AC Mobil Tidak Dingin ? Coba periksa beberapa komponen ini..
AC Mobil Tidak Dingin ? Coba periksa beberapa komponen ini..
MAGNETIC CLUTCH (magnit,Pulley dan Center Piece)
Magnet Clutch Compressor merupakan magnet buatan dengan memanfaatkan energi listrik aki mobil untuk menarik centerpiece kompresor agar melekat pada pulley kompresor
sehingga centerpiece memutar as kompresor mengikuti putaran pulley kompresor.
Namun apabila magnet Clutch tidak bekerja maka akan mengakibatkan sistem A/C tidak jalan alias panas tidak dingin lagi,
ini bisa di sebabkan oleh magnet clutch yang rusak/ terbakar / lemah.
dan Pulley Pada magnetic clutch berfungsi menyalurkan tekanan dari Center Piece agar menekan gas freon ke sistem AC, sesaat setelah mesin diaktifkan.
Bila pulley dan Center Piece aus, maka tekanan ke kompresor untuk memompa freon juga tidak maksimal. Akibatnya, AC tidak dingin.
Tak hanya itu. Akan muncul suara berisik seperti gesekan "Srogg.." ketika perangkat tersebut diaktifkan.
Hal itu terjadi gesekan antara pulley dan Center Piece tidak pas.
Fuse / Sekring & Relay.
Bila sekering putus, maka arus listrik tidak akan mengalir ke kompresor. Walhasil, freon tak akan bersirkulasi dan AC tak dingin.
Karena itu, jika AC mobil anda tak dingin, jangan segera memvonis freon habis atau komponen AC bermasalah. Sebaiknya periksa dulu sekring listriknya.
Jika sekring tidak putus silahkan check ke Relay / Amplifiernya.
Seal atau ‘O’ ring
Komponen ini bentuknya seperti karet gelang atau huruf 'O'. Fungsinya untuk merekatkan sambungan antar bagian AC agar tekanan udara tidak bocor.
Seal karet itu rentan robek atau rusak karena faktor usia.
Karena itu, bila Anda memperbaiki AC, penggantian seal harus diprioritaskan..
"Walapun keliatannya masih bagus, sebaiknya diganti saja apabila sambungan nepel sudah dibuka, karena jika tidak, khawatir bisa terjadi kebocoran nantinya."
Kipas kondensor / Extra Fan
Perangkat ini bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan Freon yang panas.
Pada beberapa mobil, kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin, contoh seperti mobil : Nissan Livina, Toyota Avanza, dll.
Masalah yang sering terjadi adalah, putaran kipas melemah / Mati Total.
Filter dryer
berfungsi untuk menyerap kotoran dan uap air yang terbawa bersirkulasi bersama Freon, Jika Komponen ini tersumbat akan menyebabkan ac tidak dingin.
Filter Dryer itu sebaiknya diganti setiap 1 tahun sekali dan berbarengan dengan service, sebab jika ingin menganti komponen yang 1 ini, freon harus terbuang.
Katup ekspansi
Katup expansi berfungsi untuk merubah Wujud Freon yang Tadi nya panas menjadi supper dingin lalu masuk ke evaporator.
Katup expansi dilengkapi pegas katup, bola thermal, dan diafragma.
Katup ditekan oleh pegas agar selalu menutup sedangkan bola thermal selalu berusaha mendorong katup untuk membuka.
Bila peranti itu kotor atau tersumbat, maka gas Freon tidak akan tersembur maksimal. dan efeknya juga membuat ac jadi tidak dingin..
Oli kompresor berkurang atau habis
bila oli berkurang atau habis, kinerja sistem AC pun terhambat.
Walhasil, kinerja kompresor terganggu dan hawa dingin dari AC tak mengalir. dan yang paling parah jika oli Habis bisa menyebabkan kompresor MACET / Jebol.
Freon Kurang / Habis
Freon itu pada dasarnya tidak akan pernah berkurang / habis jika tidak terjadi kebocoran, karena cara kerja freon pada sistem pendingin apapun hanya bersirkulasi saja.
jadi jika ac mobil tidak dingin karena terdeteksi freon kurang, sebaiknya di check terlebih dahulu Kebocorannya dimana,
setelah diperbaiki kebocorannya setelah itu baru diisi freon kembali.
source : http://rotarybintaro.com/
MAGNETIC CLUTCH (magnit,Pulley dan Center Piece)
Magnet Clutch Compressor merupakan magnet buatan dengan memanfaatkan energi listrik aki mobil untuk menarik centerpiece kompresor agar melekat pada pulley kompresor
sehingga centerpiece memutar as kompresor mengikuti putaran pulley kompresor.
