlah penting. Jangan sampai sambungan antar komponen longgar sehingga rentan menimbulkan lompatan bunga api yang dapat menyebabkan mobil terbakar.
Sayangnya, pemilik mobil kerap mengambil jalan pintas dengan mengganti bohlam berdaya listrik lebih besar, semisal dari 55/60 watt menjadi 90/100 watt. Memang saat baru terpasang, solusi ini akan terlihat lebih terang dan paktis. Tapi efeknya, mika lampu akan cepat menguning dan kemungkinan reflektor rusak akan lebih mudah terjadi.

Berembun

Penyebab dari lampu berembun adalah masuknya air ke dalam headlamp atau foglamp. Biasanya hal ini dikarenakan pemasangan karet penutup di headlamp atau sil karet pada foglamp yang mulai rusak atau tidak terpasang sempurna akibat penggantian bohlam.

Bila hal ini telah terjadi, maka segeralah dibersihkan. Sebab air dapat merusak lapisan reflektor sehingga pantulan sinar menjadi tidak maksimal. Hal ini jelas menurunkan tingkat keterangan lampu saat digunakan malam hari.


Untuk mengusir embun di lampu, sebenarnya dapat melakukannya sendiri saat memiliki waktu luang. Syaratnya hanya perlu keberanian untuk melepas headlamp atau foglamp dari mobil. Bila persyaratan tersebut dapat dilakukan, tinggal menyiapkan kain dan sumpit untuk mengelap embun. Kemudian jemur di bawah terik matahari atau biarkan beberapa saat di ruang ber-AC. Sebelum dipasang kembali, tidak ada salahnya untuk membiarkan headlamp atau foglamp di suhu ruangan. Pastikan embun tidak hadir kembali.

Cara lain adalah menyerahkan ke salon mobil untuk mengusir embun dari headlamp atau foglamp.
 
 

No comments:

Post a Comment