Thursday, September 18, 2014

Tips Beli Mercy Lawas,Cek Kolong pertama

Tips Beli Mercy Lawas,Cek Kolong pertama

Bagi Anda yang memimpikan mobil lawas dan nyaman, tak ada salahnya membeli Mercedes-Benz di bawah tahun 2000. Apalagi budgetnya di bawah Rp 100 juta.

Tapi ada syaratnya. Memilih mobil-mobil Eropa Mercedes-Benz tahun segitu harus cermat memilih. Jangan sampai tertipu karena bodinya yang mulus. Sebab untuk Mercy E230 buatan tahun 1990 perlu maintenance khusus, terutama pada kolong-kolong yang sering didapati sudah keropos.

Jadi jangan sampai Anda membeli Mercy lawas dengan kondisi miris. Walhasil dana belasan juta hanya untuk mereparasi keropos. Apa saja yang harus dicermati saat hendak membeli Mercy lawas. Berikut tips jitu dari detikOto.

1. Cek harga pasaran. Misalnya untuk mercy seri e230 manual tahun 90, kisaran harga 50-75 juta. Makin murah harganya biasanya makin banyak PR yang harus dikerjakan calon pembeli.

2. Cek kelengkapan surat dan pajak. Untuk Mercy lama, biasanya pajak mati.

3. Perhatikan bagian kolong mobil dan rongga di sekitar ban. Untuk Mercy tua tahun 80-an dan 90-an, biasanya terdapat keropos di kolong bagian bawah. Apalagi untuk mobil yang sempat tak terpakai selama beberapa bulan (dijogrokin).

Keropos terjadi bukan hanya karena usia mobil tetapi bisa juga kerena pemakaian. Apabila mobil sering dibawa ke pantai, namun bagian kolong tak langsung dicuci, bisa mengakibatkan karat

4. Cek mesin apakah oli merembes.

5. Cek elektrikal (central lock, panel di speedometer, power window).

6. Cek karet-karet dan jendela belakang. Apabila jendela belakang tidak rapat, bisa mengakibatkan air masuk ke kabin dan kondisi dalam mobil lembab, sehingga timbul jamur di jok kulit. Bahkan menyebabkan bau menyengat.

7. Apabila hujan, air yang merembes bisa merusak bagian vacuum di bawah jok (tempat elektrikal power window dan central lock).

8. Cek pendingin ruangan / AC. Apabila ac dinyalakan dan timbul bau apek dari dalam, kemungkinan mobil pernah terendam banjir.

9. Cek kondisi kaki-kaki.

10. Cek kelengkapan orisinal. Apabila bagian mobil masih orisinal (tidak dimodifikasi) dan masih berfungsi bagus, biasanya harganya memang tinggi.

No comments:

Post a Comment