Tuesday, October 14, 2014

TIPS MENCUCI MOBIL YANG BAIK DAN BENAR

TIPS MENCUCI MOBIL YANG BAIK DAN BENAR

Good Washing Technique
Guide ini saya sandur dari situs luar, dengan harapan semakin banyak car enthusiast yang tidak salah kaprah dalam merawat mobilnya [khususnya dalam cuci mencuci]. Saya buat serapih mungkin supaya enak dibaca.

Banyak orang yang mencuci mobilnya dengan busa / spons dan mendapatkan mobilnya penuh dengan swirls / baret / sarang laba2, namun kebanyakan tidak mengetahui bagaimana proses terjadinya itu semua.

Kelemahan Mencuci Dengan Spons/Busa
Misalkan saja anda ingin membersihkan partikel kotoran yang ada di atas permukaan cat. Partikel kotoran tersebut berbeda-beda ukuran dan bentuknya. ada yang halus, dan ada juga yang tajam.



Pada saat anda mencuci dengan spons, partikel kotoran tertahan di antara permukaan spons dan permukaan cat mobil anda. Partikel tersebut tidak dapat bergerak kemana-mana karena tertahan pada permukaan spons yang rata.



Pada saat anda menggosok spons pada permukaan cat, anda juga menggeser partikel kotoran tersebut. Partikel yang tertahan tersebut akan membuat goresan-goresan tipis pada permukaan mobil anda. Semakin banyak anda menggosok, semakin banyak pula goresan yang terbuat.


 Goresan-goresan tersebut akan sangat terlihat dibawah sinar yang terang [atau dapat juga dilihat menggunakan lampu halogen / senter yang terang / lampu blitz kamera], coba arahkan senter anda dari jarak kurang lebih 1 meter [tergantung intensitas lampu anda dan lampu yang digunakan] ke bodi mobil anda.

Di bawah ini adalah contoh cat yang dicuci dengan spons, dilihat di bawah sinar. Swirl marks tersebut merusak keindahan cat mobil anda.




No comments:

Post a Comment