Tuesday, September 9, 2014

Yang harus diketahui tentang Honda


Yang harus diketahui tentang Honda

1. Honda adalah perusahaan motor terbesar di tahun 1960-an, tetapi Honda menginginkan untuk membuat pabrik mobil yang akhirnya tercipta mobil Honda N600, yaitu sebuah mobil yang dianggap sebagai cikal bakal dari Honda civic, N600 didukung oleh mesin 599cc dan menghasilkan power 45HP dan torsi 1,356lbs.

2. Mobil Honda yang diproduksi pertama kali tidak semuanya Honda, pada tahun 1928, sebelum perusahaan terbentuk, founder dari Honda Soichiro Honda, memutuskan untuk menggunakan mesin pesawat Curtis-V8 dan bekerja sama dengan ford, mesin ini menghasilkan tenaga hingga 75HP yang digunakan untuk memecahkan record mobil tercepat di Jepang pada saat itu.

3. Setelah Soichiro Honda telah mendirikan perusahaannya pada tahun 1937, seperti perusahaan-perusahaan lain masih sedang mengembangkan perusahaan masing-masing, awalnya Honda memproduksi dan mensuply piston ring ke Toyota yang kemudian juga menjadi pesaingnya.

Perusahaan tutup setelah perang dunia ke II dan kemudian dibuka kembali dengan sebutan Honda Technical Research institute dimana Soichiro Honda mulai bereksperimen dengan mesin combustionnya.

4. Pada awalnya Honda kerap kali disamakan dengan “Racing” atau dengan mobil cepat , dan kemudian membangun beberapa mobil cepat diantaranya untuk Formula One, Cart, Indy Racing League, Indycar Series dan lain-lain. di event Mexican Grand Prix tahun 1965 Honda Formula One berhasil memenangkan juara 1 dengan pengemudi Richi Ginther.


5. Kemenagnan tidak berhenti sampai disitu, salah satu mobil Honda yang yang disebut “Honda Bob” meraih prestasi champion-winning dengan SCCA Civic tahun 74 disebuah event yang diberi nama “ The world Fastest Civic di tahun 1980-an dan awal 1990 yang mencapai kecepatan tertinggi 146mph.

6. Pada tahun 1994 Honda meraih peringkat atas pada CART dan di tunjuk sebagai supplier mesin dan kemudian beralih pada IRL Indy car di tahun 2003. Mesin Honda H13R mendominasi di tahun 2004, 2 tahun kemudian, Honda menjadi supplier tetap untuk mesin ke Indianapolis pada tahun 2006 dan mengirimkan 500 mesin untuk pertama kalinya dan tidak ada permasalahan apapun.

7. Pada tahun 1984 honda mulai mengarah pada kapitalisme dan mengembangkan serta mengembangkan mugen-outfit CRX untuk menarik perhatian orang-orang Amerika, dan Mugen power Tuning ini dipimpin oleh Hirostoshi Honda anak dari Soichiro Honda sendiri. Pihak Amerika sendiri akhirnya tertarik dengan brand ini ingga akhirnya mugen Formula One terlibat didalamnya, begitu mulai berhasil di jepang akhirnya Honda membuka dealer di Amerika dengan mobil-mobil accord dan Wiper Blade nya.

8. Mobil CR-X yang terkenal menjadi mobil favorit orang-orang Amerika (Honda Fanboy) mobil ini sekarang ini menjadi milik salah American Honda Motor sebagai koleksi pribadi di Torrance, California yang di jadikan American Honda Museum.

9. Musium pribadi Honda di penuhi oleh kendaraan-kendaraan yang mungkin ada yang belum kita ketahui seperti EV plus yang hanya diproduksi sebanyak 340 unit kendaraan yang diproduksi pada tahun 1997-1999, yang merupakan mobil battery-electric pertama. Chasisnya digunakan untuk pengembangan alternative-full technology dan sekarang ini mengacu pada FCX fuel-cell.

