Tuesday, November 4, 2014

DIY: Pasang Power Inverter @ Honda New Jazz/ Fit 2011

DIY: Pasang Power Inverter @ Honda New Jazz/ Fit 2011

Bahan:
  • Power Inverter 300Watt (peak 600Watt) merek TBE. Inputnya bukan cigarette lighter tapi capit buaya. Outputnya berupa stop kontak kecil kaki tiga standar Amerika, plus USB. Saya beli 220 ribu.
  • Kabel Eterna tebal, 9 ribu semeter (saya beli 5 meter).
  • kabel listrik rumahan, ambil dari gudang.
  • Ring terminal.
  • Sekering (saya tambahkan walau sudah ada sekering bawaan inverter di dalamnya) dan rumahnya.
  • Terminal listrik.
  • Kawat aluminium
Peralatan:
  • Obeng
  • Solder
  • Tang
  • Cutter
Langkah-langkahnya: Di ruang mesin...
Lubangi grommet yang dapat ditemukan di firewall bagian penumpang, sedikit di belakang kompressor AC. Grommet ini berbentuk seperti balon, jadi mesti tembus dua lapis karet. Saya melubanginya dengan menggunakan obeng plus yang panjang dan kecil. Setelah itu ganti obeng dengan pipa ballpoint. Tujuan menggunakan pipa ballpoint agar dapat mudah memasukkan kawat yang akan digunakan untuk menarik kabel. Masukkan kawat ke dalam pipa ballpoint sampai tembus. Gulung dengan erat kabel menggunakan kawat, lalu tarik menembus grommet (pipa ballpoint akan ikut keluar.



Sambungkan ring terminal dengan kabel, kemudian hubungkan dengan sekering, lalu sambungkan ke kabel yang masuk ke dalam kabin.

 

Membuka Panel Dashboard & Kabel-Kabel...
Buka panel di atas tatakan gelas konsol. Panel yang dimaksud adalah panel yang ada lampu kecilnya untuk menerangi bagian tatakan gelas. Buka dengan cara menarik keluar bagian bawah panel. Bisa dibantu dengan memasukkan tangan kiri ke balik panel melalui laci bawah dan mendorongnya tepat pada klip panel (3 buah klip). Setelah panel terlepas, lepas juga socket lampu panel. Buka panel tengah yang ada cigarette lighternya dengan cara menariknya. Ada 4 klip, dua di atas, dua di bawah. Bisa juga dibantu dengan mendorongnya dari dalam dashboard. Lepas socket kabel cigarette lighter. Arahkan kabel-kabel dari dek penumpang depan ke bagian tengah konsol. Potong seperlunya. Kemudian arahkan juga kabel-kabel dari tengah konsol ke arah bagian kiri dashboard, dimana inverter akan dimounting.




 

Modifikasi Panel...
Bongkar power inverternya, lepas (pakai solder) stop kontak dan power switch dari casingnya. Gunakan lubang yang terdapat pada casing sebagai template melubangi panel.

Solder kabel-kabel pada kali-kaki stop kontak dan switch, lalu sambungkan ke terminal.

Modifikasi Inverter...
Bongkar total inverternya. Sambung kedua kabel bekas power switch. Lepas terminal inputnya, kabel input positif disambungkan ke terminal, begitu pula dengan dua kabel output AC. Kabel input negatif disambungkan ke ring terminal (yang akan disambung ke ground mobil. Rapikan kembali inverternya.


Instalasi...
Sambungkan kabel-kabel yang keluar dari dashboard ke terminal yang terhubung dengan panel. Pasang juga kabel-kabel di sisi kiri dengan terminal pada inverter. Sambungkan kabel negatif inverter ke body mobil. Pada sisi kiri depan di dalam dashboard terdapat sekrup grounding yang dapat digunakan. Ada baiknya inverter dicoba terlebih dahulu (jangan lupa pasang ring terminal pada positif aki dan lepas lagi setelah testing selesai). Rapihkan kembali panel-panel pada dashboard. Inverter dipasang pada bagian kiri di dalam dashboard, dan diikat dengan kawat. Posisikan kipas inverter agar tidak terhalang dashboard.


No comments:

Post a Comment