Wednesday, September 17, 2014

Cara Atasi Kondisi Mobil Mogok di Jalan Tol

Cara Atasi Kondisi Mobil Mogok di Jalan Tol

Berikut langkah demi langkah yang harus dilakukan saat tiba-tiba bermasalah di jalan bebas hambatan:

1. Pinggirkan dengan aman. Saat menyadari ada yang tak beres pada mobil, jangan gegabah dan langsung menginjak rem serta berhenti mendadak. Jika mesin mati, netralkan gigi, lalu manfaatkan momentum laju untuk meminggirkan mobil. Jangan lupa beri tanda (lampu sein). Coba pepetkan mobil di pagar pembatas, atau bahu jalan.

2. Pastikan keberadaan mobil terlihat jelas. Menyalakan lampu hazard adalah hal wajib untuk memberi tanda. Jika malam, tak cukup dengan hazard, nyalakan juga lampu rem. Pengemudi di yang akan melintas dari belakang akan segera paham untuk menjauh dari mobil Anda. Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman agak jauh dari posisi mobil berhenti.

3. Keberadaan Anda juga harus terlihat. Di beberapa negara Eropa, membawa rompi atau jaket yang bisa memantulkan cahaya adalah hal yang legal. Membuat Anda terlihat di malam hari saat mogok, dan tentunya akan menjaga keselamatan, terutama saat menunggu bantuan datang.


4. Evakuasi! Penting untuk segera menurunkan semua penumpang atau barang berharga. Jika sewaktu-waktu mobil tertabrak dari belakang, semua penumpang akan terhindar dari celaka. Pilih lokasi aman dan tetap terlihat. Saat menunggu bantuan, ada baiknya menjauhi mobil. Jika ada pembatas jalan, ada baiknya berlindung di baliknya. Jangan mencoba untuk balik lagi ke mobil meski sedan dingin atau hujan sekali pun.

5. Jangan buang waktu memperbaiki. Meski Anda tahu permasalahannya, jangan menghabiskan waktu di pinggir jalan tol yang berbahaya itu untuk memberbaiki. Anda tidak aman, bahkan hanya untuk sekadar ganti ban.

6. Telepon. Paling benar adalah segera menelepon untuk meminta bantuan dan membawa mobil ke tempat yang lebih aman atau lapang. Pastikan selalu ada ponsel saat berkendara jarak jauh atau ponsel tidak low batt.

7. Berjalan dengan aman. Jika mobil sudah menyala atau akan diderek meninggalkan tempat, pastikan berjalan pelan dengan aman ke lajur lambat.

No comments:

Post a Comment