Tuesday, October 14, 2014

TIPS MENCUCI MOBIL YANG BAIK DAN BENAR Wash Mitts

TIPS MENCUCI MOBIL YANG BAIK DAN BENAR  Wash Mitts

Wash Mitts
Penggunaan Wash Mitt sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah di atas. Permukaan Wash Mitt yang tebal membuat partikel kotoran tidak terperangkap di permukaan Wash Mitt.

Pada saat partikel kotoran diusap dengan Wash Mitt, partikel tersebut masih dapat bergerak dan akhirnya terperangkap di dalam Wash Mitt, jauh dari permukaan cat, sehingga partikel tersebut tidak dapat menggores cat.



Catatan : Walaupun WashMitt jauh lebih baik dibandingkan spons, swirl marks tetap saja tidak dapat dihindari 100% dengan menggunakan WashMitt. Panduan ini adalah tips untuk mengurangi terjadinya goresan ke tingkat minimal.

Metode Dua Ember [Two Bucket Method]
Sekali lagi, banyak orang menggunakan satu ember sebagai tempat untuk shampoo mobil. Kenapa harus dua?

Sesuai dengan namanya, "Two Bucket Method" menggunakan dua ember.
Ember 1 : Untuk cairan shampoo seperti biasa.
Ember 2 : Untuk air bersih.

Pertama kali celupkan WashMitt anda ke Ember yang berisi shampoo dan mulai mencuci mobil dari bagian teratas.
Lalu sebelum anda mencelupkan kembali Washmitt ke shampoo, celupkan dulu [sambil sedikit digosok] WashMitt anda ke dalam ember yang berisi air bersih. Hal ini dilakukan agar partikel kotoran terlepas dari WashMitt dan tidak bersentuhan dengan cat mobil anda, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya swirls.

Grit Guard juga sangat baik digunakan, terlebih apabila mobil yang dicuci sangat kotor. Grit Guard membatasi ruang pada ember yang berisi air bersih [atas dan bawah] agar kotoran yang terlepas dari WashMitt tinggal di dasar ember, dan WashMitt itu sendir tidak dapat menyentuh dasar ember. [Seperti saringan] [Untuk Grit Guard silahkan kreasi sendiri ya boss, tidak harus semuanya beli khan? Contoh : grill kipas angin bisa dimodif jadi grit guard

Tahap-Tahap Pencucian

Mulai dari bagian ban, velg, sela2 pintu, dan kolong mobil. Kenapa bagian tersebut duluan? Jika kotoran pada saat mencuci bagian tersebut terciprat ke bodi besar mobil, kita tidak perlu mengulang kembali mencuci bagian yang terkena kotoran tersebut. Jangan menggunakan WashMitt dan cairan pencuci yang sama untuk bagian2 tersebut dengan bodi mobil. [Minimalkan kontaminasi kotoran!!!]
Pembilasan Bodi Besar, tahap ini bertujuan agar kotoran dan debu yang mudah lepas terbawa oleh air dan sekaligus membasahi permukaan cat agar siap untuk dicuci. Gunakan selang atau apabila anda menggunakan mesin JetWasher, semprotkan air secara miring, hindari membentuk sudut 90 derajat.

Shampoo, gunakan takaran yang tepat untuk campuran shampoo dengan air, jangan sampai kurang licin / busa. Shampoo digunakan sebagai pelumas pada saat pencucian, lagi-lagi untuk meminimalkan terjadinya swirls. Air untuk shampoo boleh dingin / hangat, kalau anda takut kedinginan gunakan air hangat.

Mulai Pencucian, Gunakan 2 buah washmitt, satu untuk bagian atas [atap, bodi samping] dan satu lagi untuk bagian bawah mobil [bemper, bawah bemper, samping bawah pintu]. Lakukan gerakan tanpa tekanan yang berarti [gunakan berat tangan anda saja] untuk menghindari terjadinya goresan. Apabila kotoran membandel dan tidak dapat dihilangkan dengan pencucian, gunakan cairan seperti Tar Remover atau Clay. [Ada trik lain untuk menghilangkan kotoran yang lengket2, gunakan minyak kayu putih. Namun sehabis penggunaan bersihkan dengan Quik Detailer dan aplikasikan kembali Wax, karena minyak kayu putih juga mengangkat wax selain kotoran]Mulai Pencucian

2, Mulai dari bagian atas mobil, sehingga kotoran di bagian bawah tidak terkontaminasi/pindah ke bagian atas. Hindari membiarkan cairan shampoo sampai kering, karena akan menimbulkan bercak. Hindari mencuci di bawah terik matahari, apabila tidak dapat dihindari cuci dan bilas sedikit-sedikit per bagian. Lakukan hingga selesai.
Pembilasan, Bilas dengan selang air atau mesin JetWash dari bagian atas ke bawah.
Pengeringan, Lagi-lagi tahap yang beresiko menimbulkan scratch. Jika ada gunakan Meguiar's Water Magnet Drying Towel, lebih aman dibandingkan menggunakan Chamois / Lap Karet. Teknik yang paling baik adalah menempel2kan Drying Towel / Chamois ke permukaan cat, bukan diseka. Sering-seringlah membilas Drying Towel anda dengan air yang mengalir dari keran, untuk menghilangkan kemungkinan ada kotoran yang menempel pada Towel anda.

Finishing & Maintaining
Tahap ini bertujuan untuk memberikan hasil akhir yang sempurna, merawat lapisan wax dan menampilkan kondisi terbaik dari mobil anda dengan menghilangkan bekas bercak air baru pada permukaan cat sehabis dikeringkan dengan Drying Towel. Semprotkan Ultimate Quik Wax / Ultimate Quik Detailer / Quik Detailer pada permukaan cat, dan seka menggunakan Microfibre Towel [Gunakan Microfibre Towel yang baik : tebal, apabila diraba seperti ada nyangkut2nya di tangan, ujung permukaannya seperti kapas. Soalnya banyak MF palsu, ternyata hanya handuk biasa yang halus - pengalaman pribadi ]. Lipat MF dua kali [menjadi segiempat] gunakan sisi pertama untuk aplikasi dan sisi kedua untuk mengeringkan. Semprotkan Ultimate Quik Wax / Ultimate Quik Detailer / Quik Detailer [takaran 1 pintu sedan disebar kira-kira 4 kali semprotan] 2 kali semprot pintu bagian atas, disebar dengan lap cepat namun tidak ditekan, balikkan sisi kedua, lap lagi. Semprotkan 2 kali bagian bawah, disebar lap dengan sisi pertama, balikkan sisi kedua, lap lagi. dan seterusnya. Terakhir baru bagian bemper.

No comments:

Post a Comment