Friday, October 31, 2014

Mesin Honda CBR250R Mengeluarkan Asap

Mesin  Honda CBR250R Mengeluarkan Asap

Kenapa pada saat saya memanaskan motor CBR250R, motor mengeluarkan asap dan mengeluarkan bau yang kurang sedap ya. Padahal sebelumnya tidak ada masalah apa-apa.

Setelah saya cek ada seperti bekas air pada saluran pembuangan knalpot dan di sekitar bawah radiator. Apakah itu mungkin berarti air radiator saya bocor? Tapi setelah diperiksa air radiatornya masih penuh.


Honda CBR250R mengeluarkan asap atau ngebul bisa kemungkinan terjadi karena beberapa hal diantaranya:

- Kemungkinan itu adalah uap air yang ada di dalam knalpot. Karena biasanya motor yang setelah di pakai jarak jauh, pada saat kondisi motor berhenti atau diam terjadi kelembaban udara di knalpot sehingga menimbulkan uap air, akhirnya pada saat pagi dipanaskan air tersebut terbakar oleh panasnya knalpot sehingga muncul asap hitam.

- Bau tak sedap bisa mungkin itu adalah bau dari komponen di dalam knalpot yaitu katalitic converter, dan hal itu normal karena memang kalau dicium baunya berasa tidak sedap, apalagi saat motor diam 

- Indikasi ketiga air radiatornya ada yang bocor atau merembes, dan kemungkinan hal ini problemnya berada di sekitar area knalpot. Kebocoran ini menyebabkan airnya netes dan mengenai knalpot sehingga kebakar dan biasanya baunya cukup menyengat. Kalau Anda memeriksa air radiatornya masih penuh kemungkinan rembesannya sangat kecil jadi sebaiknya diperiksa lebih detail di bengkel resmi kepercayaan Anda

Saran yang dianjurkan untuk memanaskan motor cukup 3 menit dan maksimal 5 menit sudah cukup. Apalagi motor tipe injeksi sebenarnya tidak perlu dipanaskan sudah langsung gas gak akan ada masalah. 

No comments:

Post a Comment