10. Selain pengembangan mobil-mobil racing, Honda juga telah menghabiskan waktu yang lama untuk perkembangan dan perbaikan keefesienan pada mesin combustion. Di tahun 1975 perusahaan mencoba dan berusaha untuk mencetak dan memproduksi sendiri mesin dengan emisi rendah yaitu dengan system CVCC.

Pada pengembangan ini bahan bakar mobil di injeksi pada silinder sebelum terjadi pengapian sehingga bisa menghasilkan pengurangan temperature pada mesin combustion, lalu di aplikasikan pada mobil Honda, yang kemudian banyak perusahaan-perusahaan lain juga mencoba menggunakan metode ini. Tetapi sayangnya pengembangan ini berhenti dan menganti dengan metode lain yang menggunakan catalytic converter. 

11. Dan setelah bebrapa tahun kemudian perusahaan-perusahaan otomotif di Amerika mulai mendiskuikan pada mobil-mobil luxuary. Di akhir tahun 1985. Dibuatlah Honda Acura dan di perkenalkan bersamaan dengan Legend dan Integra. Nama brand nya masih belum begitu tenar seperti sekarang ini, Legend dan Integra yang awal-awal tidak ada fitur seperti caliper emblem acura yang telah menjadi icon. Dan masih ada 2 versi saat itu.

12. Berbicara tentang Acura, Alex Zanardi – edisi NSX telah diproduksi pada tahun 99, model yang hampir sama dengan NSX-S Jepang, hanya 50 versi yang mendapatkan juara di CART champion dan dijual dengan tanda tangan perusahaan New Formula Red.

13. Cerita tentang produksi supercar di Jepang serasa tidak komplet jika tidak menceritakan sejrah tentang NSX-R GT, seeprti pada cerita film-film fable sprot car, dan saat itu hanya 5 unit kendaraan yang di bangun dan di jual dengan harga $500.0000, yang diduga untuk memenuhi persaratan Super GT Race.

14. Jika masih kurang dengan anekdot tentang NSX, two-seater yang terbuat dari alumunium ini belum diberi nama sedang yang ada di hall Honda terkenal dengan NS-X New Sport experimental, tetapi nama alternatifnya di pending, yang kemudian emblem yang ada dimobil NSX setiap acura caliper di buang dan dig anti dengan emblem yang sampai sekarang ini digunakan.
 
15. Honda Accord dibangun dengan fitur dan konfigurasi yang sama, tetapi tidak berhasil komunitas racing yang banyak seperti mobil mobil Civic yang sebelumnya. Tetapi semua produksi laku terjual sampai tahun 1990.

Honda accord menjadi mobil Honda pertama yang di design secara sempurna dandibuat di Amerika, dan juga merupakan Honda pertama yang di kirim ke Jepang untuk di distribusikan ke seluruh kustomer. Di Amerika sendiri Jepang telah memproduksi sekitar 20 juta unit kendaraan.
  
16. Walaupun accord tidak bisa mengambil perhatian para komunitas pembalap, tetapi chasisnya mengalahkan di event North American Touring Car Championship, untuk eropa hanya tersedia 2.0 liter model sedan sedang di Amerika didukung oleh Indy car investor.

17. Jauh sebelum adanya kerjasama dengan Comptech founder Doug Peterson bekerja sama dengan American Honda yang juga merupakan perusahaan pertama yang bekerja sama dengan American Honda,dibawah naungan SCCA, Peterson memkampanyakan Mugen-powered GT-CRX di akhir tahun 80-an sebelum memproduksi Integra 1986 di IMSA International Sedan yang membantu mempromosikan Acura. Mesin CRX yang disupport oleh Mugen dengan fitur Mikuni Carburetor dan hand-bent exhaust header.

18. After market engine management solution juga banyak memegang peran untuk Honda drag race, yang merupakan pelopor dengan 12, 11 dan 10 detik dengan system Electomotiv TEC-II atau Accel DFI. System DOS digunakan untuk pengembangan modifikasi bahan bakar dan system waktu pembakaran cell.
    

1 comment: