Honda Jazz Lampu Check Engine Menyala

Honda Jazz Lampu Check Engine Menyala

Lampu check engine Honda Jazz tiba-tiba menyala. Kemudian ketika kendaraan sudah berhenti dan mesin dimatikan, pada saat dinyalakan kembali check engine light hilang. Alias normal tanpa adanya gangguan.

1. MIL (Malfunction Indicator Light) atau akrab disebut check engine menyala setiap jarum speedometer menyentuh 60 kpj. "Hal ini disebabkan pada RPM tertentu dan speed tertentu, ECU meminta data dari knock sensor jika ada terjadi ngelitik atau tidak," . Ketika data tidak dikirimkan oleh knock sensor, maka ECU otomatis langsung memunculkan MIL.


2. Soket Knock sensor  terlepas atau tidak kencang dapat menyebebkan trouble code pada masing-masing sensor. 

3. Sekalian saja bersihkan knock sensor dahulu sebelum dipasang. Cara membersihkan cukup mudah. Gunakan saja contact cleaner dan disemprotkan ke terminal pada sensor dan soketnya. Walaupun cairan tersebut memiliki sifat quick dry, namun tidak ada salahnya didiamkan sekitar 10 menit agar cairan benar-benar kering

4. Pasangkan kembali soket knock sensor, dan pastikan sampai terdengar bunyi klik. Cek kembali apakah soket sudah benar-benar terkunci sempurna pada sensor.

5. Lakukan reset history trouble code dengan cara mencabut terminal aki negatif selama 30 menit.

Comments

Popular Posts