Friday, September 19, 2014

Membersihkan Ruang Mesin Ternyata Banyak Manfaatnya

Membersihkan Ruang Mesin Ternyata Banyak Manfaatnya

Luangkan waktu setengah hingga satu jam untuk membersihkan ruang mesin. Yuk!




1.Untuk membersihkan ruang mesin, menggunakan cairan pembersih yang berbeda. Siapkan deterjen pencuci piring, sikat gigi, kuas, lap chamois dan lap bersih. Deterjen ini bisa digunakan untuk membersihkan semua part di ruang mesin.

Siapkan juga minyak tanah untuk noda dan kerak yang membandel. “Ingat, minyak tanah hanya untuk part berbahan aluminium atau besi. Jangan terkena part berbahan karet,”.



2.Siram bagian bawah blok silinder, karter mesin dengan air. Bila terlalu kotor, kuas dengan minyak tanah lalu bersihkan dengan sikat gigi. Bilas dengan air deterjen. Kemudian bersihkan dengan air. Barengi dengan mengecek apakah ada kebocoran oli di paking.



3.Untuk bagian cover kepala silinder dan part lain berbahan plastik, bersihkan hanya dengan menyeka menggunakan air deterjen dan lap chamois. Lalu bilas dengan air dan keringkan dengan lap bersih.



4.Mengoptimalkan sektor pendingan mesin dan AC, siram kisi-kisi radiator dan kondensor. Bila terdapat serangga mati atau kotoran lain, bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan. Jangan terlalu kuat yang bisa membuat kisi-kisi kondensor malah tertekuk, bahkan bocor.



5.Bersihkan karet-karet seperti karet radiator, filter udara dengan menyiramkan air dan deterjen. Lalu keringkan. Sembari mengeringkan, cek klem pengikatnya, apakah kendur atau justru karatan. Langkah ini juga bisa dibarengi dengan mengecek persediaan air cadangan radiator di reservoir dan wiper.

No comments:

Post a Comment