Namun apabila magnet Clutch tidak bekerja maka akan mengakibatkan sistem A/C tidak jalan alias panas tidak dingin lagi,
ini bisa di sebabkan oleh magnet clutch yang rusak/ terbakar / lemah.
dan Pulley Pada magnetic clutch berfungsi menyalurkan tekanan dari Center Piece agar menekan gas freon ke sistem AC, sesaat setelah mesin diaktifkan.
Bila pulley dan Center Piece aus, maka tekanan ke kompresor untuk memompa freon juga tidak maksimal. Akibatnya, AC tidak dingin.
Tak hanya itu. Akan muncul suara berisik seperti gesekan "Srogg.." ketika perangkat tersebut diaktifkan.
Hal itu terjadi gesekan antara pulley dan Center Piece tidak pas.
Fuse / Sekring & Relay.
Bila sekering putus, maka arus listrik tidak akan mengalir ke kompresor. Walhasil, freon tak akan bersirkulasi dan AC tak dingin.
Karena itu, jika AC mobil anda tak dingin, jangan segera memvonis freon habis atau komponen AC bermasalah. Sebaiknya periksa dulu sekring listriknya.
Jika sekring tidak putus silahkan check ke Relay / Amplifiernya.
Seal atau ‘O’ ring
Komponen ini bentuknya seperti karet gelang atau huruf 'O'. Fungsinya untuk merekatkan sambungan antar bagian AC agar tekanan udara tidak bocor.
Seal karet itu rentan robek atau rusak karena faktor usia.
Karena itu, bila Anda memperbaiki AC, penggantian seal harus diprioritaskan..
"Walapun keliatannya masih bagus, sebaiknya diganti saja apabila sambungan nepel sudah dibuka, karena jika tidak, khawatir bisa terjadi kebocoran nantinya."
Kipas kondensor / Extra Fan
Perangkat ini bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan Freon yang panas.
Pada beberapa mobil, kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin, contoh seperti mobil : Nissan Livina, Toyota Avanza, dll.
Masalah yang sering terjadi adalah, putaran kipas melemah / Mati Total.
Filter dryer
berfungsi untuk menyerap kotoran dan uap air yang terbawa bersirkulasi bersama Freon, Jika Komponen ini tersumbat akan menyebabkan ac tidak dingin.
Filter Dryer itu sebaiknya diganti setiap 1 tahun sekali dan berbarengan dengan service, sebab jika ingin menganti komponen yang 1 ini, freon harus terbuang.
Katup ekspansi
Katup expansi berfungsi untuk merubah Wujud Freon yang Tadi nya panas menjadi supper dingin lalu masuk ke evaporator.
Katup expansi dilengkapi pegas katup, bola thermal, dan diafragma.
Katup ditekan oleh pegas agar selalu menutup sedangkan bola thermal selalu berusaha mendorong katup untuk membuka.
Bila peranti itu kotor atau tersumbat, maka gas Freon tidak akan tersembur maksimal. dan efeknya juga membuat ac jadi tidak dingin..
Oli kompresor berkurang atau habis
bila oli berkurang atau habis, kinerja sistem AC pun terhambat.
Walhasil, kinerja kompresor terganggu dan hawa dingin dari AC tak mengalir. dan yang paling parah jika oli Habis bisa menyebabkan kompresor MACET / Jebol.
Freon Kurang / Habis
Freon itu pada dasarnya tidak akan pernah berkurang / habis jika tidak terjadi kebocoran, karena cara kerja freon pada sistem pendingin apapun hanya bersirkulasi saja.
jadi jika ac mobil tidak dingin karena terdeteksi freon kurang, sebaiknya di check terlebih dahulu Kebocorannya dimana,
setelah diperbaiki kebocorannya setelah itu baru diisi freon kembali.
source : http://rotarybintaro.com/
Comments
Post a Comment