Friday, October 10, 2014

Nissan Grand Livina Engine Knock / Ngelitik

Nissan Grand Livina Engine Knock / Ngelitik

Engine knock atau biasa disebut ngelitik rasanya udah jadi pertanyaan umum para pengguna Livina Family. Gejalanya ada muncul bunyi krek...krek..krek (seperti bunyi besi beradu) saat mobil akselerasi atau lagi nanjak, kalau sudah parah terjadi loss power

Nubi coba jelasin apa itu ngelitik, penyebab dan cara mengurangi atau bisa lebih baik menghilangkan. Kalo ada yg salah mohon dikoreksi

Cara Kerja Mesin

Sebelum dijelasin mengenai engine knock, kita liat dulu cara kerja mesin
Komponen Utama Mesin
Cara Kerja Mesin


1. Intake : Campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar
2. Compression : Campuran udara dan bahan bakar dimampatkan
3. Ignition/Combustion: Busi keluar percikan api untuk menyulut campuran bahan bakar yang sudah dimampatkan, sehingga timbul ledakan
4. Exhaust: Sisa bahan bakar yang sudah terbakar keluar

Tingkat Kompresi / Compression Ratio

Tingkat kompresi ini salah satu faktor penting saat kita mau tau apa itu engine knock.

Penjelasan gampangnya tingkat kompresi itu perbandingan ruang bakar saat piston berada di titik terbawah : ruang saat piston berada di titik teratas. Semakin besar tingkat kompresi mesin, semakin besar tenaga yang diperoleh, semakin panas ruang bakar dan perlu bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi

Compression Ratio mesin HR15DE 10.5 : 1 kurang lebih seperti ini gambarannya

Octane Rating
Octane rating juga erat kaitannya dengan engine knock. Octane rating menunjukan seberapa tahan bahan bakar untuk dimampatkan sebelum terbakar sendiri (tanpa percikan dari busi). Semakin tinggi oktan maka bahan bakar lebih tahan untuk dimampatkan dan sebaliknya.

Maka itu mesin dengan tingkat kompresi yang tinggi perlu bahan bakar dengan octane rating tinggi. Berikut gambaran tingkat kompresi mesin dengan octane bahan bakar yang dibutuhkan. Tabel lengkapnya bisa dilihat di http://www.saft7.com/isi-bensin-apa-ya/


  


No comments:

Post a Comment