Saturday, September 13, 2014

Lampu Indikator check engine mobil Avanza / Xenia menyala terus

Lampu Indikator check engine mobil Avanza / Xenia menyala terus

Saat mesin sudah nyala lampu Indikator check engine mobil Avanza menyala terus , atau tanda lampu indikator warna kuning pada spidometer mobil avanza/xenia.

Banyak hal yang bisa menyebabkan lampu indikator check engine menyala, jika lampu check engine menyala saat mesin sudah hidup besar kemungkinan telah terjadi malfungsi pada sensor-sensor EFI atau sensor-sensor pada mesin.

Seperti mobil-mobil injeksi yang lain, jika lampu indikator check engine menyala, banyak hal yang menjadi penyebabnya. Dan umumnya untuk pengecekan terhadap keluhan lampu check engine menyala bisa dilakukan dengan menggunakan scan tool untuk memudahkan analisa pekerjaan.

Untuk pemilik kendaraan Anda bisa membawa kendaraan ke bengkel, saat ini banyak bengkel yang sudah dilengkapi dengan scan tool atau ke dealer terdekat, pilih mana yang bisa membuat Anda nyaman.

Secara teknis, untuk mengetahui sensor-sensor mana pada mesin mobil Avanza yang mengalami malfungsi atau menjadi penyebab lampu check Engine Nyala bisa dilakukan dengan dua cara:

1. Dengan scan tool
2. Dengan mengetahui jumlah kedipan lampu check engine.
3. Dengan mengetahui riwayat mobil juga akan membantu memecahkan masalah Lampu check Engine nyala tersebut.

Salah satu contoh untuk menjelaskan point ketiga adalah ketika bertemu dengan Avanza dengan keluhan lampu check engine nyala, ac tidak mau hidup, rpm saat idle cenderung tinggi diatas 1500 rpm dan kompresor ac mau bekerja saat rpm mesin tinggi diatas 2000 rpm, ketika diperiksa dengan scan tool tidak terdeksi trouble code atau tidak ada hasilnya.

Setelah diberitahu oleh pemilik bahwa mesin pernah overheat dan ganti pack silinder head mesin, dari sana bisa diketahui penyebabnya ada kemungkinan salah timing, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata memang benar.

Cara Mematikan Lampu Check Engine Avanza/ Xenia atau Mobil dengan Protokol OBDII

Ada dua metode yang bisa digunakan untuk mematikan lampu check engine Avanza:
1. Dengan scan tool untuk hapus Data Trouble Code ( DTC ) yang tersimpan di ECM
2. Dengan melepas terminal aki negatif selama 30 detik atau lebih

Catatan :
Jika setelah hapus DTC atau setelah melepas terminal negatif baterai atau aki, tetapi lampu indikator mesin atau lampu simbol mesin ini masih tetap menyala, masalah yang menyebabkan lampu check engine menyala ini harus diatasi terